Kamis, 14 Mei 2015

OKONOMIYAKI ALA GP


 hai semuaaa...

Assalamualaikum Wr Wb

Sarapan lagi sarapan lagiii. Jangan bosen yak dengan menu sarapanku :D.  Okonomiyaki... pada tahu belom?. Mungkin kalo bahasa Endonesahnya bakwan, atau omelet yak. Semia bakwan omelet kali :D.

Menurut penjelasannya wikibooks, Okonomiyaki adalah makanan Jepang berupa goreng tepung dengan kol ditambah isi, seperti daging sapi, kerang, cumi-cumi, atau udang yang diletakkan di bagian atas sesuai dengan selera.
Okonomiyaki terdiri dari dua versi:
  • versi Kansai: irisan kol dicampur dengan adonan seperti sewaktu membuat fuyunghai
  • versi Hiroshima (Hiroshimayaki): irisan kol hanya diletakkan di atas adonan yang dibulatkan seperti membuat panekuk.
Walaupun Okonomiyaki yang asli digoreng di atas penggorengan datar yang disebut teppan, okonomiyaki bisa digoreng di atas wajan biasa (penggorengan datar) dengan hasil yang hampir sama enaknya.
Rahasia kelezatan okonomiyaki pada saus okonomiyaki yang bisa dibeli di toko swalayan yang menjual bahan makanan Jepang.

Ada kasus dalam pembuatan okonomiyakiku ini. Adonan terlalu tebal, waktu sudah menunjukkan jam berangkat kantornya Lelaki surga, sedangkan sarapan belum ready. Akhirnya pake api besar. Eeeee.... Luarnya udah radak gosong, ternyata kata Lelaki surga dalemnya belum mateng sempurna. Katanya masih ada rasa tepung mentahnya. Jadi sarapan kali ini bersisa lagiiii. Masuk perut ayam deh. Akunya juga yang salah, kug gak mikir sampe segitunya. Hadeeehhh... cerobohnya aku.

Next time harus lebih sempurna. Bdw aku gak pake perdagingan (gak sempet). Cuma modal sayur doank. wortel ma kubis yang udah aku siapin dari hari kemaren. Langsung ke resep yak kalo begeto... Selamat mencobaa...


 OKONOMIYAKI ALA AKU
(resep by modifikasi sendiri)

BAHAN OMELET:
 - 1 butir telur kocok lepas
 - 1/2 buah wortel kecil serut kasar
 - 2 lembar kol, iris kasar
 - 2 sdm irisan daging ayam secukupnya (aku gak pake)
 - 5 ekor udang, cincang kasar (aku gak pake)
 - 200 ml air kaldu ayam/ bisa pake air biasa
 - 50 gram tepung terigu serbaguna
 - 1/4 sdt garam
 - 1/2 sdt kaldu bubuk
 - 1/4 sdt lada bubuk

BAHAN PELENGKAP:
 - saos okonomiyaki. Resep bisa dilihat di sini
 - Mayonise
 - saos botolan

CARA MEMCBUAT:
campur semua bahan omelet. Aduk rata. Incip dengan cara menggoreng sedikit adonan. Sesuaikan rasanya. Panaskan teflon beri 2 sdm minyak goreng. Tuang adonan ke teflon yang panas. masak mpe matang dengan menggunakan api kecil. kalo adonan terlalu tebal bisa ditutup dan tunggu sejenak. Jika bagian bawah terlihat sudah matang, balik adonan. masak mpe matang merata. Sajikan bersama saus okonomiyaki, mayonise, dan saos botolan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar