Kamis, 14 Mei 2015

TELUR TEPUNG KRISPI


Hai semuaa,,,

Assalamualaikum Wr Wb

Sepertinya dah lama nih eike kagak update ney blog. Lagi keasikan ma blog sebelah :). Kebetulan lagi maen di kantor Lelaki Surga. Mungkin malam ini malam terakhirku main di kantor Bangko. Hari Sabtu besok harus udah pindah di kantor baru di kabupaten Bungo. Hmmmm.... tentunya akhir-akhir ini aku disibukkan dengan urusan peking-peking. Soooo... malas ngurusin blog deh. Maaph yaaaak kawan-kawan, lama updatenya.


Hayoooo... tebak, itu makanan apaan..?? Telur Krispi. Heran kagak mendengar nama telur krispi. Radak adeh yak. Aku juga begitu, pertama kali mendengar nama telur krispi langsung terheran-heran. Bisa yak telur dibikin krispi. macam mana tuh rasanyo?. Pertama nemu di facebook. Ada salah satu teman FB yang doyan masak (Martha Zaen), tiba-tiba posting status resep telur krispi. Seperti biasa, karena saking penasarannya aku, akhirnya yo dipraktekin. Kalo kata mbak Martha sih rasanya kayak kulit. Kalo menurutku malah kayak usus goreng. Enak looh, aku jadi ketagihan. Kalo mau ngirit bisa jadi alternatif perlaukan. Buat cemilanpun juga enak. Dicocol pake sambal terasi atau sambal korek uenake puool. 1 butir telor bisa jadi buanyak. Yang aku foto itu gak ada separone.

Bagi yang penasarna sama sepertiku kemaren, monggo dicontek resepnya. Selamat mencoba kawan...


TELOR TEPUNG KRISPI
(Resep By Martha Zaen, aku modifikasi)

BAHAN TELUR:
 - 1 butir telur kocok lepas
 - 3 sdm tepung terigu serba guna
 - 1/2 sdt garam
 - 1/4 sdt kaldu bubuk
 - 1/2 sdt lada bubuk
 - 1 siung bawang putih besar
=> Bisa pake tepung berbumbu (instan), tapi gak usah ditambah bumbu perasanya)

BAHAN TEPUNG (campur semua bahan ):
 - 4 sdm tepung terigu serba guna
 - 3 sdm tepung beras
 - 1 sdm tepung maizena
 - 1/2 sdt baking powder/ soda kue
 - 1 sdt kaldu bubuk instan
 - 1/2 sdt garam
 - 1 sdt lada bubuk

BAHAN PENCELUP:
 Ambil 3 sdm campuran tepung di atas, dan beri air secukupnya.

PELENGKAP:
 - sambal terasi atau sambal korek atau saos botolan.

CARA MEMBUAT:
Campur semua bahan telur mpe rata. Panaskan teflon, beri sedikit minyak goreng. Goreng telur kocok mpe  matang (goreng telor dadar). Kalo mbak Martha goreng 2 kali. Karena teflonku ukuran sedang, so sekali goreng. masak mpe matang. Dinginkan. Kalo udah dingin potong sesuai selera. Aku potong memanjang kayak stik.

Celup potongan telur satu persatu ke dalam adonan pencelup. Kemudian pindahkan telur ke adonan tepung kering. Lumuri telur sampai tertutup dengan tepung sambil dicubit-cubit supaya hasil jadi lebih kriting. Goreng telur berbalur tepung ke dalam minyak panas dan banyak. Masak mpe telur matang. Lakukan mpe semua telur habis. Sajikan selagi krispi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar