Selasa, 07 Januari 2014

SAPO TAHU


Sekian lama berkutat kutit dengan resep sapo tahu, akhirnya sapo tahu ini yang paling menyenangkan hati. Sekian lama mencoba dan mencoba, sapo tahu ini yang menurutku sudah sesuai dengan yang aku mau. Pertama makan sapo tahu lupa di mana. Sering juga kalo maen ke mall pesennya sapo tahu. Mungkin karena sudah terbiasa dengan sapo tahu ala mall, pas praktek di rumah rasanya beda jaoh. Tapi resep yang satu ini bisa di bilang OKE laaah, meskipun gak mirip-mirip banget ma sapo tahu ala mall. Sayangnya di sini gak ada yang jual tahu sutra. So seadanya ajjah. Yang penting bisa mengobati rasa "kepengen".
Bikin sapo tahu ini dah lamaaa banggeth. Berhubung males melanda, so baru sekarang dah lumayan rajin update resep. hehehehe. Keinget sapo tahu, keinget jaman kencan ma mantan pacar alias lelaki surga. Waktu itu pesan sapo tahu di s**am**a*h (kalo gak salah). Berhubung porsi d situ gede, dan si mantan makannya sedikit, seperti biasa selalu aku yang menghabiskan ludes. hahahaha... emang gak punya malu blass, dah tau kencan, tetep aje rakusss. Dan kebiasaan itu kadang masih berlanjut mpe sekarang. Tapi Sekarang yang lebih sering meludeskan malah lelaki surga.
Berikut resep sapo tahu andalanku. Selamat mencoba.

SAPO TAHU andalan

BAHAN:
 - 300 gram udang, kupas kulit dan kepalanya, bersihkan (bisa diganti dengan daging ayam, cumi, dsb)
 - 1 buah tahu sutra, potong 1cm, goreng (aku pake tahu putih biasa)
 - 1 buah bawang bombay ukuran kecil, potong kotak
 - 6 siung bawang putih, rajang halus
 - 2 buah cabe merah, iris serong
 - cabe rawit sesuai selera, iris halus (kalo aku,di geprek)
 - 750 ml kaldu udang (rebusan dari kulit dan kepala udang), bisa diganti dengan kaldu ayam
 - 1,5 sdt garam
 - 1 sdt kaldu bubuk
 - 2 sdt gula pasir
 - 1 batang daun bawang, iris halus
 - sawi putih (lupa nimbangnya)
 - jamur kancing 1 kaleng kecil, belah jadi 2 bagian
BAHAN LAIN, CAMPUR JADI SATU:
 - 3 sdm saos tiram
 - 5 siung bawang putih, iris halus
 - 2 cm jahe, cincang halus
 - 2 sdm kecap inggris
 - 2 sdm kecap manis
 - 1/2 sdt merica bubuk

CARA MEMBUAY:
Tumis bawang putih, cabai, dan bawang bombay mpe harum, dan bawang bombay jadi transparan. Masukkan air kaldu, dan sisa bahan yang lai kcuali udang dan sawi putih dan jamur. Masak mpe matang. Kemudian masukkan udang, dan sayur. Masak mpe matang #catatan, jangan memasak udang terlalu lama, karena kalo kelamaan bikin tekstur udang keras.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar