Senin, 26 Maret 2018

BUBUR (KOLAK) KACANG HIJAU


Hai semuaa...

Assalamualaikum Wr Wb

Eeiihh... Kolak lagi kitak. Sebelumnya Kolak Roti Tawar. Jangan bosen dengan perkolakan yak.

Beberapa hari yang lalu dapat rejeki dari seorang teman bubur kacang ijo semangkuk. Alhamdulillah istri sholehah ya. Aamiin. Gara2 bubur kacang ijo temenku itu, mengingatkanku akan kacang ijo yang nyempil di pojokan lemari. Tu kacang ijo dah nyempil berapa tahun yak? *Waduuh. Insyaallah masih aman, lhawong belinya fresh dari pohon. Ada yang nanam kacang ijo di lahan kosong di area perumahanku. Yasudah deh, kubeli setengah kilo. Sekarang ternyata tinggal seumprit, lumayan lah yaaa.

Aku bikin bubur kacang ijo selalu dengan resepku ini. Yang simpel dan gak pake santan. Sumpah deh, ini simpel banget. Aku sampai lupa, ini bubur kacang ijo atau kolak kacang ijo? Hmmmm. Terserah lah, yang penting judulnya kacang ijo.

Kacang ijo ala aku ini seger banget loh, dan gak gampang eneg. Ihhh, pokoe mah isa nambah terus iki. Cuma bermodal kacang ijo, daun pandan, air, jahe, dan gula pasir doank. Di rebus, jadi deh. Bheeehh... Seger ciin.

Ouw iya, aku lebih suka kacang ijo yang agak keras dikit. Jadi gak mpe pecah-pecah gitu. Kebanyakan orang kalo masak kacang ijo kan ancur yak kacang ijonya, pas dimakan berasa makan kulitnya doank.

Tipsnya supaya kacang ijo cepet matang, rebus kacang ijo dengan air. Jangan langsung dicampur dengan gula. Karena, kalo langsung pake gula, pematangan akan lebih lama.

Langsung Cekidoooot.


BUBUR KACANG HIJAU aka KOLAK KACANG HIJAU
(Resep By Myself)

BAHAN:
- 100gr kacang hijau, cuci bersih, rendam dengan air minimal 1 jam
- Air sesukanya lah ya
- 2 lembar daun pandan
- Sejumput garam
- Gula pasir sesukanya
- 2 ruas jari telunjuk jahe, geprek

CARA MEMBUAT:
Rebus kacang hijau dengan air, jahe, dan daun pandan sampai kacang hijau matang. Kemudian beri sejumput garam. Lanjut dengan gula pasir. Cicipin. Kalo rasa sudah pas, matikan api kompor, santap selagi hangat. Hmmmmm.. perpaduan aroma jahe, kacang ijo, dan daun pandannya menggodak dehhh.

Selamat mencobaaa. So yummmmyyy.

9 komentar:

  1. Syuuuka banget nih sama perkacanghijauan hehe. Kalau saya biasanya dibikin es mambo, soalnya suami suka bgt gigitin es mambo hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah.. seger itu ya mbak.. kalo aku lebih suka es mambo rujak.. pedes2 segerrr...
      Salam kenal mbak Lina Astuti.. :)

      Hapus
  2. tanpa sanatn? aku belum pernah kalau tanpa santan, kalau pakai santan kan gurih ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo menurutku lebih segeran gak pake santan.. kalo mau ada rasa gurih2nya tinggal tambahin garam agak banyakan..

      Hapus
  3. Jadi teringat dulu aku tinggal di mess tempat kerja ...
    Tiap paginya kami selalu disediain bubur kacang ijo tanpa santan.
    Katanya sih biar pada sehat terus ... hehehe ... tapi bener juga sih, jadi ngga gampang kena sakit.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wiiih... Hebat.. soalnya gak pake santan, jadi gak gampang eneg ya. Kalo tiap hari juga mah bosen sih. Hehe

      Hapus
  4. Aku kalo masak ini jahe selalu aku skip :p. Ga suka blasss ama jahe soalnya :p.. Trus kalo udh jd, dikasih susu kental manis dikit, biar gurih dan manis :D.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kita kebalikannya mbak fanny. Aku malah gak doyan susu. Doyan sih, cuma susu coklat doank, itupun yang susu cair. Kalo kental manis entah kenapa aku geli2 gimana gitu ngliatnya. *Tepok jidat

      Hapus
  5. Kalo aq mbak... habis di rebus trus diblender deh.. jadi tinggal makglek hehehe... salam kenal mbak..

    BalasHapus