Kamis, 30 Oktober 2014

BUBUR CANDIL KETAN



Hai semuaaaa...

Assalamualaikum. Wr. Wb

Horeeeee..... hujan. Alhamdulillah Bangko diguyur hujan. Lumayan deres sih. Dari pagi mpe siang. Ini yang ku tunggu-tunggu. Meskipun tiba-tiba dikejutkan oleh karpet yang basah kuyup. Duuuuhhh.... ternyata ada yang bocor. Banjir rumahku.... #tapok jidat.

Niat awal sih gak bikin ini. Pengennya bikin bubur kacang ijo. Dikarenakan kacang ijonya buanyak kutunya. Tak buang deh. Iiiiiihhh,... ngeri ngerong liat kutunya. Yaaaahhh.... rugi deh eike... kacang ijo seprapat jebule isine kutu.

Karena hawa dingin yang bikin kepengen anget-anget. Teringat bubur candilnya Bu Icha. Sepertinya gampang. Serching-serching resepnya di google. Hmmmmm.... BISA. Ayok dimasak. Jujur yak, pertama kali makan bubur candil pas incip-incip bubur candilnya Bu Icha. Kasian bingit yak gue. Gue kan orang kota. Makannya jenang, dudu bubur. Hahahaha.....

Ternyata gampang dan simpel bikinnya. Yang bikin kudu bersabar ya pas mbuletin-mbuletin candilnya. Berasa lamaaa bingit. Pa lagi aku kan gak sabaran. Akhirnya ngasal muter muter plung plung plung. Alahsil gak rapi deh buletannya. Hihihihi...



Ternyata enak loh. Pas ujan-ujan, dingin-dingin makan bubur candil. Nyummmyyy.... duh senengnya perutku ;D. Ney tak tunjukin resep bubur candil ala aku. Di sesuaikan dengan persediaan di dapur. Hihihihi.
Selamat mencobaaa....



BUBUR CANDIL KETAN
(Resep hasil modifikasi sendiri)

BAHAN CANDIL:
 - 250 gram tepung ketan
 - 50 gram tepung tapioka
 - 100 ml air (disesuaikan dengan kekalisannya)
 - 1/2 sendok teh garam

BAHAN KUAH:
 - 1 liter air
 - 1 lembar daun pandan
 - sejumput kayu manis bubuk
 - 150 gr gula jawa, sisir
 - 2 sdm gula pasir
 - 1/2 sdt garam
 - 3 sdm tepung ketan + 1 sdm tepung tapioka , larutkan dengan air (pastikan tepungnya larut)

BAHAN KUAH SANTAN:
 - 200 ml santan kental 
 - 1 lembar daun pandan
 - 1/2 sdt vanili bubuk
 - 1/4 sdt garam

CARA MEMBUAT:
rebus air, daun pandan, kayu manis bubuk, dan gula merah sisir mpe mendidih. Kecilkan api.
Dalam wadah yang lain, campur semua bahan candil. Hati-hati dalam menuangkan airnya. Sedikit demi sedikit aja. Adonannya gak kalis banget, agak basah tapi bisa dibentuk. Ambil sedikit adonan, bentuk bulat. Langsung masukkan ke dalam kuah yang sudah mendidih. Lakukan mpe adonan candil habis. Masak mpe candil mengapung dan berubah warna menjadi kecoklatan.
Masukkan gula pasir, dan garam. Tunggu mpe mendidih. Masukkan larutan tepung. Aduk rata mpe mengental. Matikan api kompor.
Kuah santan: rebus semua bahan mpe mendidih sambil di aduk supaya santan tidak pecah. Matikan api kompor.

Sajikan bubur candil dengan disiram dengan kuah santan. Sajikan hangat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar