Rabu, 13 November 2013

SOONDOBU JJIGAE (SUP TAHU PEDAS KOREA)


Hayooooooo..... yang demen Kpop Kpop. Jangan ngaku2 Kpopers kalo belom nyobain Kfood..(haiyah.. Lebay). Sebenernya q gak fanatik bangget sih ama Korea. Suka sih suka. Tapi suka alakadarnya. Berhubung q demen bereksperimen masakan mancangara, so kalo denger menu2 terbaru langsung deh gatel pengen uplak uplik dapur. Kebetulan waktu liat channel Mcondown, pas acaranya tentang makanan favourite warga Korea, seperti Kimchi, Bimbimbap, Soondobu jjigae, dll. Awalnya mau nyobain bikin Kimchi. Berhubung stok cabe bubuknya nipis, gak jadi bikin. Padahal udah beli sawi putihnya. Beberapa hari kemudian, rencana menunya soup. Langsung keinget ma Soondobu jjigae. Langsung serching2 resepnya. Dan akhirnya nemu resepnya di maangchi.com

Ini pertamakalinya bikin sup ala Korea. Gak tau deh nanti rasanya cocok gak... hehehehe..... Bagi yang belom tau tentang soondobu jjigae bisa liat penjelasannya di dreamersradio. Kebetulan di kulkas ada pasta gochujang. Bagi yang belom tau tentang gochujang bisa dibaca penjelasannya di Wikipedia. Berhubung dsini gak ada yang jual gochujang pasta so akhirnya bikin ndiri dah dengan bahan seadanya. Sebenarnya gochujang yang asli rasanya pedas dan agak manis. Tapi gochujang versiq ini produk gagal. Rasahya malah asam. Mungkin karena kebanyakan cuka, dan bubuk cabai yang kupakai bukan bubuk cabe korea. Tips dariku, kalo mau rasa yang sesuai, cabe hubuknya pake yang cabe bubuk korea yang kayak berikut wujudnya.



Kemaren sempet beli bubuk cabe dimini market. Ngasal ambil sih, tapi tetep udah ngecek tanggal kadaluarsanya juga. Tapi, mpe rumah shoked2, coz isinya dah padet, jamuran, dan bau apek. Akhirnya q buang deh. (dalam hatiku bilang "haduuuuuuhhhh, beginilah kalo hidup di hutan, susaaaaaahhhhh"). Tapi demi nyenengin Lelaki Surgaq, apapun kulakukan. Asek asek joooosss :D..

Soondobu jjgae versiq ini ala seadanya. Gak pake tahu. Padahal dari judulnya dah jelas sondobu yang artinya tahu lembut. hahahaha.... Dan yang pastinya dari resep aslinya ada beberapa yang q skip.. Pokoknya seadanya di kulkas. Tapi ingaaaattt.... versiq ini versi produk gagal. Tapi kalo tetep mau dcontek ya monggo :D.. Next time bereksperimen lg, sampe berhasil... SEMANGAAAATTHHH.....

Bagi yang penasaran monggooooo di coba resepnya... ini resepnya sesuai versi aslinya dan versiq yang seadanya....

SOONDOBU JJIGAE versi resep asli

BAHAN:
 - 12 teri kering
 - 1/3 kelp
 - 1/2 buah bawang bombay
 - 5 siung bawang putih
 - 3 buah jamur shitake, iris tipis
 - 100 gram daging sapi, potong dadu
 - 1 cup mixed seafood
 - 3 ekor udang ukuran besar
 - 2 batang daun bawang
 - 1 buah cabai hijau, iris serong tipis
 - 2 - 5 sdm hot pepper flakes (cabe bubuk korea)
 - olive oil, minyak wijen untuk menumis
 - 2 kotak soon du bu (tahu putih)
 - 2 sdm kecap ikan
 - 2 butir telur
 - 750 ml air

CARA MEMBUAT:
Tumis bawang putih dan bawang bombay mpe harim dan matang. Rebus air, masukkan teri kering, dan tumisan bawang plus minyak bekas menggoreng. Tunggu mpe mendidih. Masukkam daging sapi, udang, mixed seafood, aduk mpe rata dan matang. Masukkan sisa bahan lainnya. Jangan lupa incip2. Rasahya pedas agak manis. masak mpe semuanya matang dan mendidih. Matikan api kompor. Sajikan panas2.


 SOONDOBU JJIGAE versi seadanya


BAHAN:
 - 4 siung bawang putih, iris tipis
 - 2 ruas jahe, iris halus
 - 750 ml air
 - 250 gram ceker ayam, goreng setengah matang, angkat, langsung rendam d air es, kemudian rebus
 - 1,5 sdm gochujang pasta (*resep di bawah)
 - 2 sdm kecap asin
 - 3 sdm cabe bubuk (lebih baik cabe bubuk korea)
 - 1 ikat sawi putih (bisa pake kimchi, mungkin lebih enak)
 - 3 buah wortel ukuran sedang, iris tipis serong
 - garam, gula pasir secukupnya (seharusnya ini gak pake, terpaksa pake krn rasa masam dari gochujangnya berasa bgt)

CARA MEMBUAT:
Tumis bawang putih, dan jahe kpe harum dan matang.
Didihkan air dan ceker ayam, masukkan tumisan bawang putih dan jahe mpe mendidih. Masukkan pasta gochujang, kecap asin, garam, gula pasir, dan cabe bubuk, aduk rata. Masukkan bahan sayuran yang keras terlebih dahulu, kalo sudah setengah matang, masukkan sayur yang lunak. Jangan lupa incip2, kalo udah pas rasanya matikan api kompor. Sajikan bersama nasi putih.



GOCHUJANG PASTA



BAHAN 1:
 - 2 sdm bubuk cabe (kalo bisa pake bubuk cabe korea)
 - 2 sdm cuka
 - 2 sdm gula pasir
 - 4 sdm soy souce (kecap asin)
 - 3 siung bawang putih, haluskan

Campur semua bahan jadi satu. Aduk mpe rata.

BAHAN 2:
 - Bahan 1
 - 2 sdm cuka
 - 1 sdm gula pasir
 - 2 sdm tepung ketan

Campur semua bahan 2 jadi satu. Aduk rata. Masukkan ke dalam wadah kedap udara. Simpan di suhu ruang. Bisa langsung digunakan. Tapi lebih nikmat kalo sudah di fermentasikan selama berhari2. Jangan langsung dsimpan di kulkas, krn sa memperlambat fermentasi. Simpan di lemari selama kurleb 3 hari. setelah itu boleh dsimpan dkulkas. Ini bisa bertahan selama 1,5 bulan.

SELAMAT MENCOBA.... =)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar