Kamis, 09 Januari 2014

SATE BOLA GEPENG NASI


Sebel deh kalo bangun pagi nemuin nasi sisa kemaren. Kalo di buang sayang. Kalo di makan dah agak keras. Gak pulen lagi. Akhirnya meras otak yar si nasi gak mubazir. Dan menemukanlah cemilan ala Jepang ini.

Cemilan ini terinspirasi dari tusuk sate. Beberapa hari yang lalu bikin sate, tusuk satenya sisa buanyaaak. Beli separo gak boleh, kudu satu pack. Karena tusuk sate ini yang bikin otak tiba-tiba sak klebetan mikir cemilan dari Jepang yang namanya Mitarashi Dango. So mencoba menguplak uplik deh.

Yang bikin repot tu saat menghaluskan nasinya. Mencoba pake blender ternyata gak sehalus yang aku bayangkan. Akhirnya aku uleg-uleg deh. Memang agak merepotkan. Tapi kalo pake blender gak pa pa, gak halus banget juga gak papa. Yang penting nasi lunak dan bisa dibentuk. Kalo masalah nasi sudah beres, selanjutnya super gampang. Untuk sausnya aku masih bimbang, soalnya kayaknya kurang pas. Aku bikin saus dango. Sempet aku cocolin ke saus bikinanku sendiri, tapi malah tambah kurang pas. Menurutku lebih baik pake yang saos dango. besok aku mau coba lagi deh. Soalnya aku salah masukin bahan, seharusnya kecap asin, lha kug aku keliru nguncurin minyak ikan. Mungkin karena itu juga yang bikin eror rasanya. Hehehehehe. #penasaran.Sengaja hari ini masak nasi agak banyakan. :D. Ini nih penampakan sausnya.


Setelah mencicipi nasi bakarnya, baru nyadar kalo itu Jaddah bakar. Dulu nenekku dan ibuku sering bikin nasi jaddah, tapi di goreng. Biasanya bikin jaddah kalo ada "bancaan". kalo ada orang bikin acara besar2an, misalnya nikahan, sunatan, lahiran anak, pokoknya bancaan yang biasanya di wadahin besek, box, dan sejenisnya. #bingung juga jelasinnya. hehehehe. Tapi iu kalo acra di pedesaan. Kalo dah kota jarang ada jaddahnya. Kalo orang jawa pasti mudeng lah. :D

Langsung ajah yak ke resep. CEKIDOT.... Selamat mencoba...

SATE BOLA GEPENG NASI


BAHAN:
 - nasi (lupa nimbangnya), yang pasti dikit kug, semangkuk kecil
 - tepung 2 sdm
 - garam sedikit

BAHAN SAUS:
 - sedikit air, kira-kira 1/2 cangkir ukuran kecil (gelas bonus beli kecap s*dap)
 - 3 sdm gula pasir
 - 1,5 sdm kecap asin
 - tepung maizena 1 sdm larutkan 2 sdm air

ÇARA MEMBUAT:
 Haluskan nasi mpe lembut. Kalo pake uleg-uleg, siapin air hangat beri garam,masukkan alu (yang buat nguleg) ke dalam air garam. Rendam sebentar yar nasi gak lengket. Kalo pake blender, nasi dicampur ma air hangat. Kalo nasinya udah lembut, campur dengan tepung, dan garam. Aduk rata. Kemudian bentuk bulat-bulat, dan gepengkan, lakukan mpe adonan abis. Kemudian panaskan wajan atau teflon (gak usah pake minyak). Adonan nasi langsung panggang di wajan atau teflon. Jangan lupa dibolak balik yar ke2 sisi matang. Pake api kecil ke sedang ajjah (takut cepet gosong).
BAHAN SAOS: Campur semua bahan ke dalam panci kecil, masak mpe mendidih dan mengental.

Catatan tambahan : Lebih enak pake taburan biji wijen sangrai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar