Minggu, 19 Januari 2014

BUBUR SUMSUM HIJAU


Udah lama banget gak bikin bubur sumsum. Sekarang bertekad bikinnya dengan semangat berkobar. Bdw inget semangat, inget juga semangatnya sang Ibu. Beberapa hari yang lalu sang Ibu tersayang tiba-tiba kirim SMS isinya puisi yang berjudul "SEMANGAAAT KARYA ANGGUN". Anggun bukan nama Ibuku loh, itu adalah nama toko Mebelnya Ibuku. Diambil dari singkatan nama Ibuku dan nama ayahku (ciyeeee... so sweetnyaaa). Tinggal jaoh dari keluarga itu sesuatu banget. Aku pribadi sih nyaman-nyaman ajja. yang penting aku gak ngrepotin orang lain khususnya kedua ortuku. Kalo bisa malah aku yang direpotin mereka. Aku bangga bisa hidup bener-bener mandiri bersama Lelaki Sugaku. Dan yang paling bikin aku tenang adalah gak ada yang ngatur-ngatur aku lagi. Bahasa jawanya "sak karepku" yang artinya terserah aku. Apalagi Lelaki surgaku yang aku banggakan gak pernah "cerewetin" aku. Aku bersyukur banget memiliki suami seorang Dia. Intinya aku bahagia dengan kehidupanku sekarang bersama lelaki surgaku. 
 
Ada kalanya juga aku kangen dengan ortuku khususnya ma adek-adekku. Kalo dah kangen gto pengennya ngajak mereka liburan kemana gto. Bikin mereka seneng. Behubung nan jaoh disana, so mentok-mentoknya bikin masakan yang dulu sering aku makan bersama ortu dan adek2ku. Salah satunya adalah bubur sumsum. Bubur sumsum ini berbeda ma yang di Demak. Aku lebih suka yang bubur sumsum ala Demak sih. Berhubung yang sering aku makan bersama dengan ortuku dan adek2ku bubur sumsum versi solo, akhirnya jadilah bubur sumsum ala aku. dan makannya sambil bayangin makan bersama mereka. Hehehehehe. Langsung ke resep aja yak kalo begeto.. Selamat mencoba.... ;)

BUBUR SUMSUM HIJAU

BAHAN:
 - 100 gram tepung beras
 - 1 sdt garam
 - 650 ml santan
 - 2 lembar daun pandan
 - 2 sdm pasta pandan

BAHAN KINCA:
 - 200 gram gula merah, sisir
 - 50 gram gula pasir
 - 250 ml air
 - 1 lembar daun pandan

CARA MEMBUAT:
campur tepung beras dan sebagian santan. Aduk mpe tepung larut. Siapkan panci, masukkan sisa santa, daun pandan dan garam. Kemudian masak mpe mendidih. Kemudian tuangkan larutan tepung beras, aduk mpe kental dan mendidih. Angkat.
 Kinca: Masak semua bahan mpe mendidih dan gila larut. Kemudian Saring. Sajikan bersama dengan buburnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar