Jumat, 20 Februari 2015

BAKSO IKAN TONGKOL (gak kalah enak dengan bakso ayam dan bakso sapi)



Hai semua...

Assalamualaikum. Wr. Wb

Berhari-hari pusing mikirin ney fillet tongkol mau diapain. Masalahnya tinggal dikit doank. Kalo digoreng kug hasil jadine pasti dikit. Nekat ku goreng nanti dikira pelit. Akhirnyaaaa.... Aku bertekad bikin bakso ikan. Modal nekad, dan ikan tongkol. Kalo gak enak, yo emang rejekine si kucing. Hehehehe.

Kebetulan fillet ikannya paaaas banget masih beku. Kalo beku gene mempermudahkan untuk mblender. Bisa lebih halus. Gak berlaku untuk ikan doank, dagingpun bisa. Kalo ikan atau daging dalam keadaan gak beku, tinggal dikasih remukan es batu. Jangan banyak-banyak. Seperlunya aja. Kalo kurang halus, dan blendernya muternya berat, tambahin aja es batunya. Dikit-dikit aja masukin es batunya. Kalo kebanyakan malah jadi kayak bubur. 


Kalo mau tes rasa, rebus satu buletan bakso di air yang mendidih. Tunggu sampe baksonya mengapung. Angkat baksonya dengan saringan atau sendok. Biarkan dingin dulu. Baru di coba. Kalo kurang apa kasih bumbu lagi. Tes lagi. Sampe rasanya sesuai yang diharapkan. Kebetulan aku sekali tester langsung pas rasanya. Waaaaa.... Berarti feeling memasakku bagus nih. Hihihihi. #narsis.



Ouw iya. Aku gak tau pasti takaran resep bakso ikan ku ini. Soale yo ngasal. Menguji keterampilan masak memasak. Hehehe. Tepung sagu tinggal dikit. Ngasal ku masukkin semua. Ikannya pun aku juga gak tau berapa gramnya. Hehehehe.... Resep di bawah, resep kira-kiraku yak. Selamat mencobaa...

BAKSO IKAN TONGKOL
(Resep by modifikasi sendiri)

BAHAN:
 - 200 gram ikan tongkol fillet, blender dengan serpihan es batu secukupnya. Blender ikan mpe benar-benar halus.
 - 4 siung bawang putih ukuran kecil-kecil, haluskan
 - 5 sdm tepung tapioka
 - 1/2 sdt garam
 - 1 sdt kaldu bubuk rasa sapi
 - 1/2 sdt lada bubuk
 - 3 sdm telur kocok lepas

CARA MEMBUAT:
Siapkan wadah, masukkan ikan dan bahan yang lain. Aduk mpe rata. Siapkan panci berisi air banyak. Masak air mpe mendidih. Bentuk adonan ikan bulat-bulat. Aku pake 2 sendok makan untuk membentuk baksonya. Kalo mau bentuk yang lebih halus, gunakan tangan kiri. Ambil sesikit adona. Terus remas-remas dengan tangan mengepal. Adonan bakso saat di remas akan keluar di sela-sel jari telunjuk dan jempol. Nah di sela-sela itu usahan bikin bulatan bakso. Kemudian tangan kanan pegang sendok. Ambil adonan yang sudah terbentuk bulatan dengan sendok yang sudah dibasahi dengan air yang didihkan. Masukkan bulatan bakso di air rebusan. Lakukan mpe adonan habis. Tunggu mpe bakso mengapung semua. Ambil bakso dengan saringan. Bakso siap di hidangkan. Bisa di bikin bakso bakar, bahkan bisa di simpan di freezer.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar