Jumat, 17 Januari 2014

MANGUT IKAN PARI SEGAR


Waktu jalan-jalan di pasar (maklum gak ada mall, pasarpun jadi), gak sengaja nemu ikan pari segar. Tanpa pikir panjang, langsung nyrobot deh beli sekilo sekalian.Gara-gara ikan pari jadi kangen ibu tersayang. Kalo ibu mampir Demak di rumah nenek, pulangnya pasti bawa ikan pari asap. Trz dibikin mangut. Wuiiiiihhh... suegereee reeekkk. Wenak pokoe. 

Naaahhh... terinspirasi dari masakan sang Ibu tersayang, akhirnya ikan pari yang aku borong menjadi mangut ikan pari. Cuma yang bikin beda ikan pariku segar, bukan ikan pari asap. Untuk rasa sih oke oke ajjah. Cuma ada yang kurang sedep. Mungkin aroma pari asapnya yang gak ada.

Pas banget kemaren mamaknya kak Nia dateng berkunjung, bawa oleh-oleh tahu putih bikinan sendiri. Mangutnya ku kasih tahu juga. Pokoknya mangutku ini ikut-ikutan mangutnya Ibu. Susahnya hidup jaoh dari keluarga. Dulu aja waktu masih gadis, gak betah di rumah. Setiap hari maeeeennnn teruz. Selalu ada ajjah tujuan maennya. Meskipun modal maen cuma bawa duit 20ribu doang, udah bisa nyampe Jogja. Yang penting bisa buat uang transport. Mpe Jogja kelaperan dan akhirnya ngamen dulu. hahahahahahaha.., Jaman edannya aku bersama kawan-kawanku. Sampe2 ada ibu2 yang nylonong "pakaian bagus kug ngamen tho mbaak mbak", tapi nyodorin duit 10ribu. Hyaaaa... piye banget loh tu ibu (makasih yak bu). Teruz ada juga anak kecil bilang "mbake ayu, mas-e ganteng2 kug ngamen". Haduuuhhh.. Pengalaman ngamen yang tidak meyakinkan masyarakat. Kebetulan beberapa temanku kuliah di ISI Jogja. So jago maen alat musik. Waktu ngamen temenku bawa biola, gitar, sm harmonika, dan aku tepok tangan ajjah. Hahahahahaha.,. Dan di luar dugaan, kami ngamen berlima dan dapet duit total 263. 200, dibagi berlima so @ 50ribu plus es teh. Padahal itu cuma ngamen selama kurleb 2,5 jam. Rata-rata yang ngasih 1000 rupiah. Ternyata penghasilan pengamen banyak juga yak. Hmmmmm. Gak heran di tivi nongol berita pengemis kaya raya.

 Sekarang udah merid, ikut suami di perantauan. Mulai berasa kangen keluarga. Malah sekarang di rumah teruz. gak bisa kemana-mana. Mentok-mentoknya nongkrong di dapur, dan bereksperimen masakan deh. Kalo jalan2 ke luar kota, dan ada hypermartnya. Weleh-weleehhh... Bener2 kyk wong ndeso, suenenge reeekkk. Padahal cuma hypermart. Langsung borong dah. Beli ini beli itu semua dibeli. "dasar ndeso".

Kembali ke mangut. Kalo ibuku bikin mangut, langsung nafsu makan menggunung. Semangat makan deh. Masakan ibuku yang bikin aku semangat makan adalah nasi goreng, dan mangut ikan pari asap. Sama kerang rebusnya juga. Mangut bikinanku ini juga gak kalah mantapnya kug. Soal rasa sebelas duabelas ma mangutnya ibuku. Kalo aku pake ikan pari asap, perfect dah. Seperti biasaaa... masak seadanya. hehehehe.

Berhubung males mikir bikin sayur apaan, so jadilah kacang panjang dan terong di campur jadi satu ma mangutnya. Kebetulan ada stok kacang panjang. Terongnya tinggal metik di depen rumah kak Nia. Luamayanlah bisa ngirit seribu. hehehehe.

Yang lagi punya stok ikan pari, bisa di contek resepnya. Selamat mencobaaa..... ;)

MANGUT IKAN PARI

BAHAN:
 - 250 gram ikan pari segar, bersihkan, dan lumuri dengan air jeruk nipis (lebih mantep pake pari asap)
 - 4 buah tahu putih
 - 2 lembar daun salam
 - 2 cm lengkuas, geprek
 - 1 bungkus tersi a*c, bakar
 - 1 sdt ketumbar bubuk
 - 1buah terong ungu ukuran besar, belah menjadi 4 bagian kemudian potong kira2 1cm
 - 200 gram kacang panjang, potong serong 2 cm
 - 800 ml santan encer (campuran 1 bungkus santan instan kecil + air)
 - 4 sdt garam
 - 3 sdt gula pasir

BUMBU HALUSKAN:
 - 10 butir bawang merah
 - 5 siung bawang putih
 - 4 cabe merah
 - 10 cabe rawit merah, opsional

CARA MEMBUAT:
Panaskan 3 sdm minyak goreng, tumis bumbu halus, daun salam, dan lengkuas. Tumis mpe harum. Kemudian masukkan terasi bakar, dan ketumbar.  Masak mpe terasi hancur. Tambahkan bahan lainnya kecuali ikan pari. Aduk pelan-pelan mpe mendidih. Masukkan ikan pari dan tahu, masak mpe keseluruhannya matang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar