Rabu, 11 Februari 2015

JAMUR GORENG CRISPY



Hai semuaaaa...

Assalamualaikum. Wr. Wb

Akhir-akhir ini cuaca mendung, biasanya meskupin musim hujan tetep aja panas. Musim hujan gak berlaku di sini. Yang ada musim mendung, dan musim panas. Mendungpun cuma beberapa hari doank. Jadi kangen hujannya njowo. Hehehehe.

Kalo dah mendung-mendung gene otomatis mata dah pengennya mejam teruz. Sekarang ney, lagi merem melek nahan ngantuk. Kalo ditekatin tidur sekarang... Hmmmmmm.... Ngalamat deh. Dapur gak ngepul. Makanya posting aja di blog. Eeeee... Malah bingung mau nulis apa lagi Hehehehe.

Ouw iya... Jangan remehin jamur lhoh yak. Ney aku copy'in manfaat jamur merang (sumber: myz0ne.wordpress.com)

Ternyata banyak sekali manfaat yang dapat kita peroleh darinya.

JAmur merang kaya akan protein, sebagai makanan anti kolesterol, dan menurut penelitian jamur juga dapat digunakan untukmengobati kanker.

Dari hasil penelitian Departemen Sain, Kementerian Industri Thailand, jamur tiram (Oyster mushroom) mempunyai kandungan: protein 5,94 persen, karbohidrat 50,59 persen, serat 1,56 persen, lemak 0,17 persen, abu 1,14 persen. Per 100 gram jamur tiram segar, mengandung 45,65 kalori, 8,9 miligram (mg) kalsium, 1,9 mg besi, 17,0 mg fosfor, 0,15 mg vitamin B-1, 0,75 mg vitamin B-2, dan 12,40 mg Vitamin C. Jamur juga mengandung folic acid yang cukup tinggi, konon mampu menyembuhkan anemia.

Sebagai perbandingan, tempe yang terbuat dari kedelai yang kaya serat dan juga sebagai sumber berbagai nutrien seperti calsium, Vitamin B, dan besi, mempunyai kandungan sebagai berikut: kalori 204, protein 17 gram, lemak 8 gram, karbohidrat 15 gram, calium 80 mg, Fe (Besi) 2 mg, dan Zn 0,2 mg.

Bisa dibandingkan dengan daging ayam yang kandungan proteinnya 18,2 gram, lemaknya 25,0 gram, namun karbohidratnya 0,0 gram dan Vitamin C-nya juga 0,0 gram. Maka, kandungan gizi jamur masih lebih komplet sehingga tidak salah apabila dikatakan jamur merupakan bahan pangan masa depan.

Kalo mau lebih jelasnya googling aja yak.. Hehehehe... Langsung aja ke resep... Cekidoooooottt... Selamat mencoba...




JAMUR GORENG CRISPY
(Resep by modifikasi sendiri)

BAHAN:
 - 200 gram jamur merang, cuci bersih, peras secara pelan2, tiriskan
 - 4 sdm tepung terigu serba guna
 - 1 sdm tepung tapioka/maizena/sagu
 - 1 sdm susu bubuk
 - 1/2 sdt garam
 - 1 sdt kaldu bubuk instan
 - 1/2 sdt lada bubuk
 - 1 siung bawang putih, haluskan
 - air secukupnya

CARA MEMBUAT:
Campur semua bahan tepung, susu bubuk, garam, kaldu bubuk, dan lada. Aduk mpe rata.

Siapkan mangkik yang berbeda, masukkan 2 sdm adonan tepung. Beri bawang putih, dan air secukupnya. Adonan tidak terlalu encer dan tidak terlalu kental. Tambahkan sejumput garam. Aduk rata.

Masukkan 1 potong jamur (untuk percobaan rasa) di adonan cair, kemudian balur ke adonan tepung yang kering sambil dicubit-cubit kecil. Panaskan minyak goreng panas, dan banyak. Goreng jamur bertepung sampe matang dan berwarna kekuningan. Incip dulu. Kalo rasa sudah pas, lanjutkan mpe jamur habis. Sajikan selagi hangat bersama saos botolan atau sambal teeasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar