Kamis, 09 Januari 2014

CHAWANMUSHI (JAPAN)


Eitsss.... jangan salah yak, itu bukan minuman, tapi apa yaa #bingung. Pokoknya itu chawanmushi, makanan khasnya Japan. Kalo bahasa kerennya "ndok kukus" alias telur kukus alias egg steam. Cocok buat sarapan. simpel dan praktis. Emang sengaja di tempatin pake mug ato cangkir (aslinya memang beeto). 
 
Kemaren malam stok bahan makanan tinggal telor ma jamur kuping kering. Yasudah deh alakadarnya. Kebeneran ada bakso glindingan juga. Alhamdulillah. Rencananya mau bikin tumis jamur biasa plus telor ceplok ato dadar. Tapi kug biasa bangget, pengen bikin yang beda. Dan terciptalah chawanmushi ini. Dan ini pertama kalinya aku bikin dan merasakan. Sempet dag dig duh takut produk gagal. Kasian lelaki sugaku donk makan masakan produk gagal. Stok bahan cuma itu, dan di luar ujan pula. So kalopun gagal gak bisa jajan. Dalam hati "bismillah, bismillah, bismillah". Cuma itu ajjah jompa jampinya. Dan ternyata ALLAH MAHA PENYAYANG. Setelah "ndok kukusnya" jadi, aku incipin 1 sendok makan, dan tralaaaaa jebulnya wenuk tenan. Malah nambah 1 sdm lagi. Jadi menu favorit deh. Dan tentunya lelaki surgaku doyan bingiiittt (hahaha... malah alay). 
 
Aku nemu resep ini di gugel, tapi aku lupa blognya siapa. Lupa ngopy juga. Setelah akucari-cari, tapi gak ketemu. Maaph yak mbak blog yang aku contek (tapok jidat). Pic di atas itu chawanmushi setelah di kukus. Kalo yang di bawah ini chawanmushi saat mau di santap. Setelah di aduk-aduk.
 

Bahannya gamping bingit booo. gak neko-neko. Resep ini recomended untuk dicoba. Selamat mencoba... ;) 
 
CHAWANMUSHI
 
BAHAN:
 - 3 butir telur, kocok pelan pelan saja, yang penting kecampur
 - 1/4 sdt garam
 - 1/4 sdt merica bubuk
 - wortel, aku gak pake
 - kembang kol ato brokoli, aku gak pake
 - 3 buah jamur kuping kering ukuran besar, rendam air panas mpe jamur mengembang dan lunak, kemudian iris tipis
 - 6 butir bakso,belah jadi 3 bagian
 - sosis, potong2, aku gak pake
 - 1 batang kecil daun bawang, iris halus
 - 300 ml air, aku pake air kaldu

CARA MEMBUAT:
Campur semua bahan menjadi satu. Aduk pelan pelan. Masukkan ke dalam wadah tahan panas. Masukkan ke dalam dandang kukus yang sudah panas, masak kurleb 7-8 menit. Jangan mengukus erlalu lama. Bisa mengakibatkan lapisan bagian atas mengeras. Stelah matang, masukkan ke dalam mug, atau cangkir. Sajikan hangat-hangat. Bisa dikukus menggunakan wadah mug atau cangkirnya langsung.



4 komentar:

  1. gawe blog barang mb. hehe..
    enak kie ketoe :D.., ndang digawe ningomah mb.. xixi

    BalasHapus
  2. iyo pin... ki wenak naaann... segeerrr... mas rizki ae doyan. Wingi bar gawe, tp kasinen.. hahahahaha.... hadeeehhhh..... #tapok jidat

    BalasHapus
    Balasan
    1. walah kog yo kasinen hehe,.
      wes dadi koki tenan ki,. masakane ketoe luar negerinan hehe...

      Hapus
  3. wakakakakaka.... gelare wis encheff... gerek melu master cheff... #langsung dtolak mentah2..

    yo maklumlah pin... kan urip neng hutan... ra enek pizza hut... so masakane etok-etok'e luar negrinan... #melas...

    kon gawekke ibu iki pin... ditambahi minyak ikan tambah wenak lhoohhh... po meneh lg musim udan... mantaaappphhh.... :D #jempol papat...

    BalasHapus