Sabtu, 25 April 2015

SUP UDANG GALAH ASAM PEDAS


Hai semuaaa....

 Assalamualaikum Wr Wb

Sering gak sih teman-teman ngerasa bingung di pasar. Bingung mau apalagi yang mau dibeli?. Aku sering loh. Apalagi aku jatah ke pasarnya seminggu sekali. Jadi harus stok ikan untuk seminggu. Kalo sayurnya mah bisa beli di tukang sayur yang lewat depen rumah. Di los ikan aku sering mikir, beli ikan apa lagi yak?, terus ikannya mau dibikin apa? dibersihin doank atau di fillet?. Ikan di pasar cuma itu-itu doank. Sering banget ngrasa bosan. Apalagi kalop makan di luar ketemunya itu lagi itu lagi. Misal ada variasinya nunggu kalo lagi musim, misal musim tengiri, ikan pari, udang galah, dll. Kalo gak ada musimnya ya selamat bersenang-senang (nyambung kah?).


Gak sengaja liat udang galah yang masih hidup, waaaaa... jarang-jarang nih dapet udang yang masih hidup geto, meskipun aku ada rasa geli-geli mrinding. Dan eng ing eeeng, mau tau kagak harga udang galah di Bangko. 200 rebong sekilo boook, aku gak tau yak kalo di wilayah laen. Kalo kata Lelaki surga "udang gene mah di Kuala Tungkal sekilo cuma 20-30 rebong". Whaaaaattt.... murahnyaaa, yaiyalah murah, wong area laut kok,. Kalo di Solo udang begenean pirang duit yak?. Mengingat udang galah dan lobster adalah salah satu favoritnya Lelaki surga, oke deh "loe jual gue beli" (belaga orang kaya). Belinya cuma setengah kilo doank, dapet dua ekor. Setelah beli sibuk mikir ney udang mau dibikin apa yak?. Sebelumnya aku pernya bikin dengan menu udang galah juga (lihat di sini). Dan ternyata aku baru menyadari bahwa aku membuat menu yang sama, omigoooott. Seingatku dulu aku bikin udang galah saus asam manis deh, kug jadi sup asam pedas? (pura-pura bloon). Yasudah deh, udah terlanjur cetak cetik celoteh banyak lebar, daripada menyia-nyiakan waktu mending lanjut bheeeee. CEKIDOOOOOTTTT....


SUP UDANG GALAH ASAM PEDAS

BAHAN:
 - 2 ekor udang galah berat 500 gram
 - 5 butir bakso sapi, belah jadi dua
 - 1 buah wortel, potong sesuai selera
 - 1 bonggol jagung manis, serut
 - 3 butir asam kandis
 - 3 sdm air asam jawa
 - 10 buah cabe rawit, geprek (bisa utuh ato di iris tipis2)
 - garam,gula pasir, dan kaldu bubuk sesuai selera
 - 1 liter air
 - 1 lembar daun kunyit, iris halus
 - 2 ruas lengkuas, geprek

BAHAN HALUSKAN:
 - 5 buah cabe merah
 - 6 butir bawang merah
 - 3 siung bawang putih
 - 1 ruas kunyit
 - 1 ruas jahe
 - 1 bungkus terasi a*c

CARA MEMBUAT:
Tumis bumbu halus, lengkuas, serai, dan daun kunyit mpe wangi dan matang. Masukkan sisa bahan yang lain, kecuali udang galah. Jangan lupa incip2. Masak mpe mendidih. Masukkan udang galah, masak mpe udang matang. Matikan api kompor. Sajikan hangat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar