Jumat, 17 Januari 2014

KARI HIJAU AYAM DAN SAYUR


Namanya aja kari hijau, kug penampakannya gak hijau (pembodohan. hehehe). Jangan mentang-mentang judulnya kari hijau so wujudnya kudu hijau (pembelaan diri). Beberapa hari yang lalu, nonton master cheff US. Kebetulan tantangannya bikin green curry. Dari hasil masakan para kontestan, warnanya bener2 hijau (kenapa bikinanku nggak??). Pada saat penilaian, sang juri menyendokkan kari hijaunya, terlihat kuah green karinya kental banget. Dan otomatis aku bayangin rasanya pasti eneg (aku gak begeto seneng ma santan kental). Seperti biasa, karena selalu penasaran dengan masakan baru. So ikut-ikutlah bikin kari hijaunya.Yang pasti dengan bahan seadanya.:D 
 
Dari penjelasan juri di master cheff US. Bahannya sama dengan kari biasa, cuma yang bikin beda kari hijau ini menggunakan cabai hijau. So terciptalah kari hijau versiku. Tapi sempet kurang yakin, akhirnya sercing2 resep, nemu deh di thaifood.about.com. Ternyata bahannya sederhana, tentunya dari resep aslinya tersebut aku bikin simpel. Maklumlah hidup di hutan kudu seadanya. Asek asek jos.
 
Sebelumnya aku pernah nyodorin resep kari ati ayam dan sayur. Untuk perbedaannya bisa dilihat dan di coba sendiri. Tentunya dua-duanya enak. Untuk bahan sayurnya aku pake wortel, kembang kol dan terong. Ada sawi hijau sisa stok kemaren, daripada nonggrok menuh2in kulkas, aku masukin sekalian. hehehehe. Bagi yang penasaran kayak aku terhadap green cury ini, Berikut resepnya. Selamat mencoba...

KARI HIJAU SEDERHANA

BAHAN:
 - 500 gram ayam bagian dada, potong sesuai selera
- 5 buah cabai hijau, haluskan
 - 8 siung bawang merah, haluskan
 - 4 siung bawang putih, haluskan
 - 1/2 sdt jinten, haluskan 
 - 6 lembar daun jeruk (aku 3 lembar dihaluskan, sisanya di sobek2)
-1 sdt udang rebon kering, rendam air hangat sebentar, haluskan
 - 2 ruas ibu jari lengkuas geprek atau jahe parut peras airnya (aku pakai jahe)
 - 1 batang serai geprek
 - 1 sdt ketumbar bubuk
 - 1/2 sdt lada bubuk
 - 3 sdm minyak ikan
 - 1 sdt gula pasir
 - 1 sdm air jeruk nipis
 - 800 ml santan encer (aku pake santan instan yang kecil plus air)
 -50 gram kembang kol
 - 2 buah wortel ukuran sedang
 - 1 buah terong ungu ukuran besar
 - daun ketumbar untuk taburan (aku gak pakai)

CARA MEMBUAT:
Tumis bumbu yang dihaluskan, serai, dan daun jeruk (kalo pakai lengkuas dimasukin juga), Tumis mpe harum. Masukkan ketumbar bubuk, dan ayam. Aduk mpe rata. Masukkan sisa bahan yang lain kecuali sayur. Aduk mpe santan mendidih. Kemudian masukkan bahan sayur. Masak mpe keseluruhannya matang. Matikan api kompor. Sajikan hangat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar