Selasa, 07 Januari 2014

TTEOKKBOKKI kue beras pedas Korea


Spadaaaaaa.... yang lagi demam Korea nih. Jangan cuma demam KPopnya ajjah. Cobain donk Kfoodnya juga. Yar lebih afdhol demen Koreanya. Yang doyan nonton Kdrama pasti sering liat aktor dan aktresnya makan tteokkbokki. Makanan yang warnanya merah nyala, bikin ngiler pokoknya, yang bentuknya agak panjang, dan berkuah kental, dan kayaknya pedas banget. Tteokkbokki adalah cemilannya orang Korea. Pa lagi kalo musim dingin, rasa pedasnya bisa bikin hangat badan. Apa lagi di makan pas masih hangat2nya. Hmmmmm... bayangin ajjah udah ngiler.


Biasanya masakan korea pasti gak jaoh2 ma yang namanya gochujang, pasta cabenya Korea poenya. Masalahnya pasta gochujang di Indonesia gak tau halal gak. Soalnya gak ada tulisan halal dari MUI. Naaaahhh... jadi bingung deh. Pengen makanan korea tapi bahan utamanya gak jelas geto.

Naaaahhh... dont worry be happy. Masalah gochujang, ada kug gochujang versi Indonesia dan yang pasti halal. Kalo mau liat resepnya udah pernah aku posting di sondobu jjigae. percobaan waktu itu gagal. Kemaren iseng-iseng coba pake cabe giling sebagai penggani bubuk cabenya, lumayan better dah. Tapi tetep ajjah masih belom sesuai dengan lidahku. Tapi untuk rasa mendingan dari pada yang sebelumnya. Pernah juga pake cabe kering, tapi masih kurang pas. Tapi menurutku lebih enak pake cabe segar giling. Maklumlah di sini gak ada yang jual cabe bubuk korea.

Bermodal dengan gochujang cabe segar, akhirnya memberanikan diri bikin tteokkbokki. Bagi yang demen KFood hasilnya enak. Tapi kalo lidah gak terbiasa dengan Kfood, ya rasanya jadi aneh. Yaaahh, begitulah makanan Korea. Berbeda dengan yang biasa kita rasakan. Kalo yang belom terbiasa, bikinnya sedikit ajjah. Kalo dirasa cocok, next time bikin lagi. Kalo gak cocok kan gak sayang kalo dibuang. lha wong bikinnya dikit kug. hehehehehehe. Bagi yang penasaran monggo dicontek resepnya.

Maaph eyaaakkk, hasilnya kurang menyala merahnya, jadi kliatan kurang mantaph gto. Maklumlah pake bahan seadanya. hehehehe...

TTEOKKBOKKI

BAHAN:
 - 250 gram tepung beras
 - 1 gelas air, atau secukupnya
 - 3 sdm minyak sayur

CARA MEMBUAT:
Campur tepung beras dan air. Masak sambil di aduk aduk mpe mengental dan rata. Kira kira bisa di bentuk adonannya. Kemudian matikan api kompor. Diamkan mpe agak dingin. Kemudian masukkan 2 sdm minyak sayur. Aduk rata. Cocol jari telunjuk ke sisa minyak sayur, kemudian ratakan di telapak tangan, bentok adonan menjadi lonjong panjang sampe adonan habis. Jangan lupa panaskan panci kukusan. Kalo adonan udah jadi, kukus kurleb 15 menit. Kemudian dinginkan, potong kira2 2 cm.
BAHAN TTEOKKBOKKI:
 - tteok yang udah dipotong 2cm
 - 3 siung bawang putih, haluskan
 - 3 siung bawang merah, haluskan
 - 10 cabe mera, haluskan
 - cabai rawit sesuai selera, haluskan
 - daun bawang, potong halus
 - saos sambal/ gochujang secukupnya (lupa ngitungnya)
 - 1 sdm minyak ikan
 - 1 sdt kaldu bubuk
 - 2 sdt gula pasir
 -1 buah tomat ukuran besar, haluskan
 - biji wijen sangrai untuk taburan

CARA MEMBUAT:
 tumis bumbu halus mpe harum dan matang, masukkan tteok, lalu masukkan 250 ml air (kira-kira), kaldu bubuk, minyak ikan, gula pasir, dan saos sambal / gochujang. Masak mpe bumbu meresap ke tteok. mpe air menyusut. Jangan lupa incip-incip. kalo sudah pas masukkan daun bawang. Aduk rata. Matikan api kompor. Sajikan dengan ditaburi dengan biji wijen sangrai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar