Minggu, 19 Januari 2014

PIZZA GORENG ALA HOMEMADE


Hyaaaaaa.... Rasanya fresh banget. Biz karaokean, tapi bukan di tempat karaoke (maklumlah,, dsini jaoh dari hiburan). Akhirnya nekad karaokean di rumah. Bermodal buka youtube, dan tablet di colokin di "jedug-jedug" (dibaca speaker), pake volume paling kunceng. Langsung deh mulut komat kamit, teriak-teriak. dalam hati "fales yow beenn penting iam happy". Selama kurleb 2,5 jam aku triak-triak "washewong washewong", satelah itu dunia berasa fressshhh. Suasana hati berasa happyyy. Kembali bersemangat untuk uplak uplik dapur. Dan alhasil terciptalah pizza goreng ini. Asek asek jossss.

Tiba-tiba di otak terngiang bikin pizza. Tapi gak ada oven. So nekad bikin deh dengan bahan seadanya. Pizza ini terinspirasi oleh pizza spaghetti yang dulu pernah aku bikin bersama geng premaz. Karena gak sabar utuk bereksperimen, so langsung dah ke dapur dan liat bahan yang tersedia apa ajjah.

Kata suamiku sih saosnya enak, tapi adonan rotinya agak keras. So susah di potongnya. Ya maklumlah soalnya adonan rotinya lupa pake telor. trz masih ada sisa adonan rotinya, langsung deh campur ma telor. Dan bim salabiiimmm.. Hasilnya tidak mengecewakan. yang penting judulnya Pizza. heheheehe. Tapi jangan salahkan aku jika rasanya jaoh berbeda dengan Pizza hut. namanya juga pizza goreng ala homemade. Naaaahh yang mau berkreasi monggo dicontek resepnya. Selamat mencoba...

PIZZA GORENG HOMEMADE

BAHAN:
 - 400 gram tepung terigu serbaguna
 - 250 ml air dingin (kalo kurang kalis bisa ditambah)
 - 30 ml minyak goreng
 - 1 bitir telor kocok
 - 1/2 sdt garam
 - 1 sdt baking powder

Campur semua bahan jadi satu, aduk mpe rata dan kalis. Jika adonan sudah kalis bentuk bulat2 mpe adonan habis. Kemudian adonan bulat tersebut pipihkan dengan cara di giling2 pake botol sirup (kalo ada gilingan ya pake gilingan) mpe bentuknya bulat kayak di pizza pada umumnya. Kemudian panaskan teflon, Masukkan adonan yang udah digiling-giling. Masak mpe matang, tapi hati-hati harus sering di bolak balik supaya gak cepet gosong. kalo sudah matang, adonan di olesi dengan bahan saus.
 
BAHAN SAUS:
 - 250 gram daging giling (aku pake ikan sarden kalengan, ambil ikannya kemudian suwir-suwir)
 - 3 siung bawang putih, rajang halus
 - 1 buah bawang bombay ukran kecil, iris panjang
 - 1 buah tomat ukuran sedang, potong dadu
 - 5 sdm pasta tomat (bisa pakai 3 sdm saus tomat)
 - 1 sdt merica bubuk
 - garam dan gula pasir secukupnya
 - 1 sdm kecap manis
 - 100 ml air
 - 1 sdm larutan maizena
 - 1/4 sdt mixed herbs italia (aku gak pake)
CARA MEMBUAT:
Tumis bawang putih, dan bawang bombay mpe harum dan bawang bombay menjadi transparan. Masukkan daging giling atau ikan sarden cincang. Aduk rata. Masukkan sisa bahan lainnya kecuali larutan maizena. masak mpe matang. Kemudian masukkan larutan maizena mpe adonan menjadi kental. Angkat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar