Jumat, 05 Januari 2018

CAKE PISANG BERTABUR KEJU


Hai Semuaa...

Assalamualaikum Wr Wb

Postingan pertama di tahun baru nih. Alhamdulillah kesampaian juga nulis di sini. Sekarang aku agak kesusahan kalo mau ambil gambar hasil masakanku. Dikarenakan masak pas dalam keadaan gelap hanya disinari lampu rumah. Hasil jepretan gak memuaskan. Sudah mencoba berkali-kali sampai pake lampu tambahan dari lampu emergency, hasilnya masih kurang. Ternyata, hasil fotoku bagus atau gaknya tergantung pada cahaya matahari. *emangnya selama ini hasil jepretanku bagus? Kepedean saiya. Hehehe.

Kemaren entah malaikat apa yang sedang merasuki aku. Dalam sehari aku bisa menghasilkan 1 cake dan 1 pasang piyama hasil jahitan sendiri, ditambah nguras kamar mandi. Bagiku itu emejing banget loh. Sayangnya, hari ini si malas gak mau move on, nemplok melulu nih.


Cake pisang ini resepnya aku dapat dari blog langganan aku, Mbak Endang JTT. Terimakasih mbak Endang untuk semua resep-resepnya. Kebetulan aku ada pisang yang hampir busuk di dapur. Warna kulitnya udah menghitam dan di ujungnya ada putih-putihnya geto. Berhubung aku adalah emak-emak yang gak mau rugi, ya harus bisa layak makan lah yaaa, hehehe. Bdw jangan under-estimate dengan pisang yang menghitam loh yak. Itu kalo dibikin kue, aroma pisangnya dapet banget. Haruuuuummmm. Endes lah. Teksturnya juga mantap.



Membuat cake ini juga mudah dan cepat. Hanya butuh 5 bahan saja, plus parutan keju buat taburannya. Mbak Endang bikin cake ini dengan cara di oven, kalo aku seperti biasa selalu mengandalkan HappyCall. Hasilnya berbeda ma yang Oven atau Kukus. Menurutku kalo pake HappyCall lebih padet teksturnya, bukan bantat loh yak. Menurutku sih lebih moist kalo dikukus. Karena aku belom ada kukusan, ya pake HC aja deh. Lagi pula kasian si HC keseringan kucuekin melulu sampai berdebu di pojokan. Hehe.

Langsung ke resep aja yak. Selamat mencoba... :)


BANANA CAKE
(resep By JTT)

BAHAN:

 - 2 buah pisang, haluskan dengan garpu. Jangan pake blender, supaya cake bertekstur pisang.
 - 2 butir telur
 - 50 gram gula pasir
 - 100 gram tepung terigu protein sedang, ayak
 - 60 gram mentega, cairkan. Aku menggunakan margarine
 - Keju parut sesuai selera, untuk taburan

CARA MEMBUAT:

Panaskan  Oven atau HappyCall.

Siapkan wadah mikser. Kocok telur dan gula pasir. Kocok dengan kecepatan rendah sampai telur dan gula pasir tercampur rata. Kemudian naikkan speed yang paling tinggi. Kocok sampai mengembang, berwarna putih pucat, kental dan berjejak. matikan mikser.

Selanjutnya masukkan tepung terigu. Aduk dengan spatula. Jangan mengaduk terlalu lama akan mengakibatkan cake yang bantat. Setelah rata, masukkan pisang yang sudah dihancurkan. Aduk rata. kemudian masukkan mentega cair sedikit demi sedikit. Pastikan aduk secara merata.

Siapkan loyang, olesi dengan mentega dan sedikit tepung. Atau bisa juga menggunakan alas kertas roti. Tuangkan adonan ke dalam loyang. Siap dipanggang.


Panggang sekitar  40 menit. Baik oven atau menggunakan HappyCall waktunya tetap sama. Tetep harus di lihat berkali-kali yak untuk menghindari overcook. Tanda kalo cake matang dengan menusukkan tusuk gigi, jika gak ada adonan yang menempel, itu tandanya cake sudah matang. Keluarkan dari oven/HappyCall. Tunggu hingga dingin. Olesi margarine/mentega, kemudian taburi dengan keju parut. Hmmmm.. So Yummyy..


Selamat mencobaaa... :)

14 komentar:

  1. Gampang bgd ya mbk. Bahannya jg mudah didapetin. Pgn prakteklah, tp blm punya peralatannya.

    BalasHapus
  2. ih kayaknya mudah untuk dibikin nih mau coba ah :D

    BalasHapus
  3. rasa manis acmpur keju yg gurih , jadi enak ya, campuan yang bagus

    BalasHapus
  4. waaa kejunya melimpah ruah gitu
    paduan rasa sama pisangnya pasti endesss
    bikin usaha mbak
    laku itu....

    BalasHapus
  5. Mbaa klo cake pisang harus jenis pisang yg apa ya? Katanya nggak smua pisang cocok kan �� duh menggoda banana cakenyaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Katanya sih begitu mbak.. sayangnya pisang yang aku tahu cuma cavendish sama yg pisang buah itu loh yg biasa ada di nasi kotak.. selain itu gak tau jenis2 pisang.. hehehe..

      Aku lebih sering pake cavendish atau yang pisang buah itu mbak.. bahkan kata orang gak cocok buat dibikin pisang goreng.. kalo aku mah cocok2 aja, malah lbh enak goreng pisang pake cavendish atau pisang buah.. soalnya aromanya lebih nampol..

      Hapus
  6. Ih enak. Kejunya banyak. Biasanya aku bikin nggak pakai keju. Jadi pengen bikin kasih keju seperti ini.

    BalasHapus
  7. Aaak ngileeeeeeer. Selalu suka makanan yg ada keju kejunyaaa. Makasih sharingnya ya mbaaak. Pengen coba makaan. Salam, muthihauradotcom

    BalasHapus