Senin, 27 April 2015

CHAWANMUSHI, menu sarapan jumat berkah



Hai semuaaa...

Assalamualikum Wr Wb

Sebenernya aku udah pernah posting dengan menu yang sama, chawanmushi. Ini termasuk sarapan favoritku (padahal jarang sarapan). Bikinnya gampang bingit, dan rasanya juga enak. bagi yang doyan pedes tinggal dikasih saos sambal.



Pagi ini sengaja aku bikin chawanmushi untuk sarapannya Lelaki surga. Masih ingatkan dengan postinganku sebelumnya?. Sekarang, aku harus bergelut bersama kompor mulai subuh (jam 6 masih subuh kagak sih?), demi requestnya Lelaki surga. Chawanmushi kali ini agak sedikit berbeda dengan chawanmushi yang ku posting sebelumnya (klik ini). Kalo sebelumnya resepnya versi lebih simple dan gampang, kalo yang sekarang ini lebih banyak bahannya, bukan berarti ribet yak. Tanggapan Lelaki surga sih belum tahu yak, wong belom tak tanyain, tapi alhamdulillan habis bersih ludesss.

Langsung ke resep yak... wan tu tri goooo.... Selamat mencobaa...


CHAWANMUSHI
(Resep by the urban mama, tapi sedikit ku modifikasi dengan bahan seadanya)

BAHAN:
 - 4 butir telur, kocok pelan yang penting nyampur semuanya.
 - 200ml air kaldu
 - 1 buah wortel besar, potong dadu (seadanya di kulkas)
 - 1/4 bonggol sawi putih, iris kasar tipis (seadanya di kulkas)
 - 1 sdt kecap ikan
 - 1/2 sdt kecap asin

BAHAN REBUSAN:
 - 100 gram fillet ayam, potong dadu
 - 1 buah bawang bombay kecil
 - 4 siung bawang putih (haluskan)
 - 2 sdm ikan teri kering (haluskan)
 - 1 batang daun bawang
 - 400 ml air
 - garam dan kaldu bubuk secukupnya
 - 1/2 sdt lada bubuk

CARA MEMBUAT:
Rebus bahan rebusan mpe mendidih dan matang. Jangan lupa incip-incip yak. Diamkan sampe udara panasnya hilang. Kalo dirasa sudah dingin, campur dengan telur kocok, air kaldu, kecap ikan, kecap asin, dan bahan sayur. Aduk mpe rata. Panaskan dandang kukusan mpe airnya mendidih. Siapkan wadah atau gelas mug. Masukkan chawanmushi ke dalam wadah atau mug. Kemudian dimasukkan ke dalam kukusan. Kukus selama kurleb 30 menit dengan tutup yang sedikit terbuka. Hidangkan selagi hangat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar