Kamis, 12 Juni 2014

PANCAKE CARAMEL



Hai semuaaaa....

Assalamualaikum Wr. Wb

Pancake pancake pancaaaakkkeee. Ini breakfast n cemilan favoritku en Lelaki surga. Sedikit cerita yaaakk. Pernah aku ngambek ma Lelaki surgaku. Niatnya mau diemin selama 3 hari (lebih dari 3 hari kan dosa :D). Eeeee.. gara-gara ini pancake, sumpah deh, suasana hati jadi berubah. Nyengar nyengir sendiri, saking nikmat en enaknya makan pancake. Jadi lupa deh mau ngambek ma Lelaki surga. Ahihihihihi.


Aku slalu stok adonan pancake di kolkas, dan slalu ada. Gak pernah bosen makan begene-begenean. Gak tau yak kalo lelaki surga. Tapi setiap kali aku menghidangkan ney pancake, lelaki surga masih doyan kog, tanda gak bosen (tebakanku) :D

Aku lebih suka pancake yang model begene, daripada pancake yang ada isian durian, strowberry, coklat, dll.




Saking doyannya pancake, renacana aku mau memamerkan pancake bikinanku ini ke orangtuaku pas mudik nanti. Gak sabar ingin nelihat ekspresi mereka khususnya adekku. Tapi tebakanku ibuku pasti bakal crewet. Hmmmmmm... #kangen crewetnya ibu... :D

Aku ada 2 resep pancake yang dua-duanya ku dapat dari Mr. Google yang serba tahu. Berikut resepnya. Tu wa ga goooooooo......

PANCAKE PERTAMA (resep asli di sini. Terinakasih sista, sangat membantu)
#resep ini yang sering aku bikin.

BAHAN:
 - 275 gram tepung serba guna
 - 2 sdt baking powder
 - 1/2 sdt garam
 - 5 sdm gula pasir
 - 1 btr telur kocok
 - 350 ml susu cair (3 1/2 sdm susu bubuk dan air 350 ml), kadang aku pake susu cair yang 250ml
 - 2 sdm mentega  cair (aku lebih suka pake butter cair)
 - 1/4 sdt soda kue

BAHAN KARAMEL:
 - 100 gr gula pasir (blender halus, yar gampang pembentukan karamel, yar gak terlalu gosong)
 - 2 sdm air
 - 1 sdt mentega (aku pake butter)
 - 50 ml air
 - 1 sdt maizena, larutkan dengan sedikit air

CARA MEMBUAT:
PANCAKE: Campur semua bahan kering, aduk rata. Di mangkuk berbeda, campur telur kocok, susu cair, dan butter cair. Campur adonan telur ke dalam tepung sedikit demi sedikit. Aduk rata. Siapkan teflon anti lengket, olesi dengan sedikit butter, kemudian panaskan dengan api kecil. Tuang 1 centong kecil atau secukupnya. Bentuk bulat tipis (tapi gak terlalu tipis, agak teval dikit laaah). Masak mpe ada lobang-lobang di pancake, boleh sambil di intip bagian bawah pancake (takut gosong), kalo lapisan bawah sudah berwarna coklat cantik, balik pancake. Masak sisi satunya mpe warnanya sama dengan sisi sebelumnya. Lakukan hal yang sama mpe adonan habis. Ato bisa di sisakan setengah adonan, simpan di wadah tertutup, dan simpan di dalam kulkas.

KARAMEL: masukkan gula halus ke dalam panci kecil. Gunakan api kecil. Beri 2 sdm air. Masak mpe gula larut dan warnanya menjadi seperti gambar. Hati-hati gosong ya. Ingat gula mudah gosong. Kalo gosong warnanya jadi seperti permen coklat. Kalo gula sudah larut dan warnanya cantik, masukkan 50 ml air, hati-hati gula akan mendesis, dan uapnya kalo kena tangan puanaaasss. Beri butter. Diamkan mpe gula larut. Terakhir beri larutan maizena sedikit demi sedikit. Hati-hati juga, kalo kebanyakan bisa jadi kayak bubur sagu.

Ini resep PANCAKE kedua (resep asli di sini, terimakasih sista resepnya)
#kalo ini aku jarang, soalnya jeruk nipis di sini musiman, kadang aku susah dapetin jeruk nipis. Selain itu aku males diemin 10 menit. Hehehehe)

BAHAN:
 - 130 gr tepung terigu serba guna
- 1 sdt baking powder
- 1/2 sdt baking soda
- 1/4 sdt garam
- 2 sdm gula pasir
- 1 butir telur ukuran besar, kocok lepas
- 130 - 150 ml buttermilk (susu cair yang diberi perasan 2 sdm air jeruk nipis lalu diamkan 10 menit)
- 2 sdm butter, lelehkan

CARA MEMBUAT:
Campur bahan kering jadi satu dan rata. Di mangkuk berbeda campur susu, butter leleh, dan telor kocok. Canpur ke tepung sedikit demi sedikit. Aduk rata. Panaskan teflon anti lengket, dan olesi dengan sedikit butter. Tuang beberapa sendok adonan pancake ke teflon. Bentuk bulat pipih. Masak mpe sisi bawah berwarna coklat. Kemudian balik, masak mpe warnanya sama dengan warna sisi pertama. Lakukan beberapa kali atau mpe adonan habis.  letakkan ke piring saji. Siram dengan saus karamel atau madu atau yang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar