Selasa, 09 Januari 2018

SAYAP AYAM GORENG SEDERHANA

 

Hai Teman-teman...

Assalamualaikum Wr Wb

Setiap pagi, kalo aku buka Instagram, hmmmm... dijamin pasti isinya adalah foto hasil masakan emak2 untuk bekal bapak suami. Nah aku? Paling yo baper sambil mbathin "kapan box makan yang baru aku beli kemaren terpakai?".

Biar gak baper, aku pamer dikit lah ya hasil sarapanku pagi ini. Sayur sup, sayap ayam goreng, kerupuk, dan gak lupa sambalnya. Yang spesial dari menu itu adalah ayam gorengnya yang dibumbui dengan bumbu sederhana dan penuh dengan cintah. Ayam goreng ini favoritku, karena simpel bikinnya dan gak butuh bumbu yang beraneka ragam macamnya. Apalagi pake 11 bumbu rempah ala KFC ituh. Rempong bener ciiinn. Itu 11 bumbu apa aja yak?.

Sayap ayam goreng ini juicy so yummyy. Meskipun gak juicy banget sih, tapi lumayan lah yak. Soalnya gorengnya manual. Setahuku kalo juicy geto kudu di oven yak, (iya gak sih?).

Tipsnya nih,

1. Pilih ayam potong bagian sayap. Kenapa? Karena sayap ayam kan kecil dan tipis jadi pas di goreng matangnya merata. Kalo yang gede, ditakutkan luarnya udah matang dalamnya masih mentah.

2. Pastikan sayap yang dibeli dalam keadaan segar. Tanda ayam yang segar adalah kalo dagingnya ditekan kemudian kembali semula. Baunya segar, gak yang bau amis aneh. Warnanya agak kekuning2an cerah. Kalo warnanya udah pucat agak kehitaman/keabu-abuan berarti perlu diragukan.

3. Gunakan wajan anti lengket. Kalo sampai lengket hancurlah tu sayap ayam. Gak jadi bikin sayap ayam goreng, malah jadi orek-orek sayap ayam. Hehehe.

4. Goreng dengan minyak yang gak terlalu banyak. Gak sampai merendam sayap ayamnya. Kalo sampai terendam menurutku kog malah kurang juicy.

5. Cara menggorengnya, kalo sisi satu udah matang dan berubah warna jadi kekuning-kuningan, balik ayam ke sisi satunya. Cukup sekali balik. Kalo keseringan bolak balik membuat sayap ayamnya berminyak. Gorengnyapun jangan terlalu lama. Karena kalo kelamaan membuatsayap ayam jadi kering. Dan hasilnya garing tanpa juicy.

Selanjutnya langsung ke resep. Cekidooottt.


SAYAP AYAM GORENG SEDERHANA
(Resep By Myself)

BAHAN:
 - 500 gram sayap ayam, potong jadi 2 bagian, buang bagian sayap ujung, cuci dengan jeruk nipis dan garam. Bilas dengan air bersih.
 - 1/2 buah perasan jeruk nipis
 - 1 sdt garam
 - 1/2 sdt kaldu bubuk (opsional)
 - 1/2 sdt lada bubuk
 - sedikit air. Sedikiiitt ajah.

CARA MEMBUAT:
Lumuri sayap ayam dengan semua bumbu. Aduk rata. Diamkan selama kurleb 30 menit.

Siapkan wajan anti lengket. Panaskan minyak goreng secukupnya. Goreng sayap ayam sampai sisi satu berubah warna kuning kecoklatan. Kalo sudah matang, balik ke sisi satunya lagi. Goreng mpe matang. Tiriskan.

Sayap ayam goreng siap disantap. Bisa juga buat cemilan loh. Dulu pak Lelaki Surga doyan banget ngemil beginian.


Selamat mencoba teman-teman. Semoga cocok dengan hasil masakanku ini yang sangan sederhana. Gud Luck.. :)

16 komentar:

  1. lebih enak lagi kalau di bumbui bawang putih halus bunda, itu kalau saya buat sendiri dirumah.

    BalasHapus
  2. Anak saya kebetulan juga suka ayam, kalau sayam di masak kayak gini kyknya enak juga nih mbak

    BalasHapus
  3. Halo Mak, mampir karena ngiler ngelihat ayamnya hehe.
    Kayaknya enak banget ya Mak itu sayap ayam, sayangnya sekarang udah ga bisa makan itu lagi sejak pernah kena kista dan katanya salah satu faktor pemicunya itu :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. E e e e... sayap pemicu kista? Aku baru tahu loh mbak. Duh langs googling aku. Makasih loh mbak infonya..

      Hapus
  4. ngiler liatnya meski sederhana :)

    BalasHapus
  5. Tips gorengnya sangat bermanfaat mbak .... mantap

    BalasHapus
  6. Saya jarang banget beli daging ayam sendiri, 8 tahun nikah cuma 3 kali beli daging ayam sendiri.
    Kalau liat bekal2 di IG itu jadi kepingin buat ya mbak. Cantik2 menggiurkan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh... Kenapa itu jatang beli daging ayam..? Pada kurang doyan yak?

      Hapus
  7. Saya jg kalau bikin sendiri, lbh suka sayap ;)

    BalasHapus
  8. Paaaraah.. Kalo udh sayap ayam begini, aku bisa ga inget udh makanin brp potong hahahaha.. Makanya jrg di rumah masak begini mba :D. Apalagi kalo bumbu olesannya manteppp, uwaahhh lupain diet itu :D

    BalasHapus