Minggu, 12 April 2015

BANGGA MASAKAN INDONESIA BERSAMA ZOMATO



Hai semuaaa...

Assalamualaikum. Wr. Wb

Kyaaaaa.... Akhirnya, pertama kalinya aku ikutan challenge Indonesianfoodblogger yang biasanya disingkat IDFB. Yihuuuuy... Duh senangnya. Baru ikutan aja udah kegirangan, apalagi kalo menang, hihihi (ngarepnya :D). Setiap kali kalo mau ikutan challenge IDFB selalu waktunya mepet pas batas akhir periode. Yasudah deh, nyerah duluan. Nunggu challenge berikutnya. Kali ini mumpung masih ada banyak waktu, langsung semangat cetak cetik berceloteh (hadeh, bahasa apa loh itu).

Kali ini IDFB bekerjasama dengan Zomato (Bukan tomat loh yak). Zomato merupakan panduan pencarian restoran online dan mobile yang menyediakan informasi mendalam untuk lebih dari 370,000 restoran di 22 negara. Fitur utama konten Zomato meliputi menu, foto, koordinat dari setiap restoran sehingga memudahkan pengguna untuk menemukan dan mengulas restoran serta berinteraksi antar Foodie lainnya. Pada 6 November 2013, Zomato secara resmi membuka operasionalnya di Jakarta-Indonesia dengan lebih dari 12,000 daftar restoran. Pada September 2014, Zomato telah membuka kota baru yaitu Bali. Saat ini situs dan platform ponsel Zomato telah diakses oleh lebih dari 80 juta pengguna setiap bulannya secara global untuk mencari tempat makan diluar, mencari layanan pesan antar, berkumpul di kafe, atau menikmati kehidupan malam. Platform yang fokus kepada pengguna memudahkan pemilik restoran berinteraksi langsung dengan konsumennya. Jadi, misal nih kalo yang lagi liburan di bali atau di Jakarta, bingung mau makan apa dan di mana bisa tuh langsung serching-serching di Zomato. Ato kalo udah pernah makan di suatu restoran di Bali atau Jakarta, tapi lupa jalan menuju kesana, bisa tanya bang Zomato. Pokoknya kalo masalah makanan, resto, dan cafe mah brrrrrrr bang Zomato ahlinya. Sayangnya cuma ada di wilayah Jabodetabek dan Bali doank. Andai di Jambi ada. Bisa wisata kuliner nih bersama Zomato, hihihi.

Caranya gampang kug. Tinggal buka aja linknya (klik Zomato).



Pilih lokasi yang diinginkan jabodetabek atau bali (misal di Jakarta). Kemudian tulis di kolom search nama resto atau menu makanan yang di inginkan. Misalnya "wedang ronde", klik tombol search. Kemudian tampilannya seperti gambar berikut.



Kemudian nongol deh macam-macam resto yang menyediakan menu wedang ronde. Tinggal pilih yang mana. Misal klik "Suwe Ora Jamu". Akan terlihat gambar sebagai berikut.



Terdapat peta, gambar menu, harga, dan komentar-komentar yang pernah mengunjungi  di situ. Tips bagi yang belum pernah ke resto tersebut lebih baik membaca kolom komentar-komentarnya terlebih dahulu. Memuaskan kah?, Ramah pelayanan kah?, bersih kah?, nyaman kah?, murah kah?, yang lebih penting nih, enak kah?. Jangan sampe menyesal dikemudian loh. Kalo yang belom tau lokasinya, bisa tinggal klik pada gambar peta. Pasti udah pada punya USB kaan? Upssss salah, GPS yang bener. Kug malah ikut-ikutan (yang haji-haji tu loh). Teruz nih, kalo misal kita lagi pengen wedang ronde, tapi temen atau sodara atau kekasih atau siapalah malah pengen makanan yang berbeda dengan kita, bisa klik gambar menu. Nongol deh menu apa aja yang di sajikan. Jadi jangan sampe mlencar cuma gara-gara beda pengen makan apa.

Seperti yang aku bilang tadi, Zomato adanya cuma di Jabodetabek dan Bali doank. Aku belom pernah ke Bali. Kalo Jakarta cuma numpang transit doank di soeta. Jadi yo belum pernah menggunakan aplikasi Zomato. Mungkin someday bisa berwisata kuliner bersama Zomato. Doakan yak rejeki lancar (aamiin).

Challenge ini mewajibkan pesertanya untuk menulis 5 makanan tradisional yang menjadi favorit kita. Hadeeehhh... Sebenernya buanyak bingit makanan tradisional yang jadi favorit. Apalagi jajanan pasarnya. Hmmmmm.... Hati-hati gendut loh. Biarlah gendut... Hidup cuma sekali, hahahaha. Soooo.... Berikut makanan favoritku.

1. URAP SAYUR

Gambar diambil dari vemale.com

Dulu aku gak begeto doyan urap sayur. Sekarang malah doyan banget. Mungkin dulu aku gak sadar urap sayur tu enak. Padahal ibuku kalo ke pasar pagi-pagi pasti bawa urap sayur untuk sarapan. Tapiiii... Setelah merantau di pulau seberang, jadi mabok urap. Kalo makan urap bikin nafsu makan meningkat. Biasanya aku makan cuma sepiring, pake urap bisa nambah berkali-kali. Malah kalo lagi masak urap, ngemilnya juga urap. Hihihihi. Kalo mau bikin urap, bisa dilihat nih resepnya (URAP SAYUR). Urap tu saladnya Indonesia yak. Terdiri dari berbagai macam sayuran dengan dicampur pake kelapa berbumbu. Rasanya pedas gurih dan nagih. Isian sayurnya biasanya pake sayur bayam, kacang panjang, wortel, taoge, dan masih banyak lagi. Aroma kencur dan daun jeruknya tuh yang bikin nafsu makan nambah nambah dan nambah. Bisa juga dikasih suwiran daging ayam atau daging sapi. Bahkan suwiran ikan pun bisa.

Aku hanya mampu menemukan satu resto yang menyediakan menu urap sayur di Zomato adalah di Dapur Solo di daerah Sunter. Sebenernya di kampung halamanku, Solo. Sering banget ngelewatin Dapur Solo. Hampir setiap hari malah. Soalnya kalo mau ke kampus atau pulang dari kampus pasti nglewatin Dapur Solo. Penasaran juga sih, soale setiap kali lewat pasti rame. Gak pernah sepi.

Ini salah satu komentar dari pengunjung.



2. SEGO/NASI KUCING

Gambar diambil dari en.wikipedia.org

Waaa.... Ini nih yang paling favorit. Sego kucing murah meriah (kalo makannya dikit :D). Sego/nasi kucing tu nasi bungkus. Isinya nasi, suwiran daging bandeng, dan sambal terasi atau sambal tomat. Porsinya sih sedikit. Yang doyan makan jangan harap yak bisa mengenyangkan perut hanya dengan sebungkus doank. Aku aja minimal beli 2 bungkus. Sego kucing ini dijual di warung angkringan. Warung Hik namanya, singkatan dari Hidangan Istimewa Kampung. Hik ini banyak dijumpai di area Solo raya dan DIY. Biasanya Hik ini ada di pinggiran jalan, dengan lampu remang-remang. Kalo lampunya terang gak tau kenapa pasti Hiknya bangkrut. Mungkin kalo gak remang-remang gak afdhol kali yak. Aku aja lebih suka Hik yang remang-remang. Biasanya makannya gak di meja makan selayaknya warung makan yang lain. Kalo Hik berbeda, makannya lesehan di pinggir jalan (trotoar). Kalo kehabisan tempat, tenang aja. Tinggal minta tikar ma abang penjualnya. Jereng tikar sendiri deh. Biasanya Hik buka pada jam malam. Menunya juga macam-macam. Yaaa hidangan kampung tuh. Misal tempe bacem, ayam bacem, sate telor puyuh, gorengan, dll. Nasinyapun gak cuma sego kucing doank, masih ada banyak jenis nasi ala Hik. Misalnya, nasi oseng-oseng tempe kacang panjang, nasi teri, nasi goreng, dll. Kalo mau bikin sendiri di rumah silahkan liat resepnya di Sego Kucing.

Salah satu resto di Zomato ada di Sego Kucing Pak Blangkon. Review lebih lengkap bisa dilihat sendiri yak.



3. WEDANG RONDE

Gambar diambil dari inti-sari.com

Wah, ini makanan atau minuman yak?. Gak papa lah, yang penting tradisional (maksa). Ini juga favoritku soooo much. Dijamin seger dan bikin badan hangat. Yang bikin hangat karena kuah jahenya yang hangat dan pedas. Isiannya juga macem-macem. Ada jendol jendol dari tepung ketan (gak tau namanya), di dalam jendol-jendolnya tuh biasanya dikasih irisan gula merah, atau kacang tanah sangrai yang dihaluskan. Ada juga agar-agar, kolang kaling, irisan roti tawar, dan ditaburi dengan kacang tanah sangrai. Wedang ini di minum pas malam hari, atau pas dingin-dingin. Biasanya juga bukanya pas malam-malam. Waaaaaa..... Jadi kepengen nih. Sayangnya di sini (Jambi) gak ada yang jual. Mau gak mau harus bikin sendiri. Nih resepnya Wedang Ronde :).

Naaah... Kalo resto di Zomato salah satunya yang sedia wedang ronde di Suwe Ora Jamu.



4. SELAT BISTIK SOLO

Gambar diambil dari tempatwisata.co.id

Ini juga favorit bingit daaaah. Aaaargh, ngebayangin aje udah salah tingkah. Sesuai namanya, selat bistik solo khasnya Solo poenya. Isinya tuh wortel, buncis, ketimun, kentang goreng, selada, telur kecap, dan daging, yang disiram dengan kuah semur plus ditambahkan mayones homemade yang rasanya kecut segar. Apalagi dimakan pas siang-siang pas matahari lagi terik-teriknya, wuiiihhh segernyaaa. Bagi yang belom nyoba dan atau pengen masak sendiri bisa dilihat di Selat Bistik Solo.

Salah satu resto yang tersedia di Zomato adalah di Waroeng Solo di daerah Kemang.



5. BUBUR SUMSUM


Ini termasuk desert kali yak. Desert ala Indonesia. Enak loh. Aku suka bingit. Sering aku bikin ni bubur. Apalagi kalo pas cuaca lagi dingin-dingin. Makan bubur sumsum dengan kuah gula merah yang anget, nikmatnyaaaaa. Bikinnya juga gampang. Bisa klik di sini. Kalo adat Jawa tengah nih, khususnya wilayah Solo raya, kalo setelah ada acara besar seperti menikah, sunatan, dan hajatan yang lain, pasti beberapa hari setelah acara, yang punya acara mengadakan seperti syukuran, menunya bubur sumsum. Seperti namanya sumsum diartikan sebagai tulang sumsum. Diharapkan dengan makan bubur sumsum menjadi lebih bertenaga dan segar setelah bersibuk ria dengan acara kemaren. Nih resepnya Bubur Sumsum.

Nah kalo sedang jalan-jalan di Bali ati Jakarta tiba-tiba pengen bubur sumsum bisa search aja di Zomato. Salah satu resto yang menyediakan bubur sumsum ada di Gula Merah daerah Setiabudi. Malah di Gula Merah ini bubur sumsumnya dimodifikasi dengan durian atau kacang merah. Hmmmmm... Jadi penasaran deh aku.



Sekian cetak cetik celoteh dari aku. Semoga bermanfaat yak :D.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar