Jumat, 17 April 2015

MIE CELOR YANG KATANYA MIRIP 26 ILIR PALEMBANG



Hai semuaaa...

Assalamualaikum Wr Wb

long weekend kemaren, dibikin penasaran ma BuCha tentang Mie Celor, salah satu makan favoritnya Mas Irwan (suaminya BuCha). Parahnya, demi sepiring mie celor rela jam 6 pagi makan itu. Katanya kalo gak pagi-pagi takut kehabisan, katanya juga mie celor di situ (lupa namanya) enak, makanya rame. Bahkan si Endy rela jalan kaki ke tu warung. Katanya sih deket dari hotel. Aku dan Lelaki surgaku gak sempat nyobain. Selain gak ada waktu, coz mepet jam kembali ke Bangko. Jam 8 pagi si travelnya udah jemput. Untungnya dapat jatah sarapan di restonya hotel. Besoknya langsung bereksperimen dengan mie celor. Seperti biasa nggoogling dulu resepnya. Nemu resepnya di Dapur Alba15. Katanya sih resepnya tuh hampir sama ma yang di rumah makan di Palembang, mie celor 26 ilir. Katanya juga sih itu mie celor paling terkenal di Palembang. yaaaa... gak tau juga sih. Wong katanya kug, aku kan belom pernah nyoba. Pertama nyoba mie celor ya pas pertama kali bikin ini. Bdw gak sengaja motret malah kayak bentuk wajahe Dorameon. Hihihi.


Yang menjadi masalah tu aku gak tau rasa aslinya mie celor gimana. Jadi, meskipun aku udah nekad bikin ndiri tetep aja rasa penasarannya masih menggebu. Mungkin lebih afdholnya ngincip langsung pada yang udah ahli kali yak. Mungkin karena perasaan itu yang bikin aku kurang sreg dengan mie celor ala buatanku ini. Menurutku sih terlalu biasa. Gak ada spesialnya. Mungkin karena tanganku yang masih biasa kali yak (emange yang gak biasa yang gimana?). Yaaaa... setidaknya tahu lah yang dimaksud mie celor tu yang gimana. Jadi kalo someday ada yang ngobrolin tentang mie celor aku isa nyambung

Bdw komentar lelaki surgaku "enak". Sampe-sampe dia nambah makannya. Dan pedenya lagi, minta disisain buat besok, buat sarapan di kantor. Ya basi laaaahhh.... lelaki surgaku ngeyel, alhasil sisa kuah udangnya masuk tempat sampah deh.

Langsung ke resep yak... Selamat mencoba... ciek... duooo... tigoooo....



Mie Celor Palembang
Sumber asli dari: Dapoerkoe
Modifikasi: Dapur Alba15

BAHAN:
  - 100 gram udang, ukuran sedang, kupas kulit dan kepalanya, potong kecil2 (kulit dan kepalanya jangan dibuang buat bikin kaldu, saya dari mendapatkan kulit dan kepala dari 250 gram udang)

KALDU UDANG:
  - 1250 ml air Kulit dan kepala udang Rebus air, kulit dan kepala hingga mendapatkan air kaldu yang lezat, saring, kemudian takar sebanyak 1100 ml (tambahkan air jika kurang)

BAHAN BUMBU:
  - 1 sendok makan ebi kering, rendam air hangat
  - 6 siung bawang merah
  - 3 siung bawang putih
  - 150 ml santan kental
  - 2 sendok makan kecap asin
  - 1/4 sdt lada bubuk
  -  2 sendok teh gula pasir
  - 4 sendok makan tepung terigu, larutkan dengan air secukupnya
  - Garam secukupnya
  - Minyak goreng untuk menumis

BAHAN PELENGKAP:
  - Mie telur kering, rebus dengan air hingga matang, tiriskan
  - Tauge (saya lebih menyukai tauge mentah, jika mau, bisa direndam air panas sebentar)
  - Seledri, iris halus
  - Telur rebus
  - Sambal cawit rebus (saya cabe rawitnya diiris-iris saja)
 - tauge mentah & mie telur yang sudah matang

CARA MEMBUAT:
Haluskan bawang merah, bawang putih, dan ebi. tumis hingga harum, masukkan udang, tumis hingga udang berubah warna. Masukkan ke dalam kaldu udang dan tambahkan santan kental, aduk rata dan didihkan. Tambahkan kecap asin, gula, lada dan garam, kemudian beri larutan tepung terigu, aduk hingga mengental. Susun mie telur, tauge, dan telur rebus dalam mangkuk, siram dengan kuah panas, taburi dengan daun seledri.

1 komentar: