Senin, 06 Januari 2014

IFUMI SEDERHANA


Waaaaahhhh.... dah berapa lama nih gak update resep. Jadi numpuk dah Pe'eR'nya. Galeri foto dah penuh dengan pic makanan. Termasuk pic ini nih. Pengen share resepnya, tapi biasalah penyakit kambuh. MALLEEZZ. 

Menu ini termasuk favoritnya lelaki surgaku dan aku. Terinspirasi dari restoran s*la**a. Kalo aku sebenernya kenal ifumi dari kondangannya kakak sepupuq mbak Ulik. Semenjak nyoba ifumi versi kateringnya mbak ulik jadi ketagihan. Nyari2 di resto area solo belum nemu2. Dan akhirnya waktu kencan ma calon lelaki surgaku dulu, penasaran ma s*la**a, dan akhirnya nyobain deh. kebetulan tu resto baru di area Solo. Pas liat menu, nemu tulisan ifumi. langsung seneng deh hatiku. Dan akhirnya pesen 1 porsi ifumi. Dan saat ifumi datang, agak kecewa dengan penampilannya. Beda jaoh ma ifumi fersi kateringnya mbak ulik. Kalo di katering itu wujudnya pangsit di bentuk mangkuk, bagian dalemnya ada mie gorengnya. Kalo di resto bentuknya hampir mirip ma di pic aku. Nah jadi bingung deh, mana ifumi mana yang namanya ifumi doank. Setelah tanya ma si gugel, ternyata seperti di pic aku. 

Sekarang setelah merrid, saatnya bereksperimen masakan ala resto. Resto rumahan maksudnya. Pertama bikin sih seperti biasa, keasinan. tapi setelah itu sudah okelah. kata lelaki surga "ifuminya enak dek". aduuuuhhh... jadi terharu (haiyah lebay). Berhubung di sini gak ada yang jual ifumie, so pake mie telorpun jadi. Maklumlah tinggal di dusun, kalo mau neko-neko susah. maksudnya neko2 masakannya.


Bagi yang demen ifumi, monggo dicontek resepnya ala aku. Tapi gak jamin rasanya sama kayak di solaria. hehehehe.


IFUMIE Ala ENCHEF GAWEANPAWON

BAHAN:
 - 1 bungkus mie telor, rebus, tiriskan, kemudian goreng dengan menggunakan saringan yang bolong2 tu loh, yang buat niriskan gorengan. Lupa fotoinnya. Pake minyak goreng banyak.
 - 3 butir bawang putih, iris halus
 - 1/2 butir bawang bombay, iris memanjang
 - 3 buah wortel ukuran sedang, potong serong
 - 100 gram brokoli, ato kembang kol, potong perkuntum (aku gak pake)
 - 1 bungkus jagung putren, potong jadi dua  (aku gak pake)
 - 200 gram cumi, potong melingkar (aku gak pake)
 - 200 gram udang, kupas kulitnya (aku gak pake)
 - bakso/sosis kalo suka (aku gak pake)
 - 500 ml air
 - 1 sdt lada bubuk
 - 2 sdt gula pasir
 - 2 sdm saos tiram
 - garam secukupnya
 - 1 sdm tepung maizena, larutkan dengan 2 sdm air

CARA MEMBUAT:
Tumis bawang putih dan bawang bombay mpe wangi. Masukkan air, garam, gula pasir, saos tiram, dan lada bubuk mpe mendidih. Masukkan bahan lainnya kecuali larutan maizena dan mie telornya. Masak mpe sayur matang. jangan lupa incip incip. Kalo rasa sudah pas, masukkan larutan maizena. Aduk aduk cepat mpe agak mengental. matikan api kompor. Sajikan dengan disiram ke mie telor yang sudah digoreng garing.

SELAMAT MENCOBA.... :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar