Selasa, 03 April 2018

PISANG GORENG NUGGET


Hai semuaa...

Assalamualaikum Wr Wb

Maafkan postingan kali ini telat, dikarenakan ada beberapa agenda mendadak di beberapa hari ini. Ditambah stok tulisan juga pas abis. Kesalahanku juga sih kenapa gak bikin stok. Auufftthh..  Ngapunten nggih.

Cemilan kekinian yang lagi ngehits euy. Cemilan jaman now. Nugget Pisang. Pertama kali aku kenalan ama nugget pisang pas tiba-tiba ada seorang teman yang nyodorin sekotak cemilan. Awalnya gak tau tuh cemilan apaan, dan aku gak sempet nanya juga sih. Pas udah masuk perut, langsung aku ngasal nebak "nugget pisang ya?". Eeee bener, padahal itu pertama kali aku makan nugget pisang loh. Wiiihh... Indra perasaku ternyata ketje badai ya. Hehe.

Bikin nugget pisang menurutku agak ribet sih. Karena prosesnya 2x pematangan. Kukus dan goreng. Tapi untungnya, cara bikinnya cepet dan gak ribet. Bahannya pun gak terlalu banyak. Aku nyontek resep di youtube channelnya Cheff Yuda Bustara dengan beberapa bahan yang aku tambahi sendiri.


Rasanya gak terlalu manis karena aku pake gula pasirnya cuma 1 sdm doank. Aroma pisangnya muantap. Untuk teksturnya perasaanku kug malah mendekati kayak cake? Mungkin aku ngasih tepungnya kebanyakan. Harap maklum, karena aku sok pintar, jadinya pake ilmu kira2.

Cekidoooott...


NUGGET PISANG JAMAN NOW
(Resep By Cheff Yuda Bustara)

BAHAN:



- 2 butir telur
- sejumput garam
- 1 sachet vanili bubuk
- 1 sdm gula pasir
- 100 gr tepung terigu
- 1 sachet susu bubuk
- 5 buah pisang, kupas

TABURAN: Coklat meses dan keju

CARA MEMBUAT:
Panaskan kukusan yang sudah terisi air sampai air mendidih.

Siapkan blender. Masukkan semua bahan, kemudian blender sampe semua tercampur rata. Gak usah lama2 lah. (Bisa juga cuma pake garpu dijemek2 dalam mangkuk).

Siapkan loyang atau wadah. Olesi dengan mentega atau minyak goreng sedikit (bukan bekas loh)

Tuangkan adonan ke dalam loyang. Masukkan loyan ke dalam kukusan. Tutup panci dengan dilapisi kain. Kukus 45 menit dengan api kecil. Cek kematangan dengan tusuj gigi ditusukkan ke dalam adonannya. Jika gak ada yang nempel di tusuk gigi, tandanya itu sudah matang.

Selagi menunggu nugget dingin. Siapkan wadah. Tuang tepung terigu campur sedikit air, aduk rata. Siapkan wadah yang lain juga untuk diisi dengan tepung panir.


Nugget udah dingin. Potong2 sesuai selera. Celupkan ke dalam adonan tepung, olesi dengan rata. Kemudian letakkan di atas tepung pabir, taburi secara merata. Lakukan sampai nugget habis.

Panaskan minyak dalam wajan. Goreng nugget sampai berubah warna. Hati2, karena tepung panir cepat gosong. Goreng sampai nugget abis

Hidangkan nugget pisang dengan taburan sesuai selera. Kalo aku masih tetap setia dengan keju dan coklat meses. Syukur2 kalo kalian punya coklat leleh, lebih endess ituuu.

Bdw nugget pisang yang belum digoreng bisa disimpan di dalam frezer. Katanya sih isa bertahan mpe 3 bulan. Kalo aku mah, belom 3 jam udah habis. Hehe.

Selamat Memasak.. :)

16 komentar:

  1. Ini enakkkk emang lebih puas bikin sendiri, hasilnya banyak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak.. tapi kalo malesnya kumat ya mending beli deh.. hehe

      Hapus
  2. Save resepnya :D beda sama yg biasa saya bikin jd penasaran, terima kasih mba.

    BalasHapus
  3. Kreatif bgt mb mitha
    Saya taknyobain resepnya ah
    Soalnya kebetulan lagi nimbun pisang banyak banget, daripada keburu lodong mending takbikin gini deh, hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai mbak Gustyanita.. silahkan dicoba resepnya..

      Hapus
  4. Kelihatannya simpel ya, tapi saya lebih suka pisang goreng tepung biasa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang klasik itu lebih jawara yak mbak mutie..

      Hapus
  5. Enak banget nih cemilan ...
    Wajib dijajal 😉

    BalasHapus
  6. aku suka banget nih dengan pisang nugget, di Bengkulu sedang tenar-tenarnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai kak Zefy.. bikin sendiri aja lebih buanyak dan puass.. hehe..

      Hapus
  7. Ah saya baru tau ternyata pisang naget harus dihancurin duluuu. Jadi pingin bikin sendiri. Makasih infonya mbaaa :D

    willynana.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Fransusca, salam kenal..

      Silahkan dicoba.

      Hapus
  8. jadi pengen kann, hits banget dah ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai mbak ainun. Salam kenal.
      Terimakasih sudah mampir. 😊

      Hapus