Senin, 20 Oktober 2014

BAKWAN JAGUNG



Hai semuaaaa...

Assalamualaikum. Wr. Wb

Semangat juang untuk menaklukan si bakwan kembali membara. Rencana mau bikin bakwan sayur. Kebetulan pas maen ke rumah kak Nia, eeeeee ada jagung manis. Gue beli dah. Kebetulan jagung manisnya bener-bener maniiiiis dan krenyes-krenyes. Langsung mborong deh. Sekilo cuma dapet 2 buah doank. Bayangkan segede apa tuh. Biasanya aku kalo beli jagung sekilo dapet 4 buah. Meskipun gede, biji jagungnya juga gede. biji jagungnya kalo disisir tu kan ada kayak batangnya, nah batangnya tu kecil malah. Jagung ini jagung paling enak yang pernah ku rasakan. Aku gak lebay loh, kenyataannya gto. Hehehe. 

Keesokannya, memberanikan diri bikin bakwan jagung. Sekedar info, bakwan adalah masakan yang bikin aku stress dan jengkel. Sekian kali bikin bakwan, rasanya pasti bukan bakwan. Padahal aku udah nyontek berbagai resep bakwan, baik di google ato secara lisan. Bakwanku kali ini, rasanya lumayanlah dari pada hasil bakwan sebelumnya. Meskipun rasanya masih bukan bakwan. Kalo bukan rasa bakwan terus rasa apa?. Hmmmmm.... aku yo bingung rasa apa. Hehehehe. Yang penting bakwanku kali ini masih bisa dimakan. Dicocol ma saus mayonise lebih enak en yahut. Rencananya mau bikin saus serbaguna. Aku pernah mempostingnya di saus asam manis pedas. karena listrik padam, akhirnya saus mayonisepun jadi. Soale aku males nguleg-uleg, pengennya pake blender. ule-ulegnya kan bueraaat. Males nyuci, males ngangkat-ngangkatnya. Hehehehe. Alhamdulillah, sebelumnya kalo bikin bakwan-bakwanan mentok-mentoknya berakhir di tempat sampah. Kali ini gak nyampe sore ludesssss. Mas Lelaki Surga yang menghabiskannya.




Bdw sengaja aku bikin bakwan tanpa telor. Dari pengalamanku, kalo bikin bakwan pake telor, hasilnya pasti berminyak dan eneeeeegggg. Belum makan aja udah bikin gak nyaman tenggorokan. Meskipun gak pake telor, menurutku lebih enak kug. Gak eneg, lebih nagih, dan gak begitu lembek. Resepnya aku nyontek dari Diahdidi . tapi aku modif sedikit sih. Cuma ku tambahin beberapa bahan doank. Yang mau nyontek, mongggoooooo dicontek resepnya. Selamat mencoba...



Bakwan Sayur Udang (aku: Bakwan Jagung)

Bahan-bahan/bumbu-bumbu :
 - 150 gram tepung terigu protein sedang 
 - 1 sendok makan tepung beras (aku pake tepung tapioka)
 - 100 gram udang, dikupas, dipotong kasar (aku gak pake)
 - 3 lembar kol, diiris halus (aku ganti ma 2 bonggol jagung, sisir. Separonya dihaluskan)
 - 100 gram wortel, dipotong korek api
 - 25 gram taoge (aku gak pake)
 - 1 batang daun bawang, diiris halus
 - 1 tangkai seledri, diiris halus
 - 300 ml air (disesuaikan kekentalannya)
 - minyak untuk menggoreng 

Bumbu Halus:
 - 2 siung bawang putih 
 - 1/2 sendok teh merica 
 - 2 sendok teh garam / bumbu kaldu bubuk
 - 1/2 sendok teh gula pasir
 - 1 sdt ketumbar bubuk

Cara Pengolahan :
Aduk rata semua bahan dan bumbu halus. Sendokkan adonan dalam minyak yang sudah dipanaskan dengan api sedang. Goreng sampai matang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar