Jumat, 31 Oktober 2014

SUP MERAH ON FIRE



Hai semuaaa....

Assalamualaikum. Wr. Wb

Horeeee... november rain. Udah mulai musim ujan nih. Setelah sekian lama ketar ketir gak tentu arah, was-was melulu bawaannya. Soalnya air sumur udah kritip-kritip. Sumur tetangga udah pada keringringringring. Benar-benar kering. Sampe-sampe ada tetanggaku ke kantor bawa ember gede. Isinya pakaian kotor. Ngantor sekalian numpang cuci. Kucek kucek kucek. Alhamdulillah, airku meskipun kritip-kritip tapi gak sampe kekeringan.

Beberapa hari ini dah mulai hujan turun. Meskipun cuma sebentar thok. Tapi masih saja aku was-was. Terakhir hujan kemaren, ada atap rumahku yang bocor. Tiba-tiba aku sudah menemukan karpetku basah kuyup. Aaaaaarrggghhh.... harus cepat-cepat lapor ma Ibu kontrakan nih. Yar cepet dibenerin.

Kalo musim hujan gene, howone laper teruz. Maunya yang berkuah dan pedas. Teruz bikin cepet laper lagi. Hari ini ada sedikit berbeda dengan hari biasanya. Kalo biasanya mau masak sibuk buka buku resep dulu, dan atau tanya mbah google. Sekarang dah berasa pinter masak (haiyah,,, opo iyo loh). Dengan bahan seadanya di kulkas dan di dapur. Alhamdulillah jadilah Sup Merah ini. Hihihihi. Bingung mau kasih nama apaan.



Rasanya segeerrr... horeeeee... aku bisa masak tanpa harus nyontek resep dulu. Duuuh bangganya. Tapi tetep aja besok-besok kalo mau bikin ini lagi, nyontek lagi. Soale lupa bahannya apa aja. Hihihi. Udah beberapa kali aku menciptakan masakan sendiri. Ada yang berhasil dan ada juga yang rasanya aneh. Kalo yang rasa aneh, gak bakal tak pamerin donk, ngisin-ngisini ae.

Tak ada salahnya kalian mencicipi resep sup merah ini. Yang mau nyontek, silahkan. Semoga berhasil....


SUP MERAH ON FIRE
(Hasil dari modifikasi sendiri)

Bahan:
 - 250 gram daging ayam (potong seruas jempol)
 - 4 lbr daun jeruk
 - 2 lbr daun salam
 - 2 buah tomat, potong sesuai selera
 - 1 liter air
 - 2 genggam daun katuk
 - 4 lembar kubis, potong
 - 1 buah wortel, kupas potong sesuai selera
 - 1/4 buah labu siam ukuran besar, potong dadu
 - 1 sdt garam
 - 1 sdt kaldu bubuk
 - 1/4 sdt gula pasir
 - 1 sdm kecap ikan
 - 2 sdm kecap manis

BUMBU HALUSKAN:
 - 5 buah cabai merah
 - 8 btr bawang merah
 - 3 siung bawang putih
 - 2 cm lengkuas
 - 1 cm jahe

CARA MEMBUAT:
Rebus air bersama ayam. Rebusan pertama rebus mpe setengah mendidih. Matikan api kompor. Buang air rebusan, cuci daging ayamnya mpe beraih dari kotoran. Rebuskembali dengan 1 liter air. Rebus menggunakan api kecil. Rebus mpe mendidih. Kalo dah mendidih diamkan sebentar dengan menggunakan api keciiiilll banget, yar sari pati ayamnya keluar.

Tumis bumbu halus,daun jeruk, dan daun salam sampai harum.tambahkan tomat, aduk hingga layu.

Tuang tumisan kedalam rebusan ayam. Masukkan bahan lainnya kecuali bahan sayur. Masak mpe air mendidih. Masukkan Kentang dan wotel setelah kentang dan wortel agak setengah matang masukkan daun katuk dan kubis, masak mpe keseluruhannya matang. Matikan api kompor. Sajikan hangat.

1 komentar: