Recent Post

Senin, 19 Februari 2018


Hai semuaa...

Assalamualaikum Wr Wb

Aseekk, ada si tempe nih, si makanan merakyat. Favoritnya pak Lelaki Surga loh. Entah kenapa, setelah berbulan-bulan aku pulang kampung kemaren, kemalasanku jadi berlipat ganda. Dulu, aku sering banget loh bikin tempe mendoan, ditambah cocolan sambal kecap. Bheeeeeehhhh... Meteor lewat mah bodo. Hehehe.

Setelah pulkam kemaren, beberapa kali beli tempe dan berencana akan bikin tempe mendoan. Sudah disimpan di kulkas lhaaah berakhir dengan tempe yang overfermented. Bukan karena aku sengaja, lebih tepatnya karena akunya yang pemalas ini. Ebusyet dah... Males? Jangan ditanya yak tingkat kemalasanku seberapa. Bikin tempe mendoan yang super duper simpelnya geto masih bisa bilang males!!. Kalo ada omku, pasti aku udah diruqyah secara paksa nih. *Tiba2 mrindiiing.

Akhirnya, beberapa tumpukan tempe busuk yang ada di pojokan chiller, aku olah jadi sayur lodeh tempe busuk. Sebelumnya aku pernah posting dengan judul yang sama (klik Di sini), tapi kalo resep yang sekarang nih resep yang sederhana. Silahkan di tengok juga resep olahan tempe overfermented yang lain Oblok-oblok tempe busuk,  Sambal tumpang, dan Mendol tempe busuk. *Aku flashback postinganku yang dulu kog gak banget yak. Aku malu. Hihi.

Kebetulan ada si kangkung yang melambai-lambai minta segera diolah. Jadilah lodeh kangkung tempe busuk. Aku lebih suka tempe busuk diolah seperti ini daripada sambal tumpang. Setiap kali ada tempe busuk, selalu aku bikin lodeh kangkung. Aroma dari tempe busuk gak terlalu menusuk hidung (mungkin karena aku simpan di kulkas). Pernah sekali bikin gorengan dari tempe busuk juga. Ternyata aku kurang doyan.


LODEH KANGKUNG TEMPE BUSUK
(Resep By Myself)

BAHAN:
- 2 ikat kangkung, petik dan bersihkan
- 2 papan tempe busuk, sekitar 10x20cm, potong dadu.
- 800ml air
- 1 bungkus santan instan yang ukuran kecil
- bawang goreng untuk taburan

BAHAN BUMBU:
- 5 siung bawang merah, iris tipis
- 3 siung bawang putih, cincang halus
- 3 buah cabe merah keriting, iris serong (kebetulan aku gak pake, karena kehabisan stok)
- 5 buah cabe rawit (sesuaikan dengan selera), iris2 atau biarkan utuh (aku gak pake juga)
- 2 lembar daun salam
- 2 ruas lengkuas, geprek
- 1 sdt lada bubuk
- garam, gula pasir, dan penyedap rasa (opsional) sesuai selera.

CARA MEMBUAT:
Tumis bawang merah, putih, lengjuas daun salam sampai harum. Kemudian masukkan cabe. Tumis sebentar.

Masukkan air dilanjutkan dengan tempe semangitnya. Masak mpe mendidih. Aku lebih suka tempenya aku penyet2 sampai hancur. Aku hancurin pake punggung sendok terus ditabrakin tempenya ke pinggiran panci.

Setelah mendidih, masukkan kangkung. Masak mpe kangkung setengah matang. Beri bumbu perasa dan santan. Jangan lupa ilmu incip-incipnya. Kalo rasa sudah pas, langsung matikan api kompor. Siap disajikan.

Hmm... So yummyyy...
0

Jumat, 16 Februari 2018


Kalo kalian warga Solo pasti tahu kan apa itu HIK?. Tapi bagi kalian yang bukan warga Solo, pasti belum tahu apa itu HIK?. Kalo sego kucing pasti pada tahu donk?. Yup.. sego kucing itu salah satu menu yang dijual di HIK. HIK (dibaca 'hek'), sebutan angkringan di Solo. Kepanjangan dari Hidangan Istimewa Kampung. Harganya murah meriah, karena tersaji dengan porsi sedikit. Kalo yang doyan makan mah cuma nyempil di gigi doank. Tetep aja jatuhnya bikin dompet menciut. Hehe. HIK ini biasanya dijual di emperan jalan, atau di persimpangan. Bentuknya sih cuma gerobakan yang di dorong itu. Kursi seadanya, bahkan cuma ada 1 kursi panjang dari kayu. Biasanya mereka menyediakan ekstra tikar. Tinggal kita jembreng aja tikernya di tempat yang kita suka, tapi jangan jauh2 dari HIKnya. Kalo mpe jauh itu mah namanya maling tikar. Hehe. More info google aja yak. :)

Beberapa hari yang lalu dapat info dari salah satu temannya Pak Lelaki Surga, "nasi pecal di dekat masjid An-Nashr itu enak loh". Aku dan pak Lelaki Surga langsung tertarik. Apalagi setiap lewat situ selalu rame pembeli. Mampir lah kami malam minggu kemaren.

Bayanganku sih, warung itu (belom ada namanya) jual kayak nasi gudeg ala2 di Solo tuh, yang di emperan jalan juga. Ternyata jreng jreeeeng, HIK tho. Mataku langsung berbinar. Aku melihat buanyak jenis sate kere dengan ukuran yang lebih mini dari HIK Solo (Jakarta mameeeen). Ada juga gorengan, dan yang paling bikin aku hepi, tahu bacemnya yang menurutku kemanisaaaan. Ada sosis Solo dan sosis basah juga loh. Selain nasi pecal, ada juga nasi liwet, dan nasi bakar.




Seperti HIK di Solo, printilan2 kayak sate kere, gorengan, bacem-bacem bisa pilih sendiri, ambil sendiri, dan "mbak, tolong dibakarin". Untuk minuman dan nasinya gak bisa ambil sendiri. Karena nasinya gak bungkusan kayak HIK Solo. Kami langsung menuju tempat duduk (tikar). Duduk lesehan menunggu pesanan datang sambil ngobrol ngalor ngidul dengan pak Lelaki Surga, sesekali maen HP laah. Tetep kekinian doonk. Hehe. Tiba2 berasa pulang kampung ini. Cucok banget kalo lagi kangen Solo.

Nasi pecal dan nasi liwet

Dan pesanan tiba, horeee.. langsung mangaap. Nyam nyam nyam. Comot punya pak Lelaki Surga juga. Pengennya sih disuapin, *eiyaaa eiyyaa. Nasi pecalnya lumayan enak. Bumbunya lebih dominan ke manis. Sate kerenya dan gorengannya lumauan enak. Sayangnya tahu bacemnya muanisnya puooll. Ini aku yang salah, karena aku udah manis makan yang manis2, ya kemanisan tho. Lol. Nasi liwetnya dominan rasa gurih. Dan gurihnya itu strong. Porsinya menurutku sedikit. Dan jangan bayangkan nasi liwet di sini seperti nasi liwet di Solo. Kalo ini versi minimalisnya. Hehehe.
Pesananku (sate usus, sate lemak, sate telur, sosis basah, bakwan jagung, dan tahu bacem)

Pesanan Pak Lelaki Surga (usus bakar, tempe mendoan, satu lagi lupa)

Saranku sih, kalo indera perasa kalian sama sepertiku yang kurang doyan makanan manis2, lebih baik request bakar2nya gak usah dikecapin. Soalnya tanpa kecap udah manis. Dan jangan sambil lihat aku. Hehe.

Harganya?, Menurutku sih mehong yak. Ya iyalaaaaahhh... Aku bandinginnya ma yang di Solo. Ya jaoh donk. Segitu sedikitnya aku habis 55ribu. Itu aku comotnya sedikit loh. Apalagi kalo aku nyomotnya kayak di HIK Solo. Bisa 2x lipatnya yak. Dulu, kalo aku ngeHIK bareng temen2ku. Di piring temenku ada tulisan 6rb, 8rb, mentok 10rb. Itu udah bikin mereka kenyang. Lha di piringku 18rb, pernah mpe 20rb lebih. Itu piring bener2 mpe menggunung. Kalo temen2ku sepiring udah ada nasi bungkusnya. Kalo aku nasi bungkusnya ada di piring yang berbeda. Hehe.

Bagi kalian yang mau mencicipi juga. Datang aja di Bintaro sektor 5. Area dekat kampus PKN STAN (Sekolah Tinggi Akuntansi Negara). Sebelah kampus ada masjid An-Nashr (kalo gak salah), naah warungnya ada di emperan ruko sebelah masjid. Warung belom ada namanya. Buka setelah maghrib, sekitar jam 18.30.
3

Jumat, 19 Januari 2018


Hai Semuaa...

Assalamualaikum Wr Wb

Yeeeeeyyy... Sehari 2 postingan. Bisa tasyakuran ya nanti malam, pas banget hari Jumat, hehehe. Cake ini adalah project kedua aku dalam perbankingan di awal tahun ini. Sebenarnya masih malas untuk bebikinan seperti ini. Hanya saja, 4 hari lalu adalah Ultahnya Pak Lelaki Surga. Pake lupa tanggal pulak. Aku kira masih besoknya. Untung ada seorang teman yang ngingetin. Sebenarnya aku kemaren liat tanggalan tahun berapa sih, kog bisa sampe salah hari. Lebih baik telat daripada gak sama sekali donk ya, hehehe. *gak mau disalahkan.

Chessecake ini sesimpel-simpelnya cake. Hanya butuh beberapa bahan, kocok-kocok, wollllaaaa... langsung masukkan dalam chiller. Chiller loh ya bukan freezer. Sayangnya bahan cake ini agak susah didapatkan dan sedikit mahal. Apalagi kalo tinggal di "daerah" *pengalaman pribadi. Kalo di kota mah gampang banget, tinggal pergi ke Supermarket, tinggal ambil dan bayar. Untuk membuat 1 loyang ukuran 16cm ini, aku mengeluarkan duit Rp 100.000,- sampai Rp 150.000,-. Mahal gaknya mah relatif yak. Kalo bagiku mah mahal. *emak-emak sihh, sukanya yang under 50rb. hehehe.


Jujur, aku kurang puas dengan hasilnya. Kenapa? Karena aku melakukan beberapa kesalahan. Pertama, aku kebanyakan ngasih mentega di adonan lapisan crust. Jadi hasilnya keras, dan susah dipotongnya, harus pake pisau dan menakan sekuat-kuatnya. Dan yang kedua, dengan PDnya aku memasukkan 1 bungkus adonan whipping creamnya. Biasanya aku beli Whipping cream yang cair. Kemaren beli yang bubuk, bingung nakarnya, ngasal langsung aja campur semuanya. Malah kebanyakan ternyata. Kesalahan ketiga, setelah adonan whippingcream dan cream cheesenya dicampur, pas aku cicipin kurang ngeju. Aku masukkin deh keju cheddar parut. Malah hasil jadinya eneg euy. Kesalahan keempat, aku beli selai strawberry yang kiloan. Seharusnya di rebus dengan sedikit air sebentar biar gak kental banget. Eeeee.. aku langsung semprot aja di atas chessecakenya. Hasilnya ya semakin eneg.

Tapiiiii... respon Pak Lelaki Surga enak loh. Entahlah enak beneran atau kalo bilang gak enak takut istrinya murkaaa. Hehehe. Aslinya cake ini enak loh. Sumpah. Aku udah pernah beberapa kali bikin cake ini saat aku masih tinggal di Jambi. Enak ngeeeeeeeeettzz. Mungkin, kemaren aku kena apesnya. 

Okeeee... Aku kasih beberapa tips supaya gak kejadian hal yang sama denganku di atas yak.
  • FOKUS. kemaren aku kurang fokus sih. karena udah panik duluan kalo hari itu adalah ultahnya Pak Lelaki Surga. Jadi sebelum pak Lelaki Surga pulang dari kantor, harus udah ready cakenya.
  • Menghancurkan biskuit bisa menggunakan blender atau food procecor, atau bisa pake ulekan yang seperti aku lakukan. kalo pakai ulekan aku sarankan dilapisi plastik yak. Itu ulekan kan bekas sambal. Nanti malah ada rasa pedas-pedasnya, hehe.
  • Gunakan mentega atau butter yak, bukan margarine. Karena kalo pake margarine hasilnya jadi asin. Dan kurang enak menurutku.
  • Aku saranin gunakan whippingcream yang cair. Ada banyak merek sih. Salah satunya adalah Anchor. Bdw ada ukuran 250ml loh. Jadi bisa sekali pakai.
  • Cara mencairkan mentega, panaskan panci, masukkan mentega. Kemudian angkat panci dan goyang-goyangkan. Kalo dirasa panci udah panas, matikan api kompor, dan biarkan mentega meleleh sendiri. Jangan menunggu mentega meleleh dulu baru matikan api kompor. Karena kemungkinan bisa membuat mentega menjadi gosong.
  • Saranku sih, gunakan selai yang bermerek dipasaran. Hasilnya akan lebih endesssssss dan praktis, gak perlu direbus dengan sedikit air. Tapi kalo ingin murahnya, ya beli di toko bahan kue. Selai strawberry kiloan, tapi sebelum digunakan rebus terlebih dahulu dengan dicampur sedikit air.


  • Untuk mencetak remukan biskuit di loyang, bisa dengan bantuan gelas yang bagian bawahnya rata. Kalo aku lebih suka pake jari jemari karena pinggiran loyangku ada lengkungannya. Ribet kalo pake gelas. Kalo pake jari malah feelnya dapet. Hehehe.
  • Untuk loyang, lebih gampang loyang yang bongkar pasang. Jadi mengeluarkan cake dari loyang lebih gampang. Gak ngasal "ditumplekke" . Kalo kalian pake loyang biasa, mau gak mau harus dipotong2 terlebih dahulu baru bisa dikeluarkan dari loyang.

Resepnya adalah.... jeng jeeeeeennngg...



NO BAKE STRAWBERRY CHEESECAKE
(Resep by Intadidapur)


BAHAN CRUST:

 - 1 bungkus (140gr) biskuit apa saja, aku pake regal, hancurkan. Bisa menggunakan blender atau pake ulekan.
 - 30 gram gula kastor
 - 85 gram mentega/ butter

BAHAN CHEESECAKE FILLING:

 - 227 gram Cream Cheese temperatur ruang.
 - 50 gram gula kastor
 - 1 sdt vanila ekstrak
 - 240 ml heavy whipping cream
 - 1 sdt perasan jeruk lemon, atau jeruk nipis (tambahan dari aku)

BAHAN TOPING:
Selai Strawberry

CARA MEMBUAT:

Biskuit yang sudah dihancurkan, campur dengan semua Bahan Crust. Aduk rata.

gak dibungkus plastik karena lupa. Asal kepruk aja. Untung gak ada aroma sambal, hehe.


Siapkan loyang, kalo bisa loyang bongkar pasang. Olesi dengan sedikit mentega. Masukkan adonan biskuit ke dalam cetakan. Ratakan.




Kemudian, tutup dengan plastik wrap. Simpan dalam kulkas.

Cheesecake filling:
Mixer cream cheese sampai halus. Jangan over mix yak. Tambahkan gula sampai adonan menjadi fluffy.

Siapkan wadah yang lain. Masukkan vanila, gula, dan whipe cream. Mixer sampai mengembang dan softpeak. Kemudian campurkan whipecream ke dalam creamcheesse. Masukkan sedikit demi sedikit sambil diaduk rata. Kuncuri perasan lemon. Aduk rata.


Keluarkan crust dari kulkas. Tuang adonan filling ke atas crust. Ratakan. Beri toping selai strawberry. Ratakan. Masukkan kembali ke dalam chiller. Diamkan beberap jam kemudian. Lebih baik didiamkan semalaman. Selamat mencobaa...

10



Hai Semua...

Assalamualaikum Wr Wb

Akhir-akhir ini aku lumayan kerajinan nguplek-uplek di dapur, yaaa meskipun masih alakadarnya dan segampang-gampangnya. Masih belom ada mood bikin yang kaya rempah. Sebenernya tinggal blender aja sih, tapi malesku ini yang akutnya ruar biasah.

Menu kali ini adalah CAPCAY. Bukan capcay sesungguhnya sih. Ini capcay ala-ala aku. Soalnya pake bahan dan bumbu alakadaranya, seadanya di dapur, dan serajinnya aku, hehe. Bumbunya sih simpel. Cuma bawang putih, cabe, jahe, saus tiram, dan kecap asin. Beressssss. Kalo mau ditambah bawang merah atau bawang bombay mah lebih mantap. Kebetulan masih ada stok ayam fillet di freezer. Jadilah Tasty Chicken Capcay. Keren kan namanya, hahaha. Ini kalo dijual bisa mahal loh karena pake bahasa inggris. LOL.

Berikut aku kasih beberapa tips membuat capcay. Tipsnya cocok bagi pemula, pengantin baru, atau anak kos-kosan yang terpaksa harus masak sendiri supaya irit jatah bulannannya, silahkan dibaca yak. Prok prok prok...

  • Cek semua bahan dalam keadaan segar dan tidak kadaluwarsa.

  • Usahakan rendam dada fillet yang sudah dipotong dadu dengan bumbu. Bisa hanya menggunakan sedikit kuncuran jeruk nipis, garam, dan lada. Diamkan di chiller selama kurleb 30 menit, lebih bagus sih semalaman. Kalo gak sempat atau males merendam, bisa diiris tipis-tipis kayak sukiyaki. Langsung tumis. Irisan daging yang tipis mempermudah penyerapan bumbu dalam daging.
  • Hati-hati dalam penggunaan garam. Karena kecap asin, dan saus tiram sudah asin. Masukkan kecap asin dan saus tiramnya terlebih dahulu, kemudian cicipin rasanya, kalau masih membutuhkan garam, silahkan tambahkan garam sedikit demi sedikit. Jika rasa sudah pas, gak perlu tambahan garam.
  • Bagiku, lebih enak jahe yang dicincang kasar daripada jahe yang hanya digeprek doank. Karena jahe yang dicincang lebih mengeluarkan aroma dan lebih terasa. Kalo dicincang gak perlu pake jahe banyak. Aku biasanya gak sampe 1 ruas jari telunjuk, setengah ruasnya mungkin (pake ilmu kira-kira). Kalo kebanyakan membuat masakan jadi terasa pahit. Kalo mau lebih gampangnya lagi di parut pake parutan keju. Wollaaaaa... tercincang dalam sekejap, cling cling.
  • Campur maizena dengan air biasa, jangan menggunakan air hangat. Karena akan mengakibatkan tepung maizena langsung mengental. Tuang larutan maizena sedikit demi sedikit sambil masakan di aduk-aduk. Jika kekentalan dirasa sudah cukup, masak sebentar. Kemudian matikan api kompor. Menuang larutan maizena dalam step terakhir yak. Setelah adegan incip-incip. Jika terlanjur mengental, sedangkan masakkan kurang asin, campur garam dengan air kemudian tuangkan ke dalam masakan. Jika memasukkan garam tanpa dilarutkan dalam air, garam tidak akan larut ke dalam masakan yang sudah mengental.


Sekarang giliran resepnya. Cekidooott....



TASTY CHICKEN CAPCAY
(Resep By Myself)


BAHAN:

 - 2 buah wortel ukuran kecil, bersihkan, kupas, potong sesuai selera
 - 50 gram buncis, cuci bersih, potong serong 2cm
 - 2 buah putren, potong sesuai selera
 - 150 gram dada fillet, potong tipis
 - 2 siung bawang putih, cincang halus
 - 1cm jahe, cincang halus
 - 3 buah cabe merah keriting. iris serong
 - 2 sdm saus tiram
 - 1 sdt kecap asin
 - Garam secukupnya
 - 1 sdt gula pasir
 - 1/2 sdt lada bubuk
 - Kaldu bubuk, opsional
 - Larutan maizena secukupnya
 - 100 - 150 ml air
 - Irisan daun bawang secukupnya

CARA MEMBUAT:

Tumis bawang putih, jahe, dan cabe sampai wangi. Masukkan dada fillet. Masak mpe daging berubah warna. Beri sedikit air. Masukkan saus tiram, kecap asin, garam, lada, gula pasir, kaldu bubuk (opsional). Rebus ayam sebentar sampai air keluar gelembung-gelembung. Masukkan bahan sayur. Masak sampai sayur matang. Jangan lupa untuk incip-incip. Kalo rasa susah sesuai selera, tuang larutan maizena sedikit demi sedikit sambil masakan di aduk-aduk sampai mengental. Matikan api kompor. Taburi daun bawang, aduk sebentar. Wolllaaaa... Selamat menikmatiiii...
8

Selasa, 09 Januari 2018

 

Hai Teman-teman...

Assalamualaikum Wr Wb

Setiap pagi, kalo aku buka Instagram, hmmmm... dijamin pasti isinya adalah foto hasil masakan emak2 untuk bekal bapak suami. Nah aku? Paling yo baper sambil mbathin "kapan box makan yang baru aku beli kemaren terpakai?".

Biar gak baper, aku pamer dikit lah ya hasil sarapanku pagi ini. Sayur sup, sayap ayam goreng, kerupuk, dan gak lupa sambalnya. Yang spesial dari menu itu adalah ayam gorengnya yang dibumbui dengan bumbu sederhana dan penuh dengan cintah. Ayam goreng ini favoritku, karena simpel bikinnya dan gak butuh bumbu yang beraneka ragam macamnya. Apalagi pake 11 bumbu rempah ala KFC ituh. Rempong bener ciiinn. Itu 11 bumbu apa aja yak?.

Sayap ayam goreng ini juicy so yummyy. Meskipun gak juicy banget sih, tapi lumayan lah yak. Soalnya gorengnya manual. Setahuku kalo juicy geto kudu di oven yak, (iya gak sih?).

Tipsnya nih,

1. Pilih ayam potong bagian sayap. Kenapa? Karena sayap ayam kan kecil dan tipis jadi pas di goreng matangnya merata. Kalo yang gede, ditakutkan luarnya udah matang dalamnya masih mentah.

2. Pastikan sayap yang dibeli dalam keadaan segar. Tanda ayam yang segar adalah kalo dagingnya ditekan kemudian kembali semula. Baunya segar, gak yang bau amis aneh. Warnanya agak kekuning2an cerah. Kalo warnanya udah pucat agak kehitaman/keabu-abuan berarti perlu diragukan.

3. Gunakan wajan anti lengket. Kalo sampai lengket hancurlah tu sayap ayam. Gak jadi bikin sayap ayam goreng, malah jadi orek-orek sayap ayam. Hehehe.

4. Goreng dengan minyak yang gak terlalu banyak. Gak sampai merendam sayap ayamnya. Kalo sampai terendam menurutku kog malah kurang juicy.

5. Cara menggorengnya, kalo sisi satu udah matang dan berubah warna jadi kekuning-kuningan, balik ayam ke sisi satunya. Cukup sekali balik. Kalo keseringan bolak balik membuat sayap ayamnya berminyak. Gorengnyapun jangan terlalu lama. Karena kalo kelamaan membuatsayap ayam jadi kering. Dan hasilnya garing tanpa juicy.

Selanjutnya langsung ke resep. Cekidooottt.


SAYAP AYAM GORENG SEDERHANA
(Resep By Myself)

BAHAN:
 - 500 gram sayap ayam, potong jadi 2 bagian, buang bagian sayap ujung, cuci dengan jeruk nipis dan garam. Bilas dengan air bersih.
 - 1/2 buah perasan jeruk nipis
 - 1 sdt garam
 - 1/2 sdt kaldu bubuk (opsional)
 - 1/2 sdt lada bubuk
 - sedikit air. Sedikiiitt ajah.

CARA MEMBUAT:
Lumuri sayap ayam dengan semua bumbu. Aduk rata. Diamkan selama kurleb 30 menit.

Siapkan wajan anti lengket. Panaskan minyak goreng secukupnya. Goreng sayap ayam sampai sisi satu berubah warna kuning kecoklatan. Kalo sudah matang, balik ke sisi satunya lagi. Goreng mpe matang. Tiriskan.

Sayap ayam goreng siap disantap. Bisa juga buat cemilan loh. Dulu pak Lelaki Surga doyan banget ngemil beginian.


Selamat mencoba teman-teman. Semoga cocok dengan hasil masakanku ini yang sangan sederhana. Gud Luck.. :)
16

Jumat, 05 Januari 2018


Hai Semuaa...

Assalamualaikum Wr Wb

Postingan pertama di tahun baru nih. Alhamdulillah kesampaian juga nulis di sini. Sekarang aku agak kesusahan kalo mau ambil gambar hasil masakanku. Dikarenakan masak pas dalam keadaan gelap hanya disinari lampu rumah. Hasil jepretan gak memuaskan. Sudah mencoba berkali-kali sampai pake lampu tambahan dari lampu emergency, hasilnya masih kurang. Ternyata, hasil fotoku bagus atau gaknya tergantung pada cahaya matahari. *emangnya selama ini hasil jepretanku bagus? Kepedean saiya. Hehehe.

Kemaren entah malaikat apa yang sedang merasuki aku. Dalam sehari aku bisa menghasilkan 1 cake dan 1 pasang piyama hasil jahitan sendiri, ditambah nguras kamar mandi. Bagiku itu emejing banget loh. Sayangnya, hari ini si malas gak mau move on, nemplok melulu nih.


Cake pisang ini resepnya aku dapat dari blog langganan aku, Mbak Endang JTT. Terimakasih mbak Endang untuk semua resep-resepnya. Kebetulan aku ada pisang yang hampir busuk di dapur. Warna kulitnya udah menghitam dan di ujungnya ada putih-putihnya geto. Berhubung aku adalah emak-emak yang gak mau rugi, ya harus bisa layak makan lah yaaa, hehehe. Bdw jangan under-estimate dengan pisang yang menghitam loh yak. Itu kalo dibikin kue, aroma pisangnya dapet banget. Haruuuuummmm. Endes lah. Teksturnya juga mantap.



Membuat cake ini juga mudah dan cepat. Hanya butuh 5 bahan saja, plus parutan keju buat taburannya. Mbak Endang bikin cake ini dengan cara di oven, kalo aku seperti biasa selalu mengandalkan HappyCall. Hasilnya berbeda ma yang Oven atau Kukus. Menurutku kalo pake HappyCall lebih padet teksturnya, bukan bantat loh yak. Menurutku sih lebih moist kalo dikukus. Karena aku belom ada kukusan, ya pake HC aja deh. Lagi pula kasian si HC keseringan kucuekin melulu sampai berdebu di pojokan. Hehe.

Langsung ke resep aja yak. Selamat mencoba... :)


BANANA CAKE
(resep By JTT)

BAHAN:

 - 2 buah pisang, haluskan dengan garpu. Jangan pake blender, supaya cake bertekstur pisang.
 - 2 butir telur
 - 50 gram gula pasir
 - 100 gram tepung terigu protein sedang, ayak
 - 60 gram mentega, cairkan. Aku menggunakan margarine
 - Keju parut sesuai selera, untuk taburan

CARA MEMBUAT:

Panaskan  Oven atau HappyCall.

Siapkan wadah mikser. Kocok telur dan gula pasir. Kocok dengan kecepatan rendah sampai telur dan gula pasir tercampur rata. Kemudian naikkan speed yang paling tinggi. Kocok sampai mengembang, berwarna putih pucat, kental dan berjejak. matikan mikser.

Selanjutnya masukkan tepung terigu. Aduk dengan spatula. Jangan mengaduk terlalu lama akan mengakibatkan cake yang bantat. Setelah rata, masukkan pisang yang sudah dihancurkan. Aduk rata. kemudian masukkan mentega cair sedikit demi sedikit. Pastikan aduk secara merata.

Siapkan loyang, olesi dengan mentega dan sedikit tepung. Atau bisa juga menggunakan alas kertas roti. Tuangkan adonan ke dalam loyang. Siap dipanggang.


Panggang sekitar  40 menit. Baik oven atau menggunakan HappyCall waktunya tetap sama. Tetep harus di lihat berkali-kali yak untuk menghindari overcook. Tanda kalo cake matang dengan menusukkan tusuk gigi, jika gak ada adonan yang menempel, itu tandanya cake sudah matang. Keluarkan dari oven/HappyCall. Tunggu hingga dingin. Olesi margarine/mentega, kemudian taburi dengan keju parut. Hmmmm.. So Yummyy..


Selamat mencobaaa... :)
14

Kamis, 07 Desember 2017

Maaf, gambar di postingan ini seperti gak niat.
Dikarenakan kondisi yang tidak memungkinkan untuk cekrik2.



 Hai Semuaa…

Assalamualaikum Wr WB

Woooww… postingan terakhir menunjukkan bulan Juni tahun 2016. Udah 1 tahun lebih ni blog aku anggurin. Duhhh.. aku ini memang gak peka yak. Blog aja aku PHPin. Apalagi kamu.. *eiyaaa.

Akhirnya, aku kembali dengan ilmu memasakku yang luar biasah gak jelas ini. Postingan kali ini dan seterusnya, aku jamin gak ada typo typo lagi. Karena sekarang cetak-cetiknya pake Lepi minjem adek ipar. Insyaallah bahasanya juga gak kacau. Kalo manteman baca postinganku sebelumnya pasti tahu lah ya, aku punya banyak salah dan males aku perbaiki.

Oke.. kita lanjut sesuai dengan judul. Beberapa bulan yang lalu, ketika aku dan pak Lelaki Surga menghabiskan liburan di kampung halaman.  Aku dipaksa secara halus oleh mertua untuk masak nasi pake dandang. Papa mertuaku terpaksa dirawat di rumah sakit karena ‘kulakan’ gula. Akibatnya mama mertua harus menjaga dan menemani papa mertua di rumah sakit. Sedangkan satu menantunya ini dan 3 anak laki-laki yang bolak balik pulang – rumah sakit. Otomatis, aku bertanggungjawab dalam urusan perdapuran. Masalahnya adalah mertuaku ini special. Kenapa? Karena kurang doyan makan nasi yang dari magicom. Sedangkan menantunya ini kalo masak nasi ya kudu pake magicom. Gak ada magicom ya jajan deh.

Untungnya, beberapa hari sebelum papa mertua di rawat di rumah sakit, mama mertua menyempatkan diri untuk mengajariku memasak nasi tanpa magicom. Kelihatannya sih gampang ya. Pas masak sendiri, mau ngaduk aja ragu, “bener gak ya?”. Selama merebus beras jadi nasi aron, aku gak beranjak dari dapur. Aku pelototin terus tu beras. Takut kalo kelewatan bisa gosong. Jangan sampe niatan bikin nasi malah jadi bikin intip (makanan khas solo).

Si Putih yang selalu kepo kalo juragannya lagi masak.

Alhamdulillah, memasak nasi dengan ditemani si Putih berhasil dengan lumayan sempurna. Tetep bedalah ya dengan nasi hasil tangan mamer. Yang penting nasinya isa dimakan. Seenak-enaknya nasi kan tetep hambar rasanya, hehe. Bagi kalian yang iseng-iseng pengen menanak nasi ala tradisional, atau kepepet seperti pengalamanku ini, atau malah terpaksa menanak nasi karena mati listrik. Sok atuh tengok cara saya menanak nasi ala mamer. Selamat mencoba dan semoga berhasil. :)

MENANAK NASI TRADISIONAL
ALA MAMA MERTUA


ALAT YANG DIBUTUHKAN:
-          Panci biasa
-          Dandang / panci kukusan
-          Centong nasi kayu

BAHAN:
-          Beras sesuai selera, cuci bersih
-          Air 2 ruas jari telunjuk

CARA MEMBUAT:


Siapkan panci, masukkan beras secukupnya dan beri 2 ruas air. Masak dengan menggunakan api kecil ke sedang. Sesekali diaduk-aduk supaya beras gak lengket/ gosong di dasar panci. Mengaduknya lebih baik pake centong nasi yang dari kayu. Soalnya kalo dari plastik tuh takutnya meleleh/ benyek karena panas.




Kalo air sudah menyusut, dan timbul gelembung kecil, matikan api. Aduk-aduk sebentar. Kemudian diamkan sebentar. Jangan langsung di masukkan ke dandang/ panci kukus karena pengalaman dari mamer, pernah langsung di kukus, hasilnya malah tiba-tiba air kukusannya naik dan bikin nasi jadi bubur. So untuk amannya ditunggu sebentar lah ya.


Sambil menunggu nasi aronnya suam-suam kuku. Siapkan dandang/ panci kukusan, beri air secukupnya. Panaskan sampai air mendidih. Masukkan nasi aron ke dalam dandang. Kemudian tutup. Gunakan api kecil ke sedang. Masak sampai kurleb 30 menit.


Setelah 30 menit, matikan api. Kemudian buka tutup dandangnya, dan biarkan nasi dalam keadaan terbuka. Kalo di tutup akan menimbulkan nasi yang berair karena tetesan uap. Lebih enak lagi, pindahkan nasi ke tempat nasi/ bakul nasi yang dari anyaman bambu dengan beralaskan daun pisang. Mantap Jiwaaaaaa….
14

Selasa, 28 Juni 2016


Hai semuaaa...

Assalamualaikum Wr Wb

Happy Ramadhan Mubarok..
Mari berlomba2 perbanyak amal kebajikan.. Ciayoooo....

Udah telat yak ngucapinnya. Gpp laaah.. Pepatah bilang "alon-alon waton kelakon". E e e eeee... Kliru dink, "lebih baik kliru tinimbang keloroa". Duh opo sih aku iki.. Maaf yak belom minum a*ua, gagal fokus muluk. "Lebih baik telat dari pada gak sama sekali", ini baru beneeerr (gak minum a*ua loh, masih lanjut puasa).

Ini postingan pertama selama Ramadhan. Maaf yak manteman, akhir-akhir ini modd untuk menulis hilang tak berjejak. Ini sebenernya juga males nulis, pake gadget pulak. Lepi dibawa Lelaki surga ngampus. Kalo urusan ngampus, aku aja yang mengalah. Demi masa depan yang cerah #tratadudungjesss. Bukan mengalah dink, memang itu lepi lelaki surga, aku mah minjem doank. Loooohh.. Harta suami kan sama dengan harta istri. Berarti tu lepi juga punyaku duoonk.

Duh.. Ini aku bahas apaan sih.. Dari peribahasa sampe lepi kebawa-bawa.

Di galeri fotoku cuma ada 1 pic hasil eksperimenku. Ciyaaah.. Eksperimen kataku? Sepertinya bahasaku sudah terprofokatori oleh Frankenstein di nobless (komik yang sedang bikin aku sakau).. Duh... Gagal fokus lagi.. Bisa-bisanya sampe komik sgala.. #tapoksandal.

Fokus fokus fokus fokussss.. Apa kudu pake jamnya om dedi codbusyier dulu biar bisa fokus.. Lirik kanan lirik kiri.. Kanan kiri.. Kanan kiri.. Claappp.. Tidor.. #tapokgrobak.

Kembali ke pembahasan. Karena PRnya cuma ada 1 doank, kug berasa gregetan geto. Kasian nyempil sendirian. Daripada si fotonya nangis guling guling, harus open show nih.

Aku bukan penggemar ubi jalar. Tapi doyan makannya kog. Apa sih yang gak aku doyan?. Ini tersangkanya salah satu temenku, aka tetanggaku, aka temen jalan belanjaku, sebut saja namanya mbak putri. Gara-gara dia sibuk milih ubi jalar, aku jadi ikut-ikutan milih deh. Dan ikut-ikutan beli. Padahal gak ada satupun dibenakku tu ubi mau ku apakan. Bosen dengan kolak, gak mau ubi goreng, dan eng ing eeeengg... Jadilah modern timus, aka bola-bola ubi jalar.

Tuu kann.. Timus yang beda..

Kenapa modern timus, yaaa liat aja dari penampilannya. Gak seperti timus pada umumnya kan. Pake taburan gula halus pulak. Gokil kan gueh isa bikin begeto-begetoan (biasa ajah keleuusss). Dan ternyata hasilnya endang gurindang euy. Langsung habis dalam sekejap. Dihabisin Lelaki surgaaa.

Seneng deh rasanya kalo liat Lelaki surga puas dengan masakan hasil tanganku. Rasanya tu tiada tara. Andai ni tangan isa ngomong, dia mibta grammy award kalik.. #mulai nglantur.

Langsung ke resep aja yak..bahannya super duper simple dan murceee.... Selamat mencobaa..


BOLA-BOLA UBI JALAR GORENG
(Resep By modifikasi sensiri)

BAHAN:
 - 3 buah ubi jalar ukuran sedang
 - 3-4sdm tepung sagu
 - 1 sdm gula pasir
 - 1/2 sdt vanili bubuk
 - sedikit garam

BAHAN TABURAN:
gula halus secukupnya. Kalo gak ada bisa gunakan 2 sdm gula pasir, haluskan dengan blender.

CARA MEMBUAT:
Kupas ubi jalar, kemudian rebus atau kukus mpe ubi empuk. Tiriskan. Taroh ubi yang masih hangat ke dalam mangkuk agak besar. Selagi panas hancurkan ubi mpe halus.

Campur semua bahan kecuali bahan taburan. Campur mpe rata. Kemudian bentuk bulat-bulat. Mpe semua adonan habis.

Panaskan minyak yang agak banyak dalam wajan. Goreng bola-bola ubi mpe berkulit dan matang. Tiriskan.

Sajikan dalam piring saji, taburi dengan gula halus. Woilaaaa.. Siap santaaap...
3

Selasa, 07 Juni 2016


Hai Semuaaaa...

Assalamualaikum Wr Wb

Ayeeeeyy... sekarang udah agak mahir nih, bikin cake menggunakan happycall, jadi ketagihan pengen bikin teroz. Ini hasil karyaku yang ke-2 selama tinggal di Tangerang.Sebenernya sih berhasil. Sayangnya, aku kelamaan manggang, sooooooo agak bantet geto. Gak agak dink, tp bener-bener bantet, dan bikin seret di tenggorokan. Sebenernya manggang 15 menit udah mateng, tp karena kebodohanku yang kesekian kali, pengen yang pinggirannya agak gosong-gosong gimana geto. Aku panggang lagi dah mpe begeto hasilnya. Pas dimakan bantet, wooooww...gak papa lah, masih bisa dimakan kog, dan habis. hihihi.


Ini cake pandan, tapi yang versi bantet. Jadi, jangan ikutin cara aku yang di atas itu yaaakk. Jangan kelamaan manggang, hasilnya buantet total. Meskipun bantet-bantet geto, gak bikin aku menyerah dengan perbangkingan. Malah ni rencananya mau bikin kuker pake happycall. Katanya sih bisa, baru katanya loh yak. Kalo aku udah praktek akan aku share dah di blog. Kalo sampe berhasil, pastinya bakal kegirangan, misalkan leonardo decaprio ngajakin aku kenalan, gak bakal aku gubris. Tetep kukernya yang menjadi jawara.. hahaha.


Untuk resepnya aku pake resepnya Cake Pandannya mbak Diahdidi. Gak pernah bosen mengeksekusi resep-resep dari mbak Diah. Thanks yak mbak for sharing. Ben Allah sing mbales. hihihi. Bdw aku bikin setengah resep dengan telur 2 butir sajaaaa. Selamat membangking yak mantemaaan, inget loh yak, jangan ikut-ikutan jejakku yang di atas tuh.

tips memanggang dengan happycall/doublepan bisa ditengok DI SINI yak manteman.
0


Hai semuaaaa..

Assalamualaikum Wr Wb

Rujak kangkung, kalo aku nyebutnya sebagai plencing kangkung (bahasa Solo poenya). Sempet search google dengan kata kunci "plencing kangkung", ternyata bukan plencing kangkung yang aku maksud. Mulai bingung deh, gak sengaja nemu salah satu blog, dan aku lupa blog apa dan punya siapa (maaf yak), dia menyebutnya sebagai rujak kangkung. Langsung aku search google dengan kata kunci "rujak kangkung", dan eng ing eeeng, ternyata bener, plencing kangkung yang aku maksud bahasa endonesahnya rujak kangkung, hehehe.

Rujak kangkung ini salad favoritku. Mbokku tau banget kegemaranku satu ini. Dibeliin plencing kangkung dengan pedasnya yang level busyet. Ngemil plencing kangkung ditemani dengan tempe gembus bacem, dimakan pas siang-siang bolong, endeeeeeesss book. Saking endesnya, Lelaki surga minta dipijit, numpang lewat deh.. Anggap angin lalu. Hahahaha...

Sayangnya, sekarang udah jarang ada yang jual begeto-begetoan. Terakhir mudik kemaren, udah susah nyari plencing kangkung. Biasanya ada seorang ibu2 yang selalu lewat depen rumah tiap hari, aku tunggu-tunggu kog gak kunjung lewat. Kata Mbokku udah gak jualan lagi, karena faktor usia. Kata Mbokku juga, masih ada yang jual plecing di pasar, dan satu-satunya di pasar. Itupun bukanya mendekati zuhur. Aku udah ke TKP jam 12 sing-siang, ternyata zonk. Gilak, udah nahan panas pake binggo ternyata zonk. Daripada nyesek, masuk warung bakso aja lah, geeerrrr..


Sekarang mah aku bisa bikin ndiri. Kalo lagi pengen tinggal bikin. Asseeeekkk.... Lelaki surga mah doayan-doyan aja. Apa sih yang gak didoyani Lelaki surga. Warteg langganan dia waktu jaman dia masih kuliah dan menjadi anak kos, katanya enak binggo. Aku incipin.. enak dari manaaaaaa??? lha wong gak enek rasane blaz... eeeerrrgghhh.... parah parah parah. Teruz ada juga buryam yang ramenya menggilak, jam 6 pagi itu udah abis, kalo beli pake antri panjang, ternyata jaoh jaoh jaoooooohhh dari harapan. Gak enak brooooooo.... selera anak kost dan mahasiswa itu tidak meyakinkan. maklumlaaah.. mereka kan nyarinya yang murah meriah dan dapet buanyaakkk porsinya. Mereka gak mikir rasa, yang penting murah dan kenyang. Yatho yathooo... hahahaha.. saya maklumi.. :D

Ups, langsung ke resep aja yak... 



RUJAK KANGKUNG/ PLENCING KANGKUNG SOLO/ BRAMBANG ASEM
(resep by modifikasi sendiri)

BAHAN:
 - 1 ikat kangkung, petikin dan cuci bersih, kemudian rebus atau kukus

BAHAN HALUSKAN:
 - 5 buah cabe rawit merah/ sesuai selera, makin pedas makin endesss
 - 1/2 sdt garam
 - 100 gr gula merah (dikira-kira ndiri aja yak)
 - 50 ml air larutan asam jawa kental
 - 1/2 sdt terasi bakar

CARA MEMBUAT:
Haluskan semua bahan yang dihaluskan. Jangan lupa incip incip, rasanya pedas asam manis (duh  aku mpe meler). Kalo rasa udah pas, campur bumbu dengan kangkung yang sudah direbus/dikukus. Enak juga disajikan bareng nasi hangat dan tempe gembus bacem/goreng.
0

Selasa, 17 Mei 2016


Hai Semuaaa..

Assalamualaikum wr Wb

Akhirnyaaaaa.... bikin cake jugaaa. Yaaa meskipun sedikit gagal, karena teksturnya kayak bantet, tapi gak bantet. Nahloh, bingung tho. Kali ini resepnya berbeda. Kenap?, karena aku nemu resepnya di FB. Salah satu keungulan FB adalah bisa ngeshare postingan apapun itu. Ya iniii.. ngeshare resep brownis no mikser no kukus. Bahannya juga mudah didapat, di warungpun tersedia.


Mungkin aku menjadi orang pertama yang protes dengan judul resep ini. Dari judulnya kan brownis. Setelah aku bikin, mengecewakan. Ini mah cake coklat biasa, bukan brownis, mentang-mentang sama-sama coklat, teruz bisa dibilang brownis. Saya protesss... Whateverlah, yang penting enak dan bisa dimakan, hihihi.

Resepnya ini cucok banget bagi pemula yang pengen bikin cake tapi takut gagal. Namanya bikin cake pasti ribet donk yak. Lebih ribet dari masak sayur bayam bening. Hanya saja, respnya ini simple, ini adalah resep cake yang tersimple yang pernah ku bikin. Tinggal di aduk-aduk, masuk ke cetakan, kukus deh. Wollaaa.. cakenya pun siap di santap. Insyaallah juga anti gagal. Ini cakenya menurutku kurang manis dikit, bagi yang gak suka manis sesuai resep aja, malah boleh gula pasirnya di skip (pait donk). Sesuai degan selera deh.

1 resep ini menghasilkan 9 cupcake. Naaahhh.. kebetulan banget punya cetakan silikon baru. Dan satu lagi, aku bikin cakenya gak di kukus. Gak juga di oven. Nahloh diapain hayoooo... Aku gak punya kukusan, dan gak punya oven. Kasian yak gue. Sini donk siapa yang mau mengasihiku. Dapet barang bekas pun aku mau, tp yang masih bisa digunakan lhoh yaak. duuuuhhh.. ngarep..

Aku punyanya cuma happycall doublepan. Ya itu deh yang kupake. Niih yak, aku kasih tips menggunakan doublepan dan meminimalisir kegosongan (aku banget nih). Yang pertama siapin dulu doublepannya,Gak kudu happycall sih, merek apapun bisa.  Yang kedua siapin tatakan panci panas. Naaah, tatakan pancinya itu ditata sedemikian rupa ke dalam double pan. Baru deh letakkan cake yang mau dipanggang. Bdw sebelum cake dimasukkan, doublepannya dipanaskan terlebih dahulu. Liat contoh gambar di bawah yak..



Kalo doaublepannya udah panas, baru deh masukkan cakenya. Masak dengan api keciiil banget. Saking kecilnya, tanganku ngusir laler (hus hus husss) bisa mati tuh apinya, hihihi. Ouw iya dalam keadaan doublepan tertutup rapat. Jangan khawatir dengan embunnya. Selama aku manggang cake dengan cara ini alhamdulillah tuh malah gak ada embun yang netes ke cake. Embunnya aja gak ada, Hati-hati yak saat buka pannya, uap panas langsung membludak, bisa loh sampe melukai tangan karena saking panasnya. Untuk waktu pemanggangan sesuai aja deh kalo pake oven atau kukusan (sesuai intruksi). Kemaren aku manggang cak coklat ini butuh waktu 15 menit doank. Tanda cake matang, ketika ditusuk tidak meninggalkan adonan di tusuk gigi atau garpu.


 

Untuk hasilnya, jangan samakan yak dengan panggangan oven. Kalo menurutku perpaduan antara panggang dan kukus. Nahloh, terus aku nyebutnya mau gimana cobak. Pokoknya itu lah, hihihi.

Sooooo... dengan cara ini si double pan yang biasanya nonggrok diantara kardus, bisa sering2 dimanfaatin nih.. alhamdulillah.

Bdw ini nih resepnya.



CAKE COKLAT NAN SIMPLE
(by FB Bunda Deti Zahra)

BAHAN:
 - 2 butir telur kocok lepas
 - 5 sdm margarin, cairkan
 - 5 sdm gula pasir
 - 5 sdm tepung terigu prot sedang
 - 5 sdm coklat bubuk
 - 1 bungkus SKM coklat
 - 1 bungkus dancow coklat (jangan sampe berfikir untuk merubah susu bubuk ini dengan susu milo, seperti yang aku lakukan. Hasilnya akan agak keras)
 - 1/2 sdt baking powder

CARA MEMBUAT:
Kocok telur dengan gula pasir, mpe gula pasir larut. Masukkan bahan yang lainnya. Aduk rata. Siapkan cetakan, tuang adonan ke dalam cetakan. Kemudian panggang di oven, atau bisa juga di kukus yang sudah dipanaskan sebelumnya. Kalo mau dengan doublepan juga monggo (seperti aku). Semuanya enak kog. Masak dengan api kecil. Tunggu kurleb 30-45 menit, sampe cake matang. Tanda cake matang adalah saat cake ditusuk garpu atau tusuk gigi, gak ada adonan yan menempel . Kalo sudah matang siap sajikan. Bisa juga diberi tabura nkeju, almond, dll.



1