Senin, 19 Februari 2018

LODEH KANGKUNG TEMPE SEMANGIT/BUSUK


Hai semuaa...

Assalamualaikum Wr Wb

Aseekk, ada si tempe nih, si makanan merakyat. Favoritnya pak Lelaki Surga loh. Entah kenapa, setelah berbulan-bulan aku pulang kampung kemaren, kemalasanku jadi berlipat ganda. Dulu, aku sering banget loh bikin tempe mendoan, ditambah cocolan sambal kecap. Bheeeeeehhhh... Meteor lewat mah bodo. Hehehe.

Setelah pulkam kemaren, beberapa kali beli tempe dan berencana akan bikin tempe mendoan. Sudah disimpan di kulkas lhaaah berakhir dengan tempe yang overfermented. Bukan karena aku sengaja, lebih tepatnya karena akunya yang pemalas ini. Ebusyet dah... Males? Jangan ditanya yak tingkat kemalasanku seberapa. Bikin tempe mendoan yang super duper simpelnya geto masih bisa bilang males!!. Kalo ada omku, pasti aku udah diruqyah secara paksa nih. *Tiba2 mrindiiing.

Akhirnya, beberapa tumpukan tempe busuk yang ada di pojokan chiller, aku olah jadi sayur lodeh tempe busuk. Sebelumnya aku pernah posting dengan judul yang sama (klik Di sini), tapi kalo resep yang sekarang nih resep yang sederhana. Silahkan di tengok juga resep olahan tempe overfermented yang lain Oblok-oblok tempe busuk,  Sambal tumpang, dan Mendol tempe busuk. *Aku flashback postinganku yang dulu kog gak banget yak. Aku malu. Hihi.

Kebetulan ada si kangkung yang melambai-lambai minta segera diolah. Jadilah lodeh kangkung tempe busuk. Aku lebih suka tempe busuk diolah seperti ini daripada sambal tumpang. Setiap kali ada tempe busuk, selalu aku bikin lodeh kangkung. Aroma dari tempe busuk gak terlalu menusuk hidung (mungkin karena aku simpan di kulkas). Pernah sekali bikin gorengan dari tempe busuk juga. Ternyata aku kurang doyan.


LODEH KANGKUNG TEMPE BUSUK
(Resep By Myself)

BAHAN:
- 2 ikat kangkung, petik dan bersihkan
- 2 papan tempe busuk, sekitar 10x20cm, potong dadu.
- 800ml air
- 1 bungkus santan instan yang ukuran kecil
- bawang goreng untuk taburan

BAHAN BUMBU:
- 5 siung bawang merah, iris tipis
- 3 siung bawang putih, cincang halus
- 3 buah cabe merah keriting, iris serong (kebetulan aku gak pake, karena kehabisan stok)
- 5 buah cabe rawit (sesuaikan dengan selera), iris2 atau biarkan utuh (aku gak pake juga)
- 2 lembar daun salam
- 2 ruas lengkuas, geprek
- 1 sdt lada bubuk
- garam, gula pasir, dan penyedap rasa (opsional) sesuai selera.

CARA MEMBUAT:
Tumis bawang merah, putih, lengjuas daun salam sampai harum. Kemudian masukkan cabe. Tumis sebentar.

Masukkan air dilanjutkan dengan tempe semangitnya. Masak mpe mendidih. Aku lebih suka tempenya aku penyet2 sampai hancur. Aku hancurin pake punggung sendok terus ditabrakin tempenya ke pinggiran panci.

Setelah mendidih, masukkan kangkung. Masak mpe kangkung setengah matang. Beri bumbu perasa dan santan. Jangan lupa ilmu incip-incipnya. Kalo rasa sudah pas, langsung matikan api kompor. Siap disajikan.

Hmm... So yummyyy...

4 komentar:

  1. Tempe busuk itu nggak apa2 ya, mba, dimakan? Hehe maap karena saya pun baru tau kalau masih boleh dimakan. Enak ya dibikin untuk campuran kangkung kuah lodeh gini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak papa cuin. Buktinya aku masih sehat walafiat gini. Kalo di Jawa tempe busuk laku cuiin. Di pasar tradisional banyak yang jual.
      Cobain deh.. tapi harus tahan yak dengan aromanya. Hehe

      Hapus
  2. Prnh sih pembantu mama mengolah tempe busuk gini.. Dan akupun wkt itu lumayan suka. Baunya jg ga nyengat2 banget. Rasapun masih enak. :D. Coba deh resep ini ntr aku ksh ke pembantuku utk dieksekusi dulu :D

    BalasHapus