Selasa, 07 Juni 2016

RUJAK KANGKUNG/ PLENCING KANGKUNG SOLO/ BRAMBANG ASEM


Hai semuaaaa..

Assalamualaikum Wr Wb

Rujak kangkung, kalo aku nyebutnya sebagai plencing kangkung (bahasa Solo poenya). Sempet search google dengan kata kunci "plencing kangkung", ternyata bukan plencing kangkung yang aku maksud. Mulai bingung deh, gak sengaja nemu salah satu blog, dan aku lupa blog apa dan punya siapa (maaf yak), dia menyebutnya sebagai rujak kangkung. Langsung aku search google dengan kata kunci "rujak kangkung", dan eng ing eeeng, ternyata bener, plencing kangkung yang aku maksud bahasa endonesahnya rujak kangkung, hehehe.

Rujak kangkung ini salad favoritku. Mbokku tau banget kegemaranku satu ini. Dibeliin plencing kangkung dengan pedasnya yang level busyet. Ngemil plencing kangkung ditemani dengan tempe gembus bacem, dimakan pas siang-siang bolong, endeeeeeesss book. Saking endesnya, Lelaki surga minta dipijit, numpang lewat deh.. Anggap angin lalu. Hahahaha...

Sayangnya, sekarang udah jarang ada yang jual begeto-begetoan. Terakhir mudik kemaren, udah susah nyari plencing kangkung. Biasanya ada seorang ibu2 yang selalu lewat depen rumah tiap hari, aku tunggu-tunggu kog gak kunjung lewat. Kata Mbokku udah gak jualan lagi, karena faktor usia. Kata Mbokku juga, masih ada yang jual plecing di pasar, dan satu-satunya di pasar. Itupun bukanya mendekati zuhur. Aku udah ke TKP jam 12 sing-siang, ternyata zonk. Gilak, udah nahan panas pake binggo ternyata zonk. Daripada nyesek, masuk warung bakso aja lah, geeerrrr..


Sekarang mah aku bisa bikin ndiri. Kalo lagi pengen tinggal bikin. Asseeeekkk.... Lelaki surga mah doayan-doyan aja. Apa sih yang gak didoyani Lelaki surga. Warteg langganan dia waktu jaman dia masih kuliah dan menjadi anak kos, katanya enak binggo. Aku incipin.. enak dari manaaaaaa??? lha wong gak enek rasane blaz... eeeerrrgghhh.... parah parah parah. Teruz ada juga buryam yang ramenya menggilak, jam 6 pagi itu udah abis, kalo beli pake antri panjang, ternyata jaoh jaoh jaoooooohhh dari harapan. Gak enak brooooooo.... selera anak kost dan mahasiswa itu tidak meyakinkan. maklumlaaah.. mereka kan nyarinya yang murah meriah dan dapet buanyaakkk porsinya. Mereka gak mikir rasa, yang penting murah dan kenyang. Yatho yathooo... hahahaha.. saya maklumi.. :D

Ups, langsung ke resep aja yak... 



RUJAK KANGKUNG/ PLENCING KANGKUNG SOLO/ BRAMBANG ASEM
(resep by modifikasi sendiri)

BAHAN:
 - 1 ikat kangkung, petikin dan cuci bersih, kemudian rebus atau kukus

BAHAN HALUSKAN:
 - 5 buah cabe rawit merah/ sesuai selera, makin pedas makin endesss
 - 1/2 sdt garam
 - 100 gr gula merah (dikira-kira ndiri aja yak)
 - 50 ml air larutan asam jawa kental
 - 1/2 sdt terasi bakar

CARA MEMBUAT:
Haluskan semua bahan yang dihaluskan. Jangan lupa incip incip, rasanya pedas asam manis (duh  aku mpe meler). Kalo rasa udah pas, campur bumbu dengan kangkung yang sudah direbus/dikukus. Enak juga disajikan bareng nasi hangat dan tempe gembus bacem/goreng.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar