Senin, 21 Juli 2014

SOSIS BERTEPUNG


Hai semuaaaa....

Assalamualaikum Wr. Wb

Waaaaa..... gak terasa seminggu lagi sudah lebaran. Asiikk asiiikkk. Lebarannya sih asik asik aja. Tapi gak enaknya beberapa minggu kemudian harus kembali ke "hutan" lagi. Selama bulan puasa baru kali ini aku posting resep baru. Yaaa maklum laaahh... kalo dah mudik gene gak pernah masak, paling cuma bantu iris-iris doank. Gak mikir menu juga, tinggal hleep, kenyang deh, hehehe. Ini sebenernya menu buka puasa hari ke dua. Maaf baru sempet posting sekarang, soale kemaren di pusingkan oleh moll-moll yang menggiurkan jiwa raga ini. So udah lupa tuh yang namanya gaweanpawon. Ini munpung nganggur di rumah mertua, dan bingung mau ngapain, yasudah menyibukkan diri dengan "HP dudul" di kamar sendirian. Tau ndirilah, kalo di rumah mertua gimana rasanya. Serba salah, dan pekiwuh.

Menu ini, dapet inspirasi dari mbak Diah Didi kempot, ups... gak pake kempot dink... hehehehe. Banyak resep-resep yang ku dapat dari beliau. Sangat membantu bingit. Apalagi beliau asli Jogja, yaaaaa.... nyrempet-nyrempetlah sama solo. Aku mendapatkan banyak menu-menu khas jawa tengah, khususnya jogja solo semarang dari beliau. Beruntung bingit aku menemukan webnya. Secara aku ada di kota yang gak mudeng masakan jawa. Kalo pas aku pengen makanan jawa ya kudu bikin ndiri. Maksih banyak yak mbak diah didi. loph u loph u. :D

Kalo sosis ini, bukan termasuk masakan jawa loh yaaa. Aku menyebutnya dengan masakan mallez. Lauk sosis, sambal terasi, ma lalapan. Wis kuwi thok. Ada rasa heran dengan sosisku ini, tulisannya sosis ayam, tapi warnanya kug merah. Hmmmmm....setauku sosis ayam warnanya ya kayak ayam. Atau akunya yang terlalu oon yak. Tuing tuing tuing.



Itu tuh penampakannya. Buat cemilan sambil nonton TV juga cucok booo. Cocol pake saos mayonise. Nyummmyyy.. duiihhh... jam mana jam mana (maghrib masih lama). Yang ini, sosisnya aku cocol dengan sambal terasi. Mantaaapphh. Kebetulan masih ada stok sambal terasi dikulkas. Aku kadang setok sambal terasi sendiri di kulkas. Bukan sambal terasi instan loh yaaa. Sudah menjadi kebiasaanku kalo bikin sambal terasi dengan jumlah yang buanyak. Soale males aja kalo setiap hari kudu nguleg-uleg bikin sambal terasi. Kalo di stok di kulkas kan tinggal ambil. Bisa lumayan tahan lama kug. Kemaren sempet seminggu ku simpan di kulkas masih baik-baik saja. Masih enak, apa lagi sering di angetin kan tambah enuk (kebiasaan wong jowo). Sempet sambal terasi menjadi musuhku. Soale aku selalu gagal bikinnya, gak tau kenapa. Padahal sudah nyontek sono sini, tetep aja gatot, baru sambal terasi ala mbak diah didi (lagi) yang membuatku berhasil bikin sambal terasi. Sekali lagi, terimakasih mbak Diaaahh... ;)

Langsung ke resep aja yak kalo begeto. Selamat mencobaaaaa....

SOSIS BERTEPUNG (resep asli di sini )

BAHAN:
 - 250 sosis sapi atau ayam
 - Putih telur 1 butir (aku pake 1 butir telur, kocok lepas, campur dengan susu cair 5 sdm)

Bahan lapisan :
Tepung bumbu isntan atau tepung bumbu racikan sendiri ( tepung biasa yang ditambah bumbu kaldu, merica . bawang putih bubuk..dll )
( Tepung bumbu instan yang ku rekomendasikan buat  sosis krispi  ini : Tepung bumbu Sasa KFC..enak..nggak terlalu asin dan hasilnya renyah ) --> aku pake tepung bumbu sasa KFC (menurutku sudah terbukti enak)

Cara Membuat :
Iris sosis serong setebal kira2 1 cm, celup ke kocokan telur, dan gulingkan ke tepung pelapis sambil di cubit2 supaya tepungnya menempel sempurna dan tebal. Goreng hingga renyah. Sajikan dengan saus atau sambal sesuai selera.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar