Senin, 16 Desember 2013

LONTONG SAYUR SAMBAL GODOG ala BETAWI


Iseng-iseng bikin lontong plastik pake rice cooker. Ternyata jadi, dan berhasil, meskipun kurang padet menurutq. Yang penting jadi lontongnya. asek asek josss. Lontong udah jadi, trz selanjuthya bingung bikin apa lagi untuk temen si lontong. Bayangin waktu lebaran, pake opor, masalahnya baru 2 hari yang lalu dah bikin opor. Bosen donk opor lagi. Teringat lontong sayur kalo jajan sarapan di warung langganan. Sercing2 resep, nemu resepnya di sajiansedap.com. Tapi ada beberapa bahan yang aku skip. Pokoe q jadiin sesimpel simpelnya. hehehehe. Kalo ribet2 besok2 males bikinnya.

Untuk rasa tidak mengecewakan. Mantaaaapph lah... gak kalah ma yang di warung langgananku. Berhubung waktu ngecek freezer, nengok si daging ayam, ternyata tinggal yang tulang2 (masih ada dagingnya sih) misalnya kayak leher, bagian dada yang dagingnya tipis. Akhirnya mau gak mau pake itu. Stoknya cuma dikit pula,sisa 5 potong ukuran sedang. Ealah, nasib nasib. Akhirnya yar keliatan banyak, kupotong lebih kecil. Hehehehe, menipu mata. :D 
 
Langsung aja yak ke resep. Kalo resep sudah dtanganq, bakal gampang kug bikinnya. hehehehehe....

Pertama, lontongnya dulu eyaaakkk....


BAHAN:
 - 1 cup beras, cupnya yang dari bonus ricecooker yak. cuci bersih
 - Air secukupnya
 - Kantong plastik 1 buah

CARA MEMBUAT:
Masukkan beras yang sudah di cuci ke dalam kantong plastik. Sisakan Udara kira2 seperempat dari takaran beras. Misal beras 60%, ruang kosongnya 25%, 15% untuk ikatan. Kemudian ujung plastik diikat kencang. Kemudian plastik yang sudah terisi beras di tusuk2 pake garpu ato tusuk gigi. Masukkan ke dalam rice coocker, Beri air mpe plastik tenggelam. Tutup rice coocker, pencet tombol coock. Masak mpe matang. Jangan lupa mengecek airnya, kalo air hampir habis, sedangkan lontong belom matang, bisa dtambah airnya. Ini rice coockernya gak bisa pindah ke warm seperti masak nasi biasanya. Jadi pake insting, kira2 udah matang, angkat deh lontongnya, iris sesuai selera. Sajikan.


 Sekarang giliran sayur sambal godognya.


BAHAN:
 - 250 gram buncis, potong serong
 - 2 buah labu siam, potong korek api
 - 250 gram daging ayam, potong kecil2, seperti untuk sup
 - 750 ml air plus 250 ml santan kental
 - 3 lembar daun salam
 - 3 lembar daun jeruk purut
 - 2 cm lengkuas, geprek
 - 1 batang serai, geprek
 - 1 sdm garam
 - 1/2 sdm gula pasir
 - 2 sdm gula merah, sisir
 - 1,5 sdt kaldu bubuk

BUMBU HALUS:
 - 8 siung bawang merah
 - 5 siung bawang putih
 - 15 buah cabai merah kriting
 - 10 buah cabai rawit hijau

CARA MEMBUAT:
Tumis bumbu halus, daun salam, daun jeruk, lengkuas, dan sereh mpe wangi dan bumbu halus matang. Masukkan daging ayam, mpe ayam berubah warna. Masukkan air, dan santan. Aduk aduk mpe mendidih. Beri garam, gula merah, gula pasir, dan kaldu bubuk. Incip incip rasanya. Kalo sudah pas masukkan bahan sayur. Masak mpe sayur matang. Matikan api kompor. Sauikan bersama lontongnya.

SELAMAT MENCOBA.... =)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar