Kamis, 09 Januari 2014

SELAT (BISTIK) SOLO


Hadeeehhh.... telornya kug retak gto. kenapa gak sekalian aja dibelah. Ungkapan hatiku saat melihat ney pic. Gambarnya gak bagus, natanya juga mbelgedewes, dagingnya nyempil pula. Yahhh, itulah efek dari kemalasanku. Efek capek juga dink. Stelah kerja setoran bikin sate sapi untuk pesta tahun baru di kantor lelaki surga. (capek2 masih bisa bikin begene2an.. hmmmm).

Kemaren kan sempet beli daging sapi buanyak2. Naaahh, padahal belinya di pisah loh. 2 kilo untuk sate. Setengah kilo untuk pribadi. Pas nyuci dagingnya sengaja kucampur. Lha kug ternyata aku salah itung. Yang untuk pribadi malah jadi seperempat kilo doank. Baru nyadarnya pas mau bikin ney selat. Yasudah deh.. seperti biasa. Seadanya. Critanya lagi candu rindu ma solo, khususnya rumah beserta isinya, hehehehe. Jadilah Selat Solo candu rindu. (haiyah.. apalah itu).

Ternyata bikinnya gampang juga. Kupikir ribet kayak bikin gudeg. Jadi ketagihan dah bikin begene-beenean. Sayangnya dagingnya dikit bingiiitt. Pertama kali makan selat solo bareng ma ibuku tersayang. Setelah itu gak pernah makan itu lagi. Sekarang mencoba berkreasi, menurutku rasanya dah woke. Tapi aku lupa rasa selat solo yang bener gimana. hehehehe (ya maaph).

Sayurnya aku cuma pake jagung manis, ma wortel. Pengennya pake kacang polong, seperti biasalaahhh, tinggal di dusun, mana ada kacang polong. Kalo pengen bahan yang agak neko-neko ya kudu beli di luar kota, dan itu membutuhkan waktu minimal 5 jam, dan "entah iyo entah idak" ada stoknya gak. Capek deehhh. Bdw Aku juga pake kentang, untuk pengganti nasi. Makanya di picku kentang gorengnya menggunung. Bikin dagingnya kelelep dalam kegelapan. Hahahahahaha. Lelaki surgaku doyan banget ma menu satu ini. Ini termasuk resep recomended untuk dipraktekan. (tapi jangan kecewa kalo rasanya beda ma selat solo yang asli. #peace ^^v).

Kalo mau belah telornya yar rapi pake benang ajjah. Dulu waktu aku masih bersama ibuku, saat ada acara arisan, ibuku bikin menu yang kebetulan ada telor rebusnya. Aku sempet lihat ibuku belah telornya pake benang. Waktu itu salah satu ujung benangnya di tali di paku dinding. Ibuku pegang ujung tali yang laen dengan tangan kanan. Tangan kirinya pegang telor, Lalu tempel benang ke telor, tekan, dan tralaaaaa... terbelah jadi 2 deh. Waktu itu aku berfikir "rempong bener, tinggal potong pake pisau". Dan sekarang aku tau alasannya.

Aku bikin ini sekali dan langsung sukses. Kalo tanpa produk gagal, berarti resep ini gampang. Kalo gak percaya monggo di coba.

SELAT (BISTIK) SOLO

BAHAN:
 - 250 gram daging has dalam, potong dadu
 - 1 sdt merica bubuk
 - 1/2 sdt pala bubuk
 - 2 sdm cuka
 - 4 sdm kecap manis
 - 3 siung bawang putih, haluskan

BAHAN KUAH:
 - 1 sdm margarin
 - 200 ml santan cair
 - 1 sdt gula pasir
 - 1 sdm kecap asin
 - 1/2 sdt garam
 - 1 sdt tepung maizena, larutkan dengan 2 sdm air

PELENGKAP:
 - kentang goreng
 - wortel, potong dadu, rebus
 - jagung manis, sisir, rebus
 - telur rebus, kupas kulitnya

CARA MEMBUAT:
Rendam daging dengan mrica, pala, cuka, kecap manis, dan bawang putih. Diamkanminimal selama 1 jam di dalam kulkas.  Kemudian goreng daging dengan menggunakan minyak horeng sedikit saja kira-kira3 sdm.Dantiriskan.

KUAH: Tuang margrine ke dalam sisa bumbu perendam daging. Tuang santan, gula pasir, kecap asin, dan garam. Masak mpe mendidih. Tambahkan larutan maizena, aduk cepat-cepat mpe mengental. Matikan api kompor. Sajikan bistik bersama kuah dan bahan pelengkapnya.


 SELAMAT MENCOBA...:D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar