Selasa, 07 Januari 2014

BEEF TERIYAKI and SALAD MAYO


Seperti biasa, karena di sini gak bisa neko-neko, jadi kudu berkreasi sendiri dengan resep. Kangen dengan hokben, so jadilah beef teriyaki dan salad mayo. Meskipun rasa memang beda. Tapi gak ada hokben, homemade pun jadi.hehehehehe.
Setelah berkeliling dengan si gugel, membaca resep sono sini dan rata-rata bahannyapun sama. Akhirnya besok berencana ke pasar dan beli dagingnya. Dan sepulangnya dari pasar, memulai untuk masak, eeeeeee.... sedikit ragu dengan kualitas ingatanku. niatnya mau ngecek lagi resep di gugel, lha kug ternyata paketan internet entong alias abis. yasudah deh, mengandalkan ingatanku yang "entah iyo entah idak" 
Setelah beef teriyakinya jadi, dari penampilan sih lumayan, gak tau kalo dari rasa. Dan ternyata setelah dirasakan hmmmmm tidak mengkhawatirkan. Not bad laaahhh.... #tersenyum legaaa :)


Maap yak gambarnya ngeblur, maklumlah belum dibeliin lelaki surga HP baru. Tapi gak dibeliin jg gak papa. Jarang pake HP kug. Lebih sering pake tablet buat update resep :D. Kembali ke menu. Resepku ini tidak mengecewakan kug. Mantaaapphhh dah #menghibur diri sendiri#. Tapi beneran kug, gak percaya, ya monggo dicoba. Ahihihihi.

Untuk salad mayonya gampang bikinnya. gak pake masak memasak. Tinggal di ublek-ublek jadi deh. hehehehe. Saosnyapun juga suimpel beud. Tinggal compar campur, mantaplaaahh.


Naaahhh, itu tuh hasil jepretan amatirku. Bdw menu ini favoritnya lelaki surga loohhh. Apalagi salad mayonya. Dia lebih suka salad mayo ini ketimbang sambel trasi dsb. Kalo dibikinin sambel pasti gak abis. Kalo saos mayo, sebanyak apapun langsung ludes. Kalo aku bilang "sayurnya lalapan yak mas". Dia langsung "lalapan mayo". Pernah masih ada persediaan saos mayo di kulkas. Maklum kemaren rencana mau bikin salad mayo, tp gak jadi. tiwas saosnya udah dibikin. So nonggrok deh di kulkas. Eeeeeeee... tiba2 menghilang. ternyata udah dilahap habis oleh lelaki surga. Dicocol bareng ma gorengan.

Langsung ke resep yuuuuk. Monggo di cobaa... ;)

BEEF TERIYAKI


BAHAN:
 - 500 gram daging sapi has dalam, potong tipis memanjang
 - 1 buah bawang bombay ukuran sedang, iris memanjang
 - 1/2 sdt gula pasir
 - 1/4 sdt garam
 - air secukupnya, mungkin sekitar 100 ml

BAHAN PERENDAM DAGING:
 - 2cm jahe, cincang halus
 - 3 siung bawang putih, cincang halus
 - 4 sdm saus teriyaki
 - 2-3 sdm kecap manis, lupa ngitungnya
 - 1/2 sdt kaldu bubuk
 - 1/4 sdt lada halus

BAHAN SALAD:
 - kubis secukupnya, iris tipis (lupa nakarnya)
 - 2 buah wortel ukuran sedang, parut kasar (parutan yang untuk rujak parut)
 - 1 sdt air jeruk nipis
 - 1/2 sdt gula pasir
 - 1/4 sdt garam

BAHAN SAOS MAYO:
 - 100 ml mayonise
 - saos tomat dan saos sambal sesuai selera

CARA MEMBUAT:
 BEEF TERIYAKI: Campur daging dengan bumbu perendam. Diamkan selama minimal 1 jam. Simpan di kulkas yar lebih meresap. Kemudian tumis bawang bombay mpe transparan, masukkan air dan daging dan bumbu perendamnya, masak mpe daging matang. Masukkan gula pasir dan garam. Jangan lupa incip-incip. Kalo rasa sudah pas. Matikan api kompor. Sajikan dengan ditaburi wijen sangrai bersama salad mayo.

SALAD: Siapkan wadah agak besar, masukkan sayur secara terpisah, masukkan air jeruk nipis, gula pasir, dan garam. Aduk sayur mpe sayur lemas. Kemudian cuci bersih dengan menggunakan air matang (air biasa). Tata di piring saji.

SAOS MAYO: Campur semua bahan, jangan lupa incip icip. Kalo sudah sesuai selera, sajikan bersama salad sayurnya. aduk rata.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar