Senin, 16 Desember 2013

KRIPIK SINGKONG BALADO PEDAS


Ini nih salah satu cemilan favoritq. Meskipun q jarang bikinnya. Kenapa kug jarang bikin, padahal favorit..? Jawabannya karena capek kalo ngemil ini trz. Capek karena kripik ini agak keras, kalo ada yang pulen jarang banget. Karena kerasnya ini bikin gigi dan mulut capek, Pernah 2 hari bikin ini, hmmmmmm.... mulut dan gigi khususnya gusi berasa agak sakit kalo buat ngunyah. Agak sakit loh yah, gak sakit. Pernah nyobain kripik jenis yang lain, tp gak cocok, enak sih enak, tp gak tahan lama. Jadi mlempem, gak renyah kriuk kriuk. 
Pertama kenal kripik ini dari tetangga, bukan ttangga dkt sih, tetangga jaoh. Kebetulan kenalnya dari warung sayur. Dan kebetulan juga Mak Iyet sering maen ke rumah mbak Lis ttangga sebelah rumahq. Waktu itu dia bikin kripik ini di rumah mbak lis, dan tiba2 triak triak namaq berkali2. Ternyata manggil q karena cemilan (tau bangt kalo q doyan ngemil). Pertama kali nyoba langsung cocok. Setoples krupuk besar langsung ludes. Beli kripiknya 1,5 kilo, langsung habis dalam sekejab. Gimana gak abiz, yang makan rame2. Anak mbak Lis ada 2 laki mua, anak Mak Iyet borongan, ada 6 orang, salah satunya cewek. 1,5 kilo ya gak cukup. hehehehehehe... Secara pada doyan ngemil mua. Semenjak itu q jatuh cinta ma ini kripik.

Bikinnya simpel, bahan2nya pun juga suimpel. cuma bawang putih ma cabe. Tetep dikasih bumbu perasa yar tambah nuikmat. Kalo dah ngemil yang enak2 berasa surga dunia, bersyukurnya berasaaa banget. Alhamdulillah dikasih kesehatan, bisa makan apa ajjah. kalo kata mbak lis "mertua lewat, ra nggagas", yang artinya mertua lewat, gak gubris.

Bagi yang doyan ngemil pedes2, cemilan ini cucok deh, tapi saranq bikinnya minimal seminggu sekali ajjah, jangan sering2. Kalo penasaran akibatnya, silahkan dicoba. Rasakan efek cemilan ini. hehehehe.....


KRIPIK SINGKONG PEDAS

BAHAN:
 - 250 gram kripik singkong, yang panjang2 bentuknya. Goreng, tiriskan.
 - 100 gram cabe merah, haluskan
 - 2 siung bawang putih, haluskan
 - 1,5 sdt garam
 - 1 sdt kaldu bubuk
 - 1 sdt gula pasir

CARA MEMBUAT:
Tumis bumbu halus dengan minyak goreng agak banyak, kurang lebih 5 sdm minyak goreng, masak mpe matang. Masukkan garam, kaldu bubuk, dan gula pasir. Aduk rata. Jangan lupa incip2. Kalo rasa sudah pas, matikan api kompor. Diamkan mpe dingin. Kemudian campur dengan kripik singkong, aduk mpe bumbu merata dengan semua singkongnya.

SELAMAT MENCOBA.... ;)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar