Rabu, 08 Januari 2014

KOHU KOHU KHAS MALUKU


Hayoooooo... ini bukan urap atopun trancam lho yaaa. Ini adalah Kohu Kohu makanan khasnya Maluku. Cara membuatnya sih hampir sama ma urap. Yaaaaaa sebelas duabelas deh.
 
Pertama kali kenal ini dari Chef Agus (kalo gak salah, lupa namanya). Yang sering nongol di MNC Food n Travel dalam acara Rahasia Dapur. Chef Agus ini memang selalu menghadirkan masakan nusantara, salah satunya Kohu Kohu Maluku ini. 
 
Berhubung aku adalah manager rumah tangga yang selalu uplak uplik dapur, so terciptalah kohu kohu ini dengan ingatan otakq. Lagi pula bahannya gampang di ingat kug. Tinggal uplak uplik gak pake contekan. hehehehehe.
 
Untuk bahan sayurnya sih sebenernya mentah (kecuali sayur yang mengharuskan unuk di rebus atau direndam dahulu, misalnya seperti sawi), tapi berhubung aku lagi promil, dan menjauhi yang mentah2 dan setengah mateng, so sayurnya aku rendam d air mendidih terlebih dahulu. Tapi sebentar aja, jangan sampe sayurnya kematangan alias berubah warna. Dan untuk kelapa parutnya sebenernya juga mentah, tetep aku kukus dulu. 
 
Ini salah satu resep yang minimalis, dan gampang. Bagi yang lagi males malesan bisa di coba kug. Paling yang bikin lama potong kacang panjangnya. hehehehe. Berikut resepnya.

KOHU KOHU KHAS MALUKU

BAHAN:
 - 200 gram sayur sawi hijau, rendam air panas, potong tipis2 (aku gak pake)
 - 1 ikat daun kemangi, rajang tipis2 (aku gak pake)
 - 100 gram kacang panjang, potong kecil2 (aku rendam d air panas)
 - 200 gram toge pendek (aku rendam di air panas)
 - 500 gram ikan tongkol kukus, suwir2 dagingnya
 - kelapa parut sedang tuanya dari 1 butir kelapa

BUMBU HALUS:
 - 5 buah cabai merah
 - 10 buah cabai rawit (sesuai selera)
 - 4 siung bawang putih
 - 2 siung bawang merah
 - perasan air jeruk nipis 4 buah
 - 1 bugkus terasi a*c
 - 1 sdt garam
 - 1/2 sdt kaldu bubuk
 - 1/2 sdt gula pasir

CARA MEMBUAT:
Dalam wadah, campur bumbu halus dan kelapa parut. Aduk rata. Jangan lupa incip-incip. Kalo rasa kira-kira sudah pas. Langsung sajikan bersama bahan sayur dan ikan tongkol suwirnya. Aduk rata. (kalo aku campuran kelapa parutnya dikukus dahulu, kemudian sajikan dengan sayur dan ikan tokol suwir). Rasanya kubikin agak asin, karena supaya rasanya pas saat dimakan bersama sayur dan nasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar