Kamis, 14 Mei 2015

UDANG TAHU KRISPI DENGAN SAUS OKONOMIYAKI


 Hai Semuaaaa....

Assalamualaikum Wr Wb

Maap yak... akhir-akhir ini aku sering posting menu sarapan. Yaaa... yang sempet di foto cuma itu. Apalagi kalo pas gak ada kerjaan. ya begenelah nyari kerjaan seadanya jadi tukang poto dadakan. Niatanya sih ikut-ikutan kayak bee's geto. tapi yo ngunu kuwi lah hasile. Untuk sausnya aku pake saus okonomiyaki buatan sendiri dengan bahan seadanya. Kata Lelaki surga enak. Tapi bersisa gara-gara aku ngasih nasinya kebanyakan masuk selokan deh, yar dimakan ayam.



Untuk udang dan tahu krispi, tepungnya sengaja pake tepung instan merek sasa, yang ada hotnya tu loh. Maklum aja, pagi-pagi kerjaan banyak dan diburu waktu, so pake bahan yang gampang-gampang aja deh.

Saladnya cuma pake irisan kubis dan parutan wortel. Campur ma saus tomat dan mayonise. Nyummyyy... Langsung ke resep yak. Tu Wa Ga goooo...


UDANG KRISPI DENGAN SAUS OKONOMIYAKI
(Resep by modifikasi sendiri)

BAHAN:
 - 10 ekor udang, buang kulit dan kepala. Sisakan buntutnya. Lumuri dengan 1 buah perasan jeruk nipis dan 1 sdt garam. Diamkan selama 15 menit, kemudian cuci bersih
 - 4 bauh tahu putih, rendam ke air campuran 1 siung bawang putih dan 1 sdt kaldu bubuk

BAHAN TEPUNG KERING:
 - 5 sdm tepung bumbu sasa

BAHAN TEPUNG PENCELUP:
 - 2 sdm tepung bumbu sasa pul sedikit air

CARA MEMBUAT:
Celup udang dan tahu satu persatu ke dalam tepung pencelup. Pastikan semua sisi terlapisi dengan tepung. Lanjutkan ke sesi tepung kering. Balur mpe rata dan sambi dicubit-cubit. Kemudian goreng ke dalam minyak goreng panas dan banyak. Goreng mpe matang. Tiriskan.

BAHAN SALAD:
 - 2 lembar kol, iris tipis
 - 1/2 buah wortel kecil, parut kasar
 - 1/2 sdt gula pasir
 - 1 potongan irisan perasan jeruk nipis

CARA MEMBUAT:
Masukkan kol ke dalam wadah, beri gula pasir dan jeruk nipis. aduk rata mpe kol lemas dan mengeluarka air sedikit. Cuci kol dengan air bersih (menggunakan wadah saringan). Lakukan hal yang sama terhadap wortelnya.

BAHAN PELENGKAP (campur rata):
 - 1 sdm mayonise
 - 1 sdt saus tomat
 - 1 sdt saus sambal botolan

BAHAN OKONOMIYAKI:
(resep by sony)
 - 3 sdm saos tomat
 - 2 sdm saos inggris
 - 1 sdm shoyu (kecap asin)
 - 1 sdm saos tiram
 - 1 sdt gula pasir
 - 1 sdm larutran maizena

CARA MEMBUAT:
Siapkan panci kecil, masak semua bahan kecuali larutan maizena. Masak mpe mendidih. Kemudian masukkan larutan maizena. Masak mpe mengental dan mendidih. Siap dihidangkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar