Jumat, 16 Februari 2018

HIK (HIDANGAN KAMPUNG) RASA KOTA


Kalo kalian warga Solo pasti tahu kan apa itu HIK?. Tapi bagi kalian yang bukan warga Solo, pasti belum tahu apa itu HIK?. Kalo sego kucing pasti pada tahu donk?. Yup.. sego kucing itu salah satu menu yang dijual di HIK. HIK (dibaca 'hek'), sebutan angkringan di Solo. Kepanjangan dari Hidangan Istimewa Kampung. Harganya murah meriah, karena tersaji dengan porsi sedikit. Kalo yang doyan makan mah cuma nyempil di gigi doank. Tetep aja jatuhnya bikin dompet menciut. Hehe. HIK ini biasanya dijual di emperan jalan, atau di persimpangan. Bentuknya sih cuma gerobakan yang di dorong itu. Kursi seadanya, bahkan cuma ada 1 kursi panjang dari kayu. Biasanya mereka menyediakan ekstra tikar. Tinggal kita jembreng aja tikernya di tempat yang kita suka, tapi jangan jauh2 dari HIKnya. Kalo mpe jauh itu mah namanya maling tikar. Hehe. More info google aja yak. :)

Beberapa hari yang lalu dapat info dari salah satu temannya Pak Lelaki Surga, "nasi pecal di dekat masjid An-Nashr itu enak loh". Aku dan pak Lelaki Surga langsung tertarik. Apalagi setiap lewat situ selalu rame pembeli. Mampir lah kami malam minggu kemaren.

Bayanganku sih, warung itu (belom ada namanya) jual kayak nasi gudeg ala2 di Solo tuh, yang di emperan jalan juga. Ternyata jreng jreeeeng, HIK tho. Mataku langsung berbinar. Aku melihat buanyak jenis sate kere dengan ukuran yang lebih mini dari HIK Solo (Jakarta mameeeen). Ada juga gorengan, dan yang paling bikin aku hepi, tahu bacemnya yang menurutku kemanisaaaan. Ada sosis Solo dan sosis basah juga loh. Selain nasi pecal, ada juga nasi liwet, dan nasi bakar.




Seperti HIK di Solo, printilan2 kayak sate kere, gorengan, bacem-bacem bisa pilih sendiri, ambil sendiri, dan "mbak, tolong dibakarin". Untuk minuman dan nasinya gak bisa ambil sendiri. Karena nasinya gak bungkusan kayak HIK Solo. Kami langsung menuju tempat duduk (tikar). Duduk lesehan menunggu pesanan datang sambil ngobrol ngalor ngidul dengan pak Lelaki Surga, sesekali maen HP laah. Tetep kekinian doonk. Hehe. Tiba2 berasa pulang kampung ini. Cucok banget kalo lagi kangen Solo.

Nasi pecal dan nasi liwet

Dan pesanan tiba, horeee.. langsung mangaap. Nyam nyam nyam. Comot punya pak Lelaki Surga juga. Pengennya sih disuapin, *eiyaaa eiyyaa. Nasi pecalnya lumayan enak. Bumbunya lebih dominan ke manis. Sate kerenya dan gorengannya lumauan enak. Sayangnya tahu bacemnya muanisnya puooll. Ini aku yang salah, karena aku udah manis makan yang manis2, ya kemanisan tho. Lol. Nasi liwetnya dominan rasa gurih. Dan gurihnya itu strong. Porsinya menurutku sedikit. Dan jangan bayangkan nasi liwet di sini seperti nasi liwet di Solo. Kalo ini versi minimalisnya. Hehehe.
Pesananku (sate usus, sate lemak, sate telur, sosis basah, bakwan jagung, dan tahu bacem)

Pesanan Pak Lelaki Surga (usus bakar, tempe mendoan, satu lagi lupa)

Saranku sih, kalo indera perasa kalian sama sepertiku yang kurang doyan makanan manis2, lebih baik request bakar2nya gak usah dikecapin. Soalnya tanpa kecap udah manis. Dan jangan sambil lihat aku. Hehe.

Harganya?, Menurutku sih mehong yak. Ya iyalaaaaahhh... Aku bandinginnya ma yang di Solo. Ya jaoh donk. Segitu sedikitnya aku habis 55ribu. Itu aku comotnya sedikit loh. Apalagi kalo aku nyomotnya kayak di HIK Solo. Bisa 2x lipatnya yak. Dulu, kalo aku ngeHIK bareng temen2ku. Di piring temenku ada tulisan 6rb, 8rb, mentok 10rb. Itu udah bikin mereka kenyang. Lha di piringku 18rb, pernah mpe 20rb lebih. Itu piring bener2 mpe menggunung. Kalo temen2ku sepiring udah ada nasi bungkusnya. Kalo aku nasi bungkusnya ada di piring yang berbeda. Hehe.

Bagi kalian yang mau mencicipi juga. Datang aja di Bintaro sektor 5. Area dekat kampus PKN STAN (Sekolah Tinggi Akuntansi Negara). Sebelah kampus ada masjid An-Nashr (kalo gak salah), naah warungnya ada di emperan ruko sebelah masjid. Warung belom ada namanya. Buka setelah maghrib, sekitar jam 18.30.

7 komentar:

  1. Kalo di Palembang ini angkringan mbak dan harganya murah, sama kayak di HIK Solo kayaknya hehe

    BalasHapus
  2. Aaaaak aku jadi pengen ke solo. Enggak tahu ya, rasanya HIK di solo itu beda sama kota lainnya. Trus juga semua HIK di solo itu semua enak. Hehehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bethul mbak.. meskipun dari fisik kelihatan sama, tetep hik solo tiada duanya..

      Hapus
  3. bintaro pulaaa, kawasan yg memang biasanya mahal :D..

    karena suamiku orang solo, tiap mudik kesana, aku pasti nge HIK ama keluarga ;p... udh kita cobain mulai yg kaki lima, sampe yg bagusan kayak restoran, tiga tjeret ato apalah yg jualan model begini juga, aku ttp lbh suka yg kaki lima :).. jauuuh lbh enak rasanya...

    di rawamangun juga prnh liat ada yg jual.. tp aku males coba, krn pastilah beda rasa dan harga :D.. ntr aja kalo balik ke solo lagi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bethul mbaakk.. tiga tjeret juga aku gak cocok. Di boyolali juga ada cafe hik, juga gak cocok. Tetep endes yg di emperan jalan ya mbak.. hehe

      Intinya, bisa ngehik setahun sekali.. hahaha.

      Hapus
  4. asli solo bukan mbak ? aahhh, aku jadi kangen my little hometown >,< Hik emang andalan banget. cobain deh mbak hik di depan pignatelli. lumayan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku asli putri solo mbak.. hehehe..
      Waa... Boleh deh.. makasih ya rekomendasinya.. :)

      Hapus