Sabtu, 06 Desember 2014

IKAN TENGIRI PANGGANG dengan SAUS BBQ



Hai semuaaaa..

Assalamualaikum.  Wr. Wb

Weekend lagi weekend lagi. Perasaan akhir-akhir ini tema masakan di blog weekend melulu. Hari yang laen dimandoseee..??

Weekend, malming, sendirian di rumah, Lelaki Surga entah berantah dimandose (bikin jengkel). Aku kesepian doooonk!!!. Mentok-mentoknya gadget lagi gadget lageee. Daripada mbesengut cemberut kayak ikan cucut, mendingan ngeblog aje. Berbagi resep di menu hari ini.

Kemaren dapet kabar dari Bucha. Katanya ikan tengiri yang kami beli beberapa hari yang lalu, rasanya kurang fresh. Wadeh.. nahloh... padahal beli ikannya hari Senin, baru aku eksekusi hari ini. Padahal Bucha yang udah mengeksekusi ikannya beberapa hari yang lalu, hasilnya kurang fresh. Apalagi aku yang baru mengolah tu Ikan. Nahlooohhh... daaaannn.... betul sekali, pas aku makan tu ikan, agak gmn geto rasanya, masih ada aroma amisnya. Apa aku yang kurang ngasih jeruk nipisnya, ato emang tengiri rasanya seperti itu. Jujur aje sih, ini pertama kalinya eike makan ikan tengiri. Kalo empek2 tengiri, bakso tengiri mah udah sering. Hampir setiap hari beli begeto-begetoan. Hehehehe.




Sempet bingung sih mau dibikin apaan. Dapat saran dari Bucha dibikin tengiri bertepung. Rencananya mau aku bikin sesuai saran Bucha. Tapi pas liat potongan ikannya, "sepertinya dibikin baked tengiri oke nih, dikasih saus BBQ". Langsung uplak uplik di dapur. Dan hasilnya, untuk saus BBQnya sih udah enak. Tapi ikannya tuh yang radak something wrong. Mungkin kelamaan kali nyimpen di freezer, seperti  yang dikatakan Bucha. Jujur aje sih, aku emang radak nggak suka ikan laut, menurutku agak amis gto. Nyimpen di frezer aroma amisnya tuh nyebar di kulkas, jadi pas buka kulkas bhaaaaaaa.... ambuneeeeee.... kemempul bau amis. Meskipun aku gak begeto menyukai ikan laut, bukan berarti aku gak mau mengkonsumsinya. Dalam seminggu, aku mengkonsumsi ikan laut 1kali. Karena (menurutku) gak tahan lama disimpen di freezer, jadi harus cepet-cepet di olah. Khusus ikan tengiri ini, kan jenis ikan berdaging putih, aku kira kayak nila, kakap, dan sejenisnya yang (menurutku) isa tahan lama di freezer. Makanya aku agak nanti-nanti dulu bikinnya. Ternyata ee ternyata begini deh jadinya. Harus berhati-hati deh laen kali.

Langsung aja yak ke resep... selamat mencoba...



IKAN TENGIRI PANGGANG dengan SAUS BBQ

BAHAN:
 - 500ml fillet ikan tengiri, potong dadu, cuci bersih. Rendam dengan perasan jeruk nipis dan 1 sdt garam. Diamkan kurleb 15menit. Cuci bersih.

BAHAN PERENDAM IKAN:
 - 2 sdm olive oil, bisa pake minyak goreng biasa
 - 3 siung bawang putih, haluskan
 - 1 sdt garam
 - 1/2 sdt oregano
 - 1 sdt lada hitam, tumbuk kasar

BAHAN SAUS BBQ:
 - 3 siung bawang putih, cincang kasar
 - 1 buah bombay ukuran kecil, iris memanjang
 - 4 sdm pasta tomat, kalo pake saus tomat lebih banyak, mungkin sebotol kecil kali yak
 - 2 sdm kecap inggris
 - 1 sdt kecap asin
 - 1/2 sdt garam, hati2 dalam penggunaan garam. Jangan malas untuk sering incip-incip. Karena kecap inggris dan kecap asin udah asin
 - 1 sdm cuka
 - 1/2 sdt oregano 
 - 500 ml air
 - 3 sdm larutan maizena, untuk pengental

BAHAN PELENGKAP:
 - 5 lembar kubis, iris tipis
 - 1 buah timun, iris melingkar tipis
 - 1 sdt cuka
 - 1 sdt gula pasir
 - air matang secukunya untuk mencuci
 - 2 sdm mayonise
 - 1 sdm saus tomat
 - 1 sdm saus cabe botolan

CARA MEMBUAT:
IKAN TENGIRI- rendam ikan dengan bahan perendam. Diamkan kurleb 30 menit. Aku merendamnya semalaman. Panaskan pan anti lengket dengan 3 sdm olive oil atau minyak goreng biasa. Masak ikan tengiri mpe matang merata. Matikan api kompor, sisihkan.

BBQ Sauce- tumis bawang putih dan bombay mpe harum. Masukkan bahan lain kecuali larutan maizena. Masak mpe mendidih. Terakhir masukkan larutan maizena sesendok-sesendok, mpe agak mengental. Jangan terlalu banyak, nanti isa kekentelan. Matikan api kompor. Sajikan dengan ikan tengirinya dan bahan pelengkap, dan nasi.

BAHAN PELENGKAP: campur cuka dan gula pasir ke kubis, remas-remas mpe kubis agak layu. Cuci dengan menggunakan air bersih. Saus mayo: campur semua saus, aduk rata.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar