Jumat, 19 Januari 2018

NOBAKE STRAWBERRY CHESSECAKE / CHEESECAKE TANPA OVEN TANPA KUKUS


Hai Semuaa...

Assalamualaikum Wr Wb

Yeeeeeyyy... Sehari 2 postingan. Bisa tasyakuran ya nanti malam, pas banget hari Jumat, hehehe. Cake ini adalah project kedua aku dalam perbankingan di awal tahun ini. Sebenarnya masih malas untuk bebikinan seperti ini. Hanya saja, 4 hari lalu adalah Ultahnya Pak Lelaki Surga. Pake lupa tanggal pulak. Aku kira masih besoknya. Untung ada seorang teman yang ngingetin. Sebenarnya aku kemaren liat tanggalan tahun berapa sih, kog bisa sampe salah hari. Lebih baik telat daripada gak sama sekali donk ya, hehehe. *gak mau disalahkan.

Chessecake ini sesimpel-simpelnya cake. Hanya butuh beberapa bahan, kocok-kocok, wollllaaaa... langsung masukkan dalam chiller. Chiller loh ya bukan freezer. Sayangnya bahan cake ini agak susah didapatkan dan sedikit mahal. Apalagi kalo tinggal di "daerah" *pengalaman pribadi. Kalo di kota mah gampang banget, tinggal pergi ke Supermarket, tinggal ambil dan bayar. Untuk membuat 1 loyang ukuran 16cm ini, aku mengeluarkan duit Rp 100.000,- sampai Rp 150.000,-. Mahal gaknya mah relatif yak. Kalo bagiku mah mahal. *emak-emak sihh, sukanya yang under 50rb. hehehe.


Jujur, aku kurang puas dengan hasilnya. Kenapa? Karena aku melakukan beberapa kesalahan. Pertama, aku kebanyakan ngasih mentega di adonan lapisan crust. Jadi hasilnya keras, dan susah dipotongnya, harus pake pisau dan menakan sekuat-kuatnya. Dan yang kedua, dengan PDnya aku memasukkan 1 bungkus adonan whipping creamnya. Biasanya aku beli Whipping cream yang cair. Kemaren beli yang bubuk, bingung nakarnya, ngasal langsung aja campur semuanya. Malah kebanyakan ternyata. Kesalahan ketiga, setelah adonan whippingcream dan cream cheesenya dicampur, pas aku cicipin kurang ngeju. Aku masukkin deh keju cheddar parut. Malah hasil jadinya eneg euy. Kesalahan keempat, aku beli selai strawberry yang kiloan. Seharusnya di rebus dengan sedikit air sebentar biar gak kental banget. Eeeee.. aku langsung semprot aja di atas chessecakenya. Hasilnya ya semakin eneg.

Tapiiiii... respon Pak Lelaki Surga enak loh. Entahlah enak beneran atau kalo bilang gak enak takut istrinya murkaaa. Hehehe. Aslinya cake ini enak loh. Sumpah. Aku udah pernah beberapa kali bikin cake ini saat aku masih tinggal di Jambi. Enak ngeeeeeeeeettzz. Mungkin, kemaren aku kena apesnya. 

Okeeee... Aku kasih beberapa tips supaya gak kejadian hal yang sama denganku di atas yak.
  • FOKUS. kemaren aku kurang fokus sih. karena udah panik duluan kalo hari itu adalah ultahnya Pak Lelaki Surga. Jadi sebelum pak Lelaki Surga pulang dari kantor, harus udah ready cakenya.
  • Menghancurkan biskuit bisa menggunakan blender atau food procecor, atau bisa pake ulekan yang seperti aku lakukan. kalo pakai ulekan aku sarankan dilapisi plastik yak. Itu ulekan kan bekas sambal. Nanti malah ada rasa pedas-pedasnya, hehe.
  • Gunakan mentega atau butter yak, bukan margarine. Karena kalo pake margarine hasilnya jadi asin. Dan kurang enak menurutku.
  • Aku saranin gunakan whippingcream yang cair. Ada banyak merek sih. Salah satunya adalah Anchor. Bdw ada ukuran 250ml loh. Jadi bisa sekali pakai.
  • Cara mencairkan mentega, panaskan panci, masukkan mentega. Kemudian angkat panci dan goyang-goyangkan. Kalo dirasa panci udah panas, matikan api kompor, dan biarkan mentega meleleh sendiri. Jangan menunggu mentega meleleh dulu baru matikan api kompor. Karena kemungkinan bisa membuat mentega menjadi gosong.
  • Saranku sih, gunakan selai yang bermerek dipasaran. Hasilnya akan lebih endesssssss dan praktis, gak perlu direbus dengan sedikit air. Tapi kalo ingin murahnya, ya beli di toko bahan kue. Selai strawberry kiloan, tapi sebelum digunakan rebus terlebih dahulu dengan dicampur sedikit air.


  • Untuk mencetak remukan biskuit di loyang, bisa dengan bantuan gelas yang bagian bawahnya rata. Kalo aku lebih suka pake jari jemari karena pinggiran loyangku ada lengkungannya. Ribet kalo pake gelas. Kalo pake jari malah feelnya dapet. Hehehe.
  • Untuk loyang, lebih gampang loyang yang bongkar pasang. Jadi mengeluarkan cake dari loyang lebih gampang. Gak ngasal "ditumplekke" . Kalo kalian pake loyang biasa, mau gak mau harus dipotong2 terlebih dahulu baru bisa dikeluarkan dari loyang.

Resepnya adalah.... jeng jeeeeeennngg...



NO BAKE STRAWBERRY CHEESECAKE
(Resep by Intadidapur)


BAHAN CRUST:

 - 1 bungkus (140gr) biskuit apa saja, aku pake regal, hancurkan. Bisa menggunakan blender atau pake ulekan.
 - 30 gram gula kastor
 - 85 gram mentega/ butter

BAHAN CHEESECAKE FILLING:

 - 227 gram Cream Cheese temperatur ruang.
 - 50 gram gula kastor
 - 1 sdt vanila ekstrak
 - 240 ml heavy whipping cream
 - 1 sdt perasan jeruk lemon, atau jeruk nipis (tambahan dari aku)

BAHAN TOPING:
Selai Strawberry

CARA MEMBUAT:

Biskuit yang sudah dihancurkan, campur dengan semua Bahan Crust. Aduk rata.

gak dibungkus plastik karena lupa. Asal kepruk aja. Untung gak ada aroma sambal, hehe.


Siapkan loyang, kalo bisa loyang bongkar pasang. Olesi dengan sedikit mentega. Masukkan adonan biskuit ke dalam cetakan. Ratakan.




Kemudian, tutup dengan plastik wrap. Simpan dalam kulkas.

Cheesecake filling:
Mixer cream cheese sampai halus. Jangan over mix yak. Tambahkan gula sampai adonan menjadi fluffy.

Siapkan wadah yang lain. Masukkan vanila, gula, dan whipe cream. Mixer sampai mengembang dan softpeak. Kemudian campurkan whipecream ke dalam creamcheesse. Masukkan sedikit demi sedikit sambil diaduk rata. Kuncuri perasan lemon. Aduk rata.


Keluarkan crust dari kulkas. Tuang adonan filling ke atas crust. Ratakan. Beri toping selai strawberry. Ratakan. Masukkan kembali ke dalam chiller. Diamkan beberap jam kemudian. Lebih baik didiamkan semalaman. Selamat mencobaa...

12 komentar:

  1. Resepnya mudah nih mba. Penasaran mau nyoba karena ada biskuitnya :)

    BalasHapus
  2. kalo gak ada mixer pake kocokan jg bisa kan ya? pengen nyoba jg nih mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Duh mbak.. gak yakin sih aku,. Tapi dicoba dulu lah ya. Kalo berhasil, cerita2 yak. :)

      Hapus
  3. Saved!! :D. Kalo ada resep kue yg ga perlu baking2, aku sukaaa niih. Bisa dibikin jadinya. Apalagi kalo berbau keju2an :D. Udh kliatan enak mbaa.. Kyknya gampil juga ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kita hampir sama, soalnya aku belom punya oven dan kukusan. mentok pake happycall, hehe.

      Silahkan dicoba mbaak.

      Hapus
  4. Oww ini semacam pie tapi kulitnya dari biskuit ya. Asyik lah no oven karena oven rusak dan belum ada gantinya, haha... Di samping saya memang kurang suka baking kue gitu :D

    BalasHapus