Senin, 20 Januari 2014

SUP AYAM ALA THAI (TOM YAM GHA)



"Hujan lagi hujan lagi... Banjir lagi banjir lagi...."

Lagu jaman aku masih kecil yang menggambarkan Kota Jakarta yang setiap tahunnya pasti kebanjiran. Ibarat kata "hujan dikit langsung banjir". Kalo lagi musim hujan ya otomatis musim banjir. gak di Jakarta ajjah. Solopun pernah banjir, sampe-sampe harus nyari jalan bebas banjir kalo mau berangkat ke kampus dan kalo mau balik ke rumah. Dan misalkan dapet, pastinya macet cet cet cet. Yang kota kecil seperti Solo aja keadaannya seperti itu. Apalagi Jakarta yang bener-bener di kepung banjir. Hadeeeehhhh.... Gak bisa kebayang deh.
 
Naaaahhh... bagi yang bebas banjir, mari kita nikmati hujan dengan masakan mantaaph (aseeeekkk). Di tempatku sini (Bangko, prop Jambi) masih sama musim hujan. Tapi kapasitas hujannya dikit gak seperti waktu aku tinggal di Solo. Kalo hujan di Solo bisa seharian non stop. Kalo di sini paling cuma mendung ajjah, atau hujan ringan. Lebih sering hujannya pas malem. mulai hujannya jam 5 sore (menjelang maghrib). Tapi beberapa hari yang lalu, (pemecah rekor) Bangko diguyur hujan seharian selama 2 hari ajjah. Selama 1 tahun lebih 3 bulan aku tinggal di Bangko, baru 2 hari itu merasakan hujan full nonstop. Setelah itu cuma mendung ajjah, misal hujan paling bentar doank. Biasanya setiap hari AC selalu hidup (maklum disini panasnya mnta ampun, sa bikin kulit kusam dan gelap padahal di rumah ajah). Di musim hujan ini AC gak pernah nyala. Soalnya dingin banget. Airnya pun dingin, mau mandi jadi malez (dah dari dulu malez mandi. hahahaha). Tapi gak tau kenapa aku lebih suka bangko yang sekarang. Bisa jadi karena lebih irit listrik dan air (jarang mandi) hahahaha.
 
 Dingin dingin gene slalu nyari yang anget-anget. Bikin sup ala thailand ini cocok banggeth. Aku penggemar masakan thailand. gara-gara tom yam goong jadi merajah ke makanan thai yang laen. tapi teteeepp bangga dengan makanan Indonesia. Tetep mantaph masakan Indo. Sekian banyak aku berwisata kuliner, makanan yang menurutku bercitarasa komplit ya makanan Indonesia. Jangan remehin makanan Indo yak, rendang ajjah pernah menjadi makanan terenak dan terlezat no.1 di dunia. Nah loh... itu baru rendang, belom yang laen. 
 
Terkadang rasa bosan itu ada. Misalkan dingin-dingin gene, pasti masaknya yang berkuah, misalnya seperti sayur bening bayam, sayur asem, sup, lodeh. Pasti ada bosennya kalo setiap hari bikinnya kayak itu-itu ajjah. Pasti hunting masakan sayur berkuah yang laen. tom yum Ga ini bisa jadi referensi baru. Cuma yang bikin masalah, masakan thai itu mempunyai khas pake daun ketumbar. Sedangkan di sini mana ada yang jual. Yang ada mah daun seledri. Jangan coba-coba menggantikan daun ketumbar dengan daun seledri. Aromanya jelas-jelas berbeda. Lebih baik daun ketumbarnya di skip ajja. Gak pake daun ketumbar gak papa kug. Kalo ada akar ketumbar bisa di pakai juga. Aromanya lebih strong. tapi daun ketumbarnya aja gak ada apa lagi akar ketumbar. Hmmmmmm. Biasanya sih dijual di supermarket. Langsung ke resep aja yak. Selamat mencoba...

SUP AYAM ALA THAI (TOMYAM GHA)

BAHAN:
 - 250 gram daging ayam, aku pake bagian dada potong kecil-kecil kayak bikin sop ayam indo + air jeruk nipis 1 buah, cuci bersih kemudian taburi 1/2 sdt merica bubuk dan 1 sdt garam. Remas ayamnya, kemudian goreng, tiriskan.
 - 1 ikat sawi hijau (bisa pake sayur yang laen)
 - 2 batang serai, geprek
 - 2 ruas lengkuas, geprek
 - cabe rawit sesuka hati
 - 2 lembar daun jeruk
 - 1 batang daun bawang, rajang halus
 - 2 buah tomat ukuran sedang, potong tipis
 - 1 sdt garam
 - 1/2 sdt kaldu bubuk
 - 2 buah jeruk nipis, peras airnya
 - 1 ikat daun ketumbar, rajang kasar
 - 1 liter air
 - 3 sdm kecap ikan

BAHAN HALUSKAN:
 - 4 siung bawang merah
 - 4 siung bawang putih
 - 3 lembar daun jeruk



CARA MEMBUAT:
tumis bumbu halus, serai, lengkuas, dan daun jeruk mpe harum. Kemudian masukkan ayam goreng, aduk rata. tambahkan sisa bahan yang lain kecuali daun ketumbar. Masak mpe keseluruhan matang. Masukkan daun ketumbar. Aduk rata. Jangan lupa incip-incip. jika rasa sudah pas, matikan api kompor. Sajikan.



2 komentar:

  1. haha., q wes tau tuku mbi knco q maeman thailand iki., rasane g enak :D..

    BalasHapus
  2. ilatmu ilat ndeso ug... hahahahahaha....
    tuku neng ndi pin...?
    mang solo enek po...??
    paling goro2 daun ketumbare yakno sing bikin kowe ra doyan....

    BalasHapus