Senin, 26 Februari 2018

TELUR BUMBU BALI


Hai semuaaaa...

Assalamualaikum Wr Wb

Alhamdulillah, akhir-akhir ini bisa rajin posting blog seminggu sekali. Semoga sampai seterusnya. Aamiin.

Kali ini menu masakan di pawonnya kaje adalah TELUR BUMBU BALI. Jeng jeeeeeeeng. Maaf ya, fotonya keliatan males total yak, cuma bulet2 gak jelas geto, Hehe.

Ini adalah masakan teranehku selama tinggal di Bintaro. Woooottt!!!!. Kayak gini doank aneh?. Parah parah paraahh. Sempet ngiri dengan teman2 di IG yang niaaat banget bereksperimen masakan. Jadi pengen ikut2an eksperimen juga. *Pengen loh ya pengeeen. Tapi apa daya, sepertinya niatku ini ketinggalan entah di mana. Ada kekosongan di dalam diriku karena ditinggal si niat. Eeee.. malah dimencloki si males.

Telur bumbu Bali ini recomended loh. Aku dapat ilmunya dari mbak DiahDidi. Beliau salah satu kepercayaanku dalam mencontek berbagai macam masakan. Andai saja aku punya chef kayak beliau yang rajin masak, duuhh.. makmur bener hidupku. Hehe.

Bdw aku belum pernah incip bumbu Bali sebelumnya. Jadi aku belum tau rasa patennya tu gimana. Kalo bumbu Bali yang aku buat ini versi Jawa. Karena pake gula jawa agak banyak, so ada manis-manisnya gitu. Ditambah lagi pake terasi, lha kug malah kayak sambel terasi tapi minus tomat. Hehe.

Meskipun gak tau rasa patennya gimana, masakanku tetep endes gurindes duoonk. Pak Lelaki Surga loh sampe gadoin telurnya. Alhamdulillah yah, sesuatuh.


TELUR BUMBU BALI
(Resep By DiahDidi)

BAHAN:
- 6 butir telur, rebus, kupas kulitnya, kemudian goreng sampai berkulit
- 1 batang serai, geprek
- 2 ruas lengkuas, geprek
- 2 lembar daun salam
- 3 lembar daun jeruk
- 1 sdm kecap manis
- 3 biji asam jawa, larutkan dalam air
- 1 sdm gula merah/jawa
- 50ml air
- garam, gula pasir, dan kaldu bubuk (opsional) sesuai selera

BAHAN HALUSKAN:
- 8 buah bawang merah
- 2 siung bawang putih
- 10 buah cabai merah keriting
- 5 buah cabai rawit merah
- 3 butir kemir, sangrai
- 1 ruas jahe
- 1 sdt terasi bakar

CARA MEMBUAT:
Tumis bumbu yang sudah dihaluskan, daun salam, daun jeruk, lengkuas, dan serai sampai harum. Masukkan bahan yang lain. Aduk sampai telur terbalur rata dengan bumbunya. Jika kurang air bisa ditambahkan air lagi. Masak sampai mengental. Jangan lupa untuk incip-incip. Jika rasa sudah pas, matikan api kompor, dan sajikan selagi hangat. Yummyy.

4 komentar:

  1. wah, kalo makanan bumbu bali, selalu disajikan dengan rasa yang pedas.

    BalasHapus
  2. Mirip sama sambal goreng telor tampilannya,ya.
    Yang berbeda pasti rasanya ☺

    BalasHapus