Rabu, 04 Desember 2013

IKAN GORENG SAUS LADA HITAM


 Ada stok ikan kakap di kulkas, rencana mau dibikin tempoyak ikan, tapi pas tukang sayur lewat, tempoyak di tukang sayur kayaknya stok beberapa hari yang lalu. Q kurang suka tempoyak yang sudah lama. Aromanya eneg gimana gto. Malah "yieeeeekksss". Yasudah deh gak jadi bikin tempoyak.

Keinget stok lada hitam masih banyak, tgl kadaluarsanya 2 bulan lagi, so kudu cepet2 dihabisin. Dan akhirnya jadilah ikan saus lada hitamnya. Aku bukan penggemar ikan banget. Lebih demennya perdagingan. Gak tau juga kenapa, pa karena ibuq yang sering nyuguhin anak2nya masakan berbahan dasar daging ayam, daging bebek, dan q sering jajan soto daging. Ato karena malaz sibuk nyingkirin duri ikannya. Kalo pas dapet ikan duri banyak, malah kadang bikin jengkel, sering nyingkirin durinya dari pada makannya. Hehehehehehe. Dan q belom punya panci presto. x)

Langsung ke resep ajah yak, Lagi bingung mau crita apa lagi... hehehehe....


IKAN GORENG SAUS LADA HITAM

BAHAN:
 - 2 ekor ikan kakap, sekitar 500 gram, potong sesuai selera
 - 2 siung bawang putih, haluskan
 - 1 ruas jahe, haluskan
 - 1 sdt ketumbar bubuk
 - 1,5 sdt garam
 - 1 sdt kaldu bubuk
 - 2 buah wortel, kupas, potong memanjang
 - 300 gram kembang kol, potong perkuntum
 - 50 ml air

BAHAN SAUS LADA HITAM:
 - 2 siung bawang putih, cincang kasar
 - 1 buah ukuran kecil bawang bombay, potong memanjang
 - 3 sdm saus tiram
 - 1,5 sdt merica hitam
 - 2 sdm kecap asin
 - 1 sdm kecap manis
 - 250 ml air
 - 1 sdm maizena larutkan dengan 2 sdm air

 CARA MEMBUAT:
Rendam ikan, dengan bahan yang dihaluskan, ketumbar bubuk, garam, kaldu bubuk, dan air. Diamkan selama minimal 30 menit di dalam kulkas, kemudian goreng setengah matang. Tiriskan.
Tumis bawang putih, dan bombay mpe harum dan layu. Masukkan saus tiram, merica hitam, kecap asin, kecap manis, dan air. Aduk rata, masak mpe air mendidih. Masukkan bahan sayur, masak mpe sayur matang. Masukkan larutan maizena, aduk cepat mpe agak kental. Matikan api kompor. sajikan hangat.
SELAMAT MENCOBA... :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar