Kamis, 09 Oktober 2014

UDANG PANGGANG dengan NASI GURIH



Hai semuaaaa....

Assalamualaikum. Wr. Wb

Udang ooooh udaang. Dah berapa lama aku tidak menikmatimu. Ooohhh udang, aku kangen. Iiihhh.... aku lebay yak. Hehehehe. Setelah beberapa bulan yang lalu, mas Lelaki Surga divonis asam uratnya tinggi. Kebetulan di kantornya ada cek kesehatan rutin. Sebelumnya gula darah tinggi. Alhamdulillah, cek selanjutnya dah normal, malah asam uratnya yang tinggi. Hadeeeehhh. Aku langsung shoked-shoked. Soale ada ibu temenku yang asam urat tinggi. Iiihhh,,, ngeri juga denger penderitaan si ibu temenku itu. Amit-amit deh. Ya Aalah, beri kami kesehatan, dan umur panjang. Aamiin.

Kata bu dokter yang kebetulan adalah temenku bilang, "asam urat tinggi nih. Harus minum obat". Hyaaaa.... malez deh kalo dah berurusan dengan obat. Gak usah ngobat deh. Mending atur pola hidup aja. Untung Lelaki Surgaku hobby olahraga. Dan aku mulai cari tahu tentang asam urat. Mpe beli buku asama urat di gramed. Akhirnya, aku berniat untuk diet asam urat. Pokoknya menjauhi yang makanan yang bikin asam uratnya tinggi. Alhasil, alhamdulillah.... terakhir cek kesehatan kemaren normal semuanyaaa. Waaahhh.... diet asam uratnya berhasil berhasil berhasil horeyyyy. Tapi tetep kudu jaga kesehatan, dan pola hidup juga. Jangan mentang-mentang udah normal, teruz makan sembarangan. Tinggi lagi deh. Eeeeee.... penyakit penyakit. Ngrempongin aje luuuu.

Kembali ke resep yak. Udang ini udah aku beli (mungkin) seminggu lalu. Aku gak sempet milih-milih sih, aku cuma liat doank. Teruz tertarik, dan ku beli deh. Minta dibersihin sekalian ma mbak penjualnya. Kebetulan, mbaknya bersihinnya bener-bener bersih. Paling aku tinggal bilas sekali doank. Nyampe di rumah gak aku buka lagi. Langsung ku taruh dalam kilkas. Baru kubuka ya tadi pagi itu. Ternyata e ternyata udangnya lumayan gede. Langsung kepikiran untuk bikin sate udang aja. Sepertinya bakal top markotop nih. Hihihihi.




Untuk pembersih perut (kan harus seimbang), aku pake kubis dan timun. Aku pernah baca di internet. Lupa di web apaan. Bilang kalo kubis dan timun termasuk menurunkan kadar asam urat. Naaaah... udang kan termasuk gout tinggi, ku padu padankan dengan kubis dan timun deh. Rencana mau ku bikin salad aja. Tapiii, sepertinya Lelaki Surga gak begeto doyan dengan salad ala bule geto. Kecuali kalo salad mayo, doyan bingit tuh. Akhirnya kubis dan timunnya ikut ku bikin sate sekalian. Tetep dengan rendaman bumbu salad. Ternyata top markotop.... hihihihi....



Ouw iya, untuk nasi girihnya maap yak gak ikut ke poto. Soale luppaaaaa.... hihihi... maap eyaaaakkk. Bdw yuk ke resep aja... bahannya gampang kog.... selamat mencobaaa.... ji ro lu gooooo....



SATE UDANG PANGGANG dengan NASI GURIH
(Resep by modifikasi sendiri)

BAHAN NASI:
 - 2 piring nasi putih (aku pake nasi merah)
 - 2 sdm margarine
 - 1/2 sdt garam
 - 1/2 sdt merica bubuk

BAHAN UDANG PANGGANG:
 - 300 gram udang ukuran sedang, kupas kepala dan kulitnya, kecuali bagian buntutnya., rendam dengan 1 sdt garam, dan perasan air jeruk nipis. Diamkan 15 menit. Cuci bersih
 - 4 siung bawang merah, haluskan
 - 1 siung bawang putih, haluskan
 - 2 sdm kecap manis
 - 1 sdm saus sambal
 - 1/2 sdt lada bubuk
 - 1/2 sdt garam

BAHAN PERENDAM UDANG, haluskan:
 - 4 siung bawang putih
 - 1 ruas kunyit, bakar
 - 1/2 sdt kaldu bubuk
 - 1/4 sdt lada bubuk

SALAD SAYUR:
 - 4 lembar kubis, potong memanjang lebar
 - 1 buah timun, potong melingkar tebal
 - 2 sdm minyak zaitun (bisa pake minyak goreng biasa)
 - 1/4 sdt garam ato kaldu bubuk
 - 1/4 sdt lada bubuk
 - sejumput oregano (optional)

CARA MEMBUAT:
NASI- lelehkan margarine, masukkan nasi, dan bahan lainnya. Aduk rata.

UDANG- Rendam udang dengan bahan perendam. Biarkan di dalam kulkas selama kurleb 30 me. Kemudian goreng udang sebentaaarrr ajah. Tiriskan.

UDANG PANGGANG- Tumis bawang merah, dan bawang putih mpe harum. Masukkan udang goreng. Bumbui dengan bahan yang lain. Aduk rata. Pastikan semua udang sudah tercampur dengan bumbunya. Jangan lupa incip-incip yak. Matikan api kompor.

SALAD- lumuri timun dan kubis dengan semua bahan. Aduk rata.

PENYAJIAN- Siapkan tusuk sate ambil 1 buah udang tusukkan ke tusuk sate, dilanjutkan dengan kubisnya dengan cara melipat kubis bentuk kotak (kira-kira bisa di tusuk), dilanjutkan dengan udan. Dan yang terakhir tusuk timunnya. Kemudian bakar, bisa di panggang dalam oven , ato langsung di bara api, ato di teflon (kayak aku nih). Sajikan. Bersama nasi gurihnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar