Kamis, 16 April 2015

OYAKO DONBURI sarapan simple ala GP



Hai semuaaa.....

Assalamualaikum. Wr. Wb

"Dek, kalo bikin sarapan kerepotan gak...?
Kantin gak jelas, kadang buka kadang gak.
Sering gak bukanya"

Selama ini Lelaki surga selalu sarapan di kantin. Katanya sih biar aku gak kerepotan. Padahal kalopun bikin yo gak repot-repot banget. Emang sih kudu puter otak buat bikin sarapan sesimple mungkin. Jadi pagi-pagi udah bereksperimen masakan.

Bereksperimen masakan buat sarapan tuh emang lebih menantang. Gimana gak menantang coba? Bangun pagi, berasa dikejar waktu. Jam 7 pagi sarapan harus udah ready. Namanya juga eksperimen, bisa sukses bisa juga gagal. Kalo sukses mah alhamdulillah, nah kalo gagal?. Kalo banyak waktu mah bisa mengulang masakan dari awal lagi, bahkan bisa ganti menu. Kalo sarapan mana ada waktu untuk mengulang. Mentok-mentoknya juga ditambah apa geto biar rasanya membaik. Huft. Meskipun kurang emejing rasanya.

Jadi, selama bikin sarapan dari hari Senin mpe sekarang (kamis), belom ada sarapan yang menurutku emejing. Hari pertama bikin sandwich aja keasinan (alhandulillah habis). Hari kedua bikin bubur Manado (ralat, bubur paddas dink), hasilnya kekurangan air dan eneg (alhamdulillah masih ada sisa masuk tong sampah). Hari ketiga spaghetti aglio e olio, rasa pas tapi kurang istimewa (alhamdulillah ludes). Hari ini, hari keempat bikin masakan Jepang Oyako donburi, rasanya gak rata (belom tau habis kagak). Sekian banyak menu sarapan, belum memuaskan buat aku. Jadi berasa bersalah ke Lelaki surga. Takut ngecewain. Pengennya sarapan enak, lha kug mbelgedhewes gene. #tapok jidat.


Dari kemaren kepengen banget berbagi resep buat sarapan. Tapi karena hasil yang selalu mengecewakan dan gak ada waktu sesi pemotretan, akhirya nekad deh ngeblog. Yaaaa meskipun menu sarapan ini sama-sama belum maknyoss, pasti tangan teman-teman lebih hebat dari tanganku. Hasilnya pasti enak punya teman-teman :D. Kesalahanku bikin menu ini karena telurnya gak aku kasih lada dan garam. Ingetnya pas telur udah kesiram di teflon. Jadi ngasih garam ma ladanya telat. Jadi gak rata deh rasanya. Ada yang keasinan, ada yang hambar, ada yang gak jelas rasanya, hadeeeeh. Kata Lelaki surga sih "hmmmmm.... Smells good"

Langsung ke resep yak. Cekidoooottt.....

Note: takaran dikira-kira sendiri yak. Jangan lupa incip-incip.


OYAKO DONBURI ala GP

BAHAN:
 - 3 butir telor, kocok sebentar (kocoknya gak mpe rata yak) paling 4-5 kali ngocoknya.
 - 1/2 sdt lada hitam tumbuk kasar
 - garam secukupnya

BAHAN LAINNYA:
 - 1 genggam bayam
 - 1/2 buah bawang bombay, iris memanjang
 - 100 gram fillet daging ayam, potong dadu 1-2cm
 - 200 ml air kaldu/ air biasa
 - 2 sdm kecap asin (merek mempengaruhi rasa) aku pake merek tropikanasl*m
 - 1 sdm gula pasir

CARA MEMBUAT:
Siapkan teflon, campur air kaldu bersama kecap asin dan gula pasir. Masak sebentar. Masukkan bayam, bombay, dan daging (pastikan menyebar rata yak, jangan cuma di salah sisi doank). Tutup teflon, masak mpe mendidih. Masukkan kocokan telor (separo dulu), usahakan merata yak. Tunggu mpe matang telurnya. Lanjutkan masukkan sisa telor. Masak setengah matang atau matang. Sesuai selera yak.

Siapkan nasi, tata di dalam mangkuk. Letakkan telurnya di atas nasi. Makan selagi hangat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar