Senin, 16 Februari 2015

STRAWBERRY SPONGE CAKE dan CREAM CHEESE LAYERED



Hai semuaaaa....

Assalamualaikum. Wr. Wb

Ini ceritanya gak strawberry asli yak. Cuma pake pasta strawberry doank. Jadi rasanya gak strawberry banget. Cuma nebeng nama ajjah. Hehehe. Cake ini lebih terasa keju dari cream cheesenya. Kalo mau pake puree strawberry monggo aja. Silahkan bereksperimen.

Selamat mencoba... :D

STRAWBERRY SPONGE CAKE dan CREAM CHEESE LAYERED
(Resep by jtt)

Bahan:
 - 225 gram tepung  terigu protein sedang atau rendah
- 2 sendok teh baking powder double acting dan pastikan fresh
- 225 gram mentega atau margarine lunak, suhu ruang, potong-potong menjadi ukuran kecil
- 225 gram gula pasir
- 4 butir telur ukuran besar

Cream cheese frosting (resep asli jtt)
- 140 gram cream cheese
- 3 sendok makan mentega
- 185 gram gula bubuk
- 2 sendok teh vanila ekstrak

Cara membuat:
Siapkan oven, set di suhu 165'C, saya menggunakan api atas bawah. Letakkan rak pemanggang di tengah oven. Siapkan loyang ukuran 20 x 20 x 10 cm, olesi permukaannya dengan margarine dan alasi dengan kertas baking. 

Jika anda tidak menggunakan kertas baking maka setelah diolesi margarine, taburi permukaannya dengan tepung terigu, kemudian balikkan loyang dan ketuk-ketukkan untuk membuang kelebihan tepung. Sisihkan.

Siapkan mangkuk besar, masukkan tepung terigu dan baking powder dengan cara diayak. Tambahkan mentega, gula pasir dan telur. 

Dengan menggunakan mikser kocok dengan kecepatan rendah hingga semua bahan tercampur baik, kemudian naikkan speed menjadi cepat dan kocok hingga kembang dan terlihat smooth. Dengan mikser tangan sekitar 3 -4 menit. Matikan mikser dan tuangkan adonan ke dalam loyang yang sudah disiapkan.

Ratakan permukaan adonan dengan spatula, panggang selama kurang lebih 45 menit atau tergantung ketebalan cake anda. Jika permukaannya mulai mengeras dan sedikit kecoklatan, test dengan tusuk lidi, jangan memanggang terlalu lama hingga cake menjadi kering. Jika lidi ditarik masih ada remah-remah adonan yang menempel namun bukan adonan yang basah maka cake telah matang. Pastikan cake benar-benar matang atau cake akan mengempis ketika keluar dari oven.

Keluarkan dari oven, biarkan selama 5 menit di loyang agar uap panasnya hilang. Lepaskan dari loyang dan dinginkan di rak kawat hingga benar-benar dingin. Potong cake dengan gelas berbentuk bulat, belah jadi dua bagian.

Note: Lakukan ini jika cake telah benar-benar dingin, masukkan ke kulkas agar cake menjadi padat dan mudah dipotong. 

Membuat Cream Cheese
Siapkan mangkuk mikser, masukkan cream cheese dan mentega, kocok dengan mikser kecepatan sedang hingga putih, mengembang dan ringan. Kira-kira 2-3 menit. Kurangi kecepatan mikser menjadi sangat rendah, masukkan gula bubuk dan kocok dengan kecepatan rendah hingga tercampur baik. 

Naikkan kecepatan mikser menjadi sedang, kocok kembali selama 2-3 menit. Masukkan vanilla ekstrak dan kocok hingga tercampur rata. Matikan miser, masukkan cream cheese ke dalam plastik segitiga dengan spuit motif kembang diujung plastik.

Cara penyajian.
Letakkan cake yang berbentuk bulat atau sesuai dengan selera masykkan ke dalam gelas atau wadah. Kemudian Semprotkan frosting di permukaan cake. Masukkan cakenya lagi. Semprotkan cream cheesenya. Lakukan mpe memenuhi wadahnya. Siap disantaaap.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar