Senin, 20 Januari 2014

OMELET ALA JEPANG (JAPANESSE OMELETTE WITH RICE)

*Maaph yak belom bisa kasih pic'nya. gak sempet foto-foto. hehehe"

Bikin omelet ini sudah beberapa hari yang lalu. Sudah lamaan sih. Kemaren masih malez sharingnya. Soalnya gak ada gambarnya. Gak tau juga deh pembaca bakal tertarik atau gak untuk bikin omelet versi japan ini. Aku pribadi ajja kalo sercing resep di gugel nemu blog resep masakan tapi gak ada fotonya jadi malez. Soalnya dari gambar bisa bikin menggugah selera untuk memasaknya. Jadi tau gambaran realnya dari hasil akhir masakan tersebut.  Ada juga yang picnya jelek, gak menarik, tapi gak pa pa. Itu menunjukkan kalo sudah lolos uji coba dari sang penulis. Kadang ada juga yang ambil gambar di blog yang lain. Itu malah tambah gak meyakinkan. Pernah nemu blog, waktu itu aku sercing resep sate kambing bumbu kecap. Di blog itu nulis resep sate kambing bumbu kecap, eeeeeee... lha kug picnya jadi sate bumbu kacang. Gak nyambung banget kan. Saranku kalo sercing resep di gugel harus selektif banget, harus pintar2 memilih. Supaya hasil jadinya memuaskan dan tidak mengecewakan. (pengalaman pribadi).

Resep ini termasuk resep gampang , simpel dan butuh waktu memasaknya sebentar. Cara memasaknya kayak omelet pada umumnya. Yang bikin berbeda adalah omelet versi Japan menggunakan saos asam manis. Dan cara penyajiannya juga berbeda dari kebiasaan kita. Biasanya kalo kita bikin omelet pasti nasi dan omeletnya di tempat yang beda. Kalo versi japan omeletnya ditaroh di atas nasi, trz di siram pake saos asam manisnya. Jadi ada kuahnya meskipun gak terlalu banyak.

bicara tentang omelet, aku punya teman di sini, sebut saja namanya keteblung (nama samaran). Dia minta saran pengen usaha makanan. Tapi bingung apaan, yang pasti gampang dan murah. teruz dia punya ide martabak telor asin mini. Itu loooooohhhh, telor dadar yang di campur bumbu ma daun bawang. yang pake telor puyuh trz dimasak pake penggorengan yang bulet2 kecil2, biasanya di jual di depan sekolah TK ato SD. Aku mikir2, daripada bikin kayak gto (yang menurutku kurang sip), so aku saranin bikin omelet aja. Akhirnya bertukar ide, dan jadilah dia bikin burger omelet. Berhubung di sini kulinernya bisa dibilang sangat kurang, so usaha dengan judul burger omelet udah laris maniiss,,, alhamdulillah. Semoga bertahan selamanya. aamiin.

Kembali ke omelet. Omeletku ini sudah lolos tes uji. Sumpeh dah, gua kagak boong. Lelaki surgaku aja bilang enaaakkk. Mpe bikin omeletnya lagi dan digado. Digado adalah di makan tanpa nasi (pake bahasa jawa). Cuma sayangnya aku bikin saos asam manisnya kurang banyak. So langsung abis dah. Lha wong resepnya untuk 3 porsi ajjah. Hehehehehe. Langsung ke resep aja yak kalo begeto. Selamat Mencoba. Ouw iya sumbernya dari createathappy.blogspot.com.

OMELETTE ALA JAPAN

BAHAN:
 - 4 butir telur, kocok
 - 1 kaleng jamur kancing ukuran kecil
 -110 gram daging kepiting (dijual di supermarket, yang area nugget, bakso, dll) , bisa diganti dengan yang lain, cincang kasar
- 1 batang daun bawang, rajang halus
 - 1 sdt garam
 - 1/2 sdt kaldu bubuk
 - 1 sdt gula pasir
 - 1/2 sdt merica bubuk
 - 4 porsi nasi

BAHAN SAOS:
 - 300 ml air
 - 3 sdm kecap asin
 - 2 sdm kecap manis
 - 3 sdm cuka
 - 1/2 sdt merica bubuk

CARA MEMBUAT:
Siapkan mangkuk, campur semua bahan telur, kocok mpe rata. Kocoknya pelan-pelan ajja. Yang penting tercampur rata. Panaskan 2sdm minyak pada teflon. tuang adonan telur. Masak mpe kedua sisi matang. tiriskan.
Siapkan panci kecil, campur semua bahan saos kecuali larutan maizena. masak mpe mendidih. kemudian tuang larutan maizena, aduk mpe kental. Matikan api. Angkat.

 #cara penyajian: siapkan mangkuk, masukkan nasi putih, kemudian tutup dengan telor (hanya menutupi bagian nasinya ajja, gak mpe nutupin mpe mangkuknya. hehehe). Kemudian siram dengan sausnya agak banyak. Siap dihidangkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar