Kamis, 12 Mei 2016

URAP DAUN KENCUR (daun kencurnya pas dimakan krenyes-krenyes)


Hai Semuaaa...

Assalamualaikum Wr Wb


Semenjak tinggal di Jakarta, jadi jarang posting nih. Si Blog nya sedikit dicuekin, hihihi. Dan satu lagi, semenjak tinggal di Jakarta jadi males bereksperimen. Entah apa karena apapun sudah tersedia tinggal delivery makan puasss, atau apa karena alat perangnya masih belum lengkap Padahal yang belum ada kan panci kukusan dan oven doank. Weelll apapun itu yang penting dapur tetep ngepul toh.

Cerita kali ini, kehabisan stok sayur, dan parahnya abang sayur yang ditunggu-tunggu gak datang. Mau ke warung sayur mallezz, terlanjur panazz cuiin (gaya kemayu). Liat mini kebon belakang rumah, adanya cuma daun kencur doank. Itupun tuwir-tuwir. Yowislah, panen daun kencur wae. Di kulkas masih ada toge, syukur Alhamdulillah isa buat nambah-nambah. Wong daun kencure yo mung sithik ee. Kan mini kebon, hehehe.

Sayangnya nih, pas bikin ini dalam keadaan gak enak badan (dibaca flu batuk). You know so well laaaahh... kalo badan gak fit, makan apapun juga ikut-ikutan gak fit. Apalagi ditambah hidung mapet total. bayangin cobak, makan sambil nafas dari mulut. Endeesssss tenaaaan... Tapi yo entek eee... Sebenere sih gak abis, dan Lelaki surga udah kenyang (dia mah makannya suithiiik). Yo mau gak mau tak habisin deh, daripada mubazir dibuang. Anggep aja buat nambah-nambah kekuatan kekebalan tubuh. Kesyelnya, selesai makan eeeee bisa nafas pake hidung. Alhamdulillaaaahh...

Ini pertama kalinya aku makan daun kencur. Awalnya tau daun kencur bisa di makan dari bukunya mbak Endang yang punya blog JTT tuuh. Salah satu menu di bukunya tuh ada urap daun kencur. Alhamdulillah ada kelapa parutnya. Tinggal uplak uplik dapuurr..

buku "90 resep masakan rumahan untuk sebulan"

Resep bumbu urapnya hampir sama ma punyae mbak Endang (aku gak nemu resep urap daun kencur di blognya), tapi resepnya sama kug ma resep urap yang di sini. Cuma aku modif sedikit, aku gak pake gula merah, dan bawang putih yang sebanyak itu. Aku kurang suka aroma yang ditimbulkan oleh bawang putih (dibaca bau mulut). Bawang putihnya aku cuma pake 1 siung doank. Sisanya kuganti ma bawang merah. Menurutku lebih nikmat, dan gak bikin bau mulut.

Naaaahhh... setelah bumbunya jadi, baru nyadar ada yang terlupakan, yaitu lupa ngasih terasinya. Makanya pas incip-incip kog ada yang kurang getoh. Ternyata terasinya toh. Tapi tetep enak. Ouw iya, menurut Lelaki surga, daun kencurnya enaaak, krenyes-krenyes. Lelaki surga mengakui kalo dia suka daun kencurnya. Alhamdulillah. Daun kencur dari kebon ndiri.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar