Minggu, 24 Januari 2016

BAKWAN JAGUNG


Hai semuaa...

Assalamualaikum Wr Wb

"Masak i gak usah ditakar-takar. Wis nggo insting wae, dikiro-kiro wae". Artinya, kalo masak itu gak usah pake takaran. Pake insting aja, dikira-kira aja.

Pasti teman-teman pernah kan denger kalimat seperti itu. Jawaban ampuh bagi orang-orang yang diberi pertanyaan dalam menakar masakan. Selama 3 tahun menikah, aku masih jaoh dari mahir masak. Masukin garam aja masih bingung. Nyontek reseppun harus yang takarannya jelas, garam berapa sendok, lada berapa sendok, gula pasir juga berapa sendok. Kalo gak ada "sendok-sendok"nya tuh.. Yo mbuh lah masakanku yen gak kasinen ato kelegen.

Entah aku dapet wangsit darimana. Kug tiba2 aku nekat bikin bakwan jagung. Dari ini dari itu, gak pernah berhasil bikin bakwan. Musuh dapurku adalah bakwan. Bikin bakwan pasti hasilnya bukan bakwan. Padahal itu udah nyari contekan yang takarannya komplit.

Pagi tadi, mencoba bikin bakwan jagung dengan perasaan yakin dan pasti bisa. Bumbunyapun pake insting. Sumpeh... Insting beneran lhoh. Berhasil teman-teman. Inilah bakwan terenak yang pernah aku bikin selama 3 tahun ini. Bangganya gueh. Hihihi.

Karena pake insting, resepnya ikut insting aja yak... Gak usah pake takaran. Selamat mencoba teman-teman..


BAKWAN JAGUNG

BAHAN:
 - wortel, potong korek api
 - jagung manis dipipil
 - jamur champignon, potong dadu
 - daun bawang
 - tepung terigu serbaguna
 - 1 sdm tepung maizena
 - garam, lada, ketumbar, kaldu bubuk instan kalo suka
 - air secukupnya

HALUSKAN:
 - bawang merah
 - bawang putih

CARA MEMBUAT:
Campur semua bahan. Aduk rata. Hati-hati dalam memberi air, sedikit demi sedikit. Adonan gak kental dan gak encer. Untuk menguji rasa, goreng sedikit dulu sampe matang. Baru bisa di incipin. Kalo rasa sudah pas, bisa dilanjutkan menggoreng adonan mpe habis dan matang. Sajikan selagi masih panas. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar