Sabtu, 11 Januari 2014

TUMIS BUNCIS WORTEL NGIRIT (cocok banget bagi yang lagi males masak)


 Beberapa hari yang lalu, entah kenapa kug badan rasanya capeeekk banget. Pengennya tidur mulu. Tapi kalo dibuat tidur gak sa merem (gean pagi-pagi ug dah tidur lagi). Yang paling berasa capek dan pegel tu di area pinggang. Padahal kalo ku pikir-pikir gak banyak kerjaan loh. Maen ke rumah tetangga bentar aja, pulang-pulang dah berasa lemes. Dalam hati berharap "smoga hamil". Aamiin. :D 

Karena capeknya itu yang bikin malez ngapa-ngapain, dan termasuk memasak. Dan akhirnya bikin menu yang simpel-simpel ajjah. Aku punya beberapa menu andalan kalo aku lagi males (menu males). Tapi bisa jadi kalo pas lagi acara "ngirit", cocok banget masak begene-begenean. Salah satunya resep ini. Resep ini bisa juga buat persediaan loh. tinggal taroh di wadah kedap udara, simpan deh di kulkas. Tapi cuma bisa bertahan paling lama 3 hari. Kalo aku biasanya untuk makan siang plus makan malam. Bikinnya siang, tapi khusus untuk persediaan makan malam, dimasak setengah matang. Sisanya di masak matang untuk makan siang. 

Biasanya kalo lagi males, pengennya masak yang simpel-simpel ajjah. Biasanya masak yang 2 in 1. Lauk plus sayurnya jadiin satu. Resep ini bisa ditambahin juga daging ayam, daging sapi, ato fillet ikan. Sesuka hati deh, yang penting cocok. Berhubung aku cuma ada stok "bukan fillet" ikan, so aku gak pake campuran lauk. Untungnya ada sisa ikan kemaren yang sudah aku bumbuin tapi belom sempet di masak. So jadilah ikan goreng. Ikan gorengnyapun bumbunya juga gampang, gak pake yang ribet-ribet. Untuk rasa sayurnya, Lelaki surgaku bilang "sayurnya enak dek". Sayur sepiring penuh (kebanyakan nyemplungin sayurnya, kupikir bakal gak habis), ternyata dilahap habis ma Lelaki surgaku. bayangin ajjah porsinya 2 kali lipat dari pic di bawah ini. Aku aja baru nyendok sayurnya 3 sdm, malahan nasiku masih ada beberapa suap terakhir, eeeee... sayurnya sudah ludes. Terpaksa deh makan nasi ma lauk doank. Tapi aku seneng banget, padahal cuma makan begene-begenean Lelaki surgaku semangat makannya. Alhamdulillah. 

Yang lagi males kayak aku nih, bisa di coba resepnya. Selamat mencoba...



 TUMIS BUNCIS WORTEL IRIT

BAHAN:
 - 200 gram wortel ukuran sedang, potong segitiga kecil
 - 100 gram buncis, potong serong
 - 250 gram ayam fillet, atau ikan fillet, potong dadu (aku gak pake)
 - 3 jamur kuping kering, rendam air hangat, potong2 (aku gak pake)
 - 2 sdm gula pasir
 - 2,5 sdm kecap asin
 - 200 ml air
 - minyak goreng untuk menumis

CARA MEMBUAT:
Panaskan minyak goreng, tumis daging ayam mpe ayam berubah warna. Masukkan wortel, jamur, dan buncis, aduk-aduk mpe semua bahan tercampur minyak. Kemudian masukkan airnya. Tutup wajan  mpe sayur setengah matang. Dengan menggunakan api kecil ke sedang. Selanjutnya masukkan bahan yang lain. Aduk rata. Tutuplagi wajannya. Biarkan sayur mpe matang. (kalo aku setelah wajan di tutup sebentar. Ambil bahan setengahnya plus kuahnya separo juga, taroh ke wadah, dinginkan sebentar. Tutup wadahnya. Simpan di kulkas untuk persediaan. bisa bertahan paling lama 3 hari. Sisanya di masak mpe sayur matang dan empuk). Kalo sayur sudah matang. Matikan api kompor, sajikan hangat bersama nasi putih.
 
Bagi yang kayak aku juga (gak da stok per"fillet"an), sebagai bonus. bisa pake ikan goreng bumbu irit. Berikut resepnya.
 
IKAN GORENG BUMBU IRIT

BAHAN:
 - 2 ekor Ikan berbagai jenis, bisa nila, kakap, dsb
 - 1 sdt garam
 - 1/2 sdt kaldu bubuk
 - 1/2 sdt merica
 - 1/2 sdt gula pasir

CARA MEMBUAT: Lumuri ikan dengan semua bahan mpe rata. Diamkan selama 1 jam, simpan di kulkas. Kemudian goreng ikan dengan minyak goreng banyak. Selesai. :D


Tidak ada komentar:

Posting Komentar