Senin, 27 Oktober 2014

NASI KARI KUKUS



Hai semuaaaaa....

Assalamualaikum. Wr. Wb

Masih tema ultah kemaren. Bikin capek badan. Sibuk masak ini masak itu. Bikin menu soesial. Salah satunya nasi kari ini. Ada seorang temenku bilang, ultah kog malah sibuk. "Seharusnya kalo ultah ya jadi ratu sehari duonk". Hmmmm.... baru nyadar, ada benernya juga temenku. Tapi gpp deh, yang ultah yang bikin surprise. Gak ada kan yang kayak gto. Baru aku loh. Hahahaha.... kasian banget yak. #nasib-nasib

Nasi karinya menurutku enyak enyak enyak... rencana mau bikin banyak, yar bisa bagi-bagi. Lha kug nasinya ternyata tinggal 2 gelas lebih dikiiiitt. Segeto mah nanggung, kalo nekat bagi-bagi, lha aku mau makan apa. Kalo dimakan untuk aku dan mas lelaki surga pastinya turah. Eman-eman tho kalo gak kemakan. Alhasil, hari ini yang kebetulan hari senin, tak taroh di wadah, buat sarapan di kantor. Sekalian berbagi ma temen2 dia. Meskipun dikit doank. Heee. Yang dibawa gak itu doank sih, menu yang lain juga aku ikut sertakan. Yaaaaa gak cucok bingit kalo cuma bawain nasi kari doank.

Bdw aku dapet resepnya dari buku masaknya bu Sisca Soewitomo. Tapi aku modif sedikit. Bagi Yang mau mencoba nasi kari silahkan menyontek resepnya. Selamat mencoba...

NASI KARI KUKUS
(Resep by ibu Sisca Soewitomo, judul 30 Menu Hemat untuk 1 Bulan)

BAHAN: (aku gak pake step ini)
 - 300 gram beras putih
 - 500 ml santan dari 1/2 buyir kelapa
 - 2 lembar daun pandan

AYAM KARI:
 - 1 ekor ayam, potong kecil (aku pake 500 gr fillet ayam, pot dadu sekitar seukuran jempol)
 - 5 lembar daun jeruk (aku: separo ku sobek2, separonya lagi ikut ma bumbu haluskan)
 - 2 batang serai (aku: 1 di geprek, 1 haluskan)
 - 2 cm jahe, geprek (aku haluskan)
 - 5 butir cengkeh (aku gak pake)
 - 4 cm kayu manis
 - 500ml santan dari 1 butir kelapa (aku pake 1 sachet ukuran kecil bumas campur 500ml air, airnya dikira-kira yak)
 - 2 sdm minyak untuk menumis
 - 1,5 sdm kari bubuk (tambahan dari aku)

BUMBU HALUSKAN:
 - 3 buah cabe merah (aku: 6 buah)
 - 8 butir bawang merah
 - 5 siung bawang putih
 - 5 cm kunyit, bakar
 - 1 sdm ketumbar, sangrai
 - 1 sdt jintan (aku: sangrai)
 - 3 biji kapulaga, kupas, ambil isinya
 - 3 biji adas manis, sangrai
 - 2 sdt garam
 - 1 sdt merica
 - 2 sdt gula pasir

PELENGKAP:
 - daun pisang (aku gak pake)
 - daun singkong rebus (aku pake kacang panjang, rebus dengan bawang merah dan garam)
 - telur puyuh rebus
 - cabe rawit
 - bawang goreng

CARA MEMBUAT (RESEP ASLI):
Nasi: masak santan bersama daun pandan mpe mendidih. Masukkan beras, masak hingga menjadi nasi aron. Angkat.
Ayam Kari: panaskan minyak, tumis bumbu yang dihaluskan mpe harum. Masukkan ayam, daun jeruk, serai, cengkih, jahe, dan kayu manis. Masak mpe ayam berubah warna. Tuabgkan santan, masak matang dan bumbu meresap, angkat.
Canpur nasi dengan ayam, aduk rata. Ambil 2 lembar daun pisang, tata nasi, daun singkong, cabai rawit, dan telor puyuh, lalu bungkus dan kukus selama 30 menit mpe matang. Angkat.
Sajikan hangat dengan ditaburi bawang goreng.

CARA MEMASAK ALA AKU:
Tumis bumbu yang dihaluskan mpe harum masukkan ayam, daun jeruk, serai, dan kayu manis, kari bubuk instan. Masak mpe ayam berubah warna. Tuangkan santan masak mpe matang dan ayam meresap. Sisihkan ayamnya saja. Goreng ayam mpe kecoklatan. Tiriskan. Dalam wadah rice cooker, masukkan beras yang sudah di cuci bersih, tuangkan santan bekas merebus ayam. Perbandingan santan dan beras dikira-kita sendiri aja yak. Tergantung kondisi beras. Kebetulan berasku versi yang beras keras. Kalo sudah cukup, masukkan ke dalam magic com, jangan lupa daun pandan juga dimasukkan. Masak seperti masak nasi biasa. Tunggu kliknya dari cool pindah ke warm. Kalo dah matang. Sajikan bersama ayam goreng dan bahan pelengkap.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar